Pantai Balangan – Pantai Bali nan Menawan, Koleksi Wisata Desa Ungasan

Pantai Balangan. Indonesia yang kepulauan kaya pantai menawan. Terlebih di destinasi wisata terbaiknya, Bali. Surga pantai yang namanya tersohor dan mendunia. Kuta adalah sudut Bali yang paling mencolok dalam hal ini. Tidak hanya Pantai Kuta, namun juga pantai-pantai di Kuta Selatan, semuanya menawan.

Selain Pantai di Nusa Dua yang mengagumkan, Kuta Selatan juga termasuk Ungasan yang mengoleksi sejumlah pantai indah memanjakan. Pantai Balangan salah satunya. Pantai molek yang tak mampu lagi menyembunyikan pesonanya. Turis-turis mancanegara mengetahuinya. Mereka takjub dan senang berlama-lama.

Jika tujuan liburan sobat kali ini adalah Bali, jangan lupa melebar hingga tiba di pantai ini. Sekira 14 kilometer di selatan Kawasan Wisata Jimbaran. Lokasi persisnya berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Lanjutkan membaca agar tahu ragam aktivitas, fasilitas dan HTM-nya.

Wisata Pantai Balangan Ungasan
sumber: balibeachweb.com

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Bisa jadi memang tidak ada pantai tersembunyi di Bali. Popularitas pariwisata Bali telah juga mengabarkan keindahan Balangan yang dulunya bersembunyi. Desa tempatnya berada, Ungasan, benar-benar dianugerahi keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu citra kemolekan pesisirnya ada di pantai ini.

Hamparan pasir putihnya indah terbentang sejauh kurang lebih 1 km. Tidak ada yang membatasinya, melainkan dua tebing karang kokoh yang senantiasa mengapitnya. Tebing nan elegan berselimut kehijauan juga memanjang mengikuti alur pasir putih bersihnya. Komposisi alamnya sempurna memanjakan mata.

Jika definisi “sembunyi” didasarkan pada kunjungan. Dibanding Pantai di Bali lainnya, Pantai Balangan memang lebih sepi. Sejenak, anggaplah pantai ini milik pribadi. “Private Beach” istilah bulenya. Gradasi biru laut membentang luas sejauh mata memandang. Garis-garis putih ombak menandakan stabil gelombang airnya.

Pantai Balangan menghadirkan ombak yang tinggi, panjang dan besar. Sehingga, termasuk salah satu pantai terbaik untuk selancar atau surfing di Bali. Jika, sobat adalah penggemar aktivitas tersebut, ini adalah pantai Anda. Tidak sedikit peselancar kelas dunia yang mencoba bermain-main menaklukkan ombaknya.

Para surfer dunia, khususnya dari Australia, sangat betah di pantai ini. Oleh karena ombaknya cenderung menggila, Balangan tidak cocok bagi peselancar pemula. Kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan adalah bersantai dengan berjemur menikmati pantai. Ada penyewaan kursi pantai sebagai penunjangnya.

Menjelajah pantai juga ide sempurna. Menyusuri sepanjang pasirnya, atau naik ke bukit, menikmati lanskap alam dari ketinggian. Dari kejauhan, terlihat perahu-perahu nelayan menepi di Kedonganan. Sekilas Bandara Ngurah Rai juga terlihat, termasuk juga menikmati lanskap pantai tetangga, Dreamland Beach.

Jika ingin lebih dekat dengan air, berenang juga bisa. Namun tetap berhati-hatilah, terutama jika ini merupakan wisata keluarga yang mana melibatkan anak-anak di dalamnya. Bermain air dan berenang harus tetap dalam pengawasan. Pantai ini juga ideal bagi penggemar fotografi, termasuk jika Anda suka selfie.

Selebihnya, karena lokasi Pantai Balangan yang menghadap ke barat, matahari terbenam sangat indah di sini. Ini adalah salah satu pantai dengan sunset terbaik di Bali. Jadi, apapun aktivitasnya, pastikan untuk bertahan hingga menjelang senja. Nikmatilah pemandangannya untuk memaksimalkan wisata Anda.

Balangan Beach Bali
sumber: water-sport-bali.com

Fasilitas di Pantai Balangan

Meski tidak sepopuler Nusa Dua, Pantai Kuta, dan Jimbaran, Pantai Balangan Bali juga telah dilengkapi fasilitas yang memadai. Akses jalannya beraspal mulus, namun cukup sempit. Di sepanjang jalan menuju lokasi, sudah banyak penginapan, villa, hotel, dll. Mudah mendapatkan akomodasi untuk menginap.

Di lokasi pantai telah tersedia warung makanan dan minuman. Di sini ada sebuah kafe yang dikelola masyarakat setempat. Jika datang di hari yang terik, sobat perlu mencoba segarnya es kelapa muda. Fasilitas lain meliputi toilet, lahan parkir yang cukup luas, serta penyewaan kursi pantai dan payung.


Harga Tiket Masuk dan Parkir
KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp. 5.000
Parkir Roda 4Rp. 15.000
Penginapan Terdekat Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Balangan Bali
sumber: kintamani.id

Lokasi & Rute Pantai Balangan

Lokasi Pantai Balangan mudah ditemukan, dekat Pantai Dreamland yang sering dijuluki New Kuta Beach Bali. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai sekitar 17 kilometer atau 45 menit perjalanan berkendara. Dari Pantai Jimbaran, sekitar 13 kilometer saja melalui Jl. Uluwatu menuju ke arah selatan.

Untuk transportasinya, rekomendasi terbaik adalah menyewa mobil atau sepeda motor di Bali. Banyak opsi rental mobil Bali. Harganya bervariasi, ada yang menggunakan supir atau tanpa supir. Jika tanpa supir, harganya sekitar 200 ribuan. Untuk motor sewanya sekitar 75-100 ribu. Untuk mempermudah, berikut peta lokasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *