Pantai Balekambang, Malang – Pantai Indah Berseri, Mirip Tanah Lot di Bali

Pantai Balekambang. Telah umum diketahui bahwa Balekambang merupakan pantai paling populer dikunjungi di Malang Raya. Pantai di pesisir selatan Malang ini bisa sobat temukan di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Balekambang adalah pantai indah yang sejak tahun 1985 telah menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Malang. Panorama alamnya, gelombang ombaknya yang panjang, serta hamparan pasir putih yang luas telah menciptakan komposisi apik yang layak dikagumi.

Menariknya, selain dikenal sebagai wisata alam andalan, Pantai Balekambang juga menjadi tempat ideal bagi yang gemar wisata religi. Pura Amarta Jati adalah pura kecil di bibir pantai yang menjadi tempat peribadahan umat Hindu, terutama di Hari Raya Nyepi.

Sementara itu, ada juga makam Syaikh Abdul Jalil yang biasanya ramai dikunjungi pada awal bulan Sya’ban. Dikatakan bahwa Syaikh Abdul Jalil adalah orang pertama yang membuka Pantai Balekambang.

Beliau seorang ningrat berilmu agama tinggi dari Yogyakarta. Oleh karena itu pengaruhnya begitu kuat di masyarakat. Pada tahun 1978, pantai ini berkembang setelah dibuka akses jalan oleh Kades Srigonco Tukiran. Semakin populer setelah diresmikan sebagai tempat wisata oleh Bupati Malang tahun 1983.

Pantai Balekambang Malang
sumber : wisatajatim.info

Aktivitas di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang
sumber : @yoiki_malang

Mengingat pantai ini termasuk pantai selatan yang cenderung memiliki ombak yang besar, berenang bukanlah aktivitas yang disarankan. Namun pengunjung tetap bisa bermain air ketika surut, terutama disekitaran Pulau Ismoyo yang menjadi tempat berdirinya pura.

Berkunjung ke Pantai Balekambang di hari-hari libur memungkinkan lebih banyak lagi aktivitas yang biasa dilakukan. Umumnya di hari Sabtu dan Minggu, disini juga tersedia beragam permainan, meliputi Flying Fox dan berbagai macam permainan anak.

Beberapa sumber mengatakan disini juga disediakan penyewaan ATV yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling pantai. Berkemah juga bisa menjadi ide yang bagus untuk memaksimalkan pengalaman wisata.

Bagi yang ingin mendirikan tenda bisa dipinggir pantai. Jika beruntung, ketika persediaan kayu bakar ada, Anda juga bisa membelinya melalui kios-kios yang berjejer di sekitaran pantai.


Fasilitas Wisata di Balekambang

Sebagai salah satu Wisata Alam Populer di Malang, bisa dikatakan Balekambang adalah satu-satunya pantai yang memiliki fasilitas terlengkap dan terbaik. Disini banyak warung-warung penjual makanan, pakaian dan aksesoris yang sebagian juga menyediakan fasilitas Mushola dan Kamar Mandi.

Balekambang Beach Malang
sumber : @yoiki_malang

Seperti yang telah dikatakan diatas, fasilitas di Pantai Balekambang juga termasuk Flying Fox dan aneka permainan untuk anak. Ada yang bilang juga ada penyewaan ATV (saya berkunjung bukan di hari libur dan tidak melihat pengunjung yang memanfaatkan jasa ini. Bisa jadi penyewaan alat tersebut khusus hari Sabtu-Minggu).

Tidak hanya itu, Balekambang juga menyediakan fasilitas penginapan yang memadai dengan pemandangan langsung menghadap pantai dan laut lepas. Sejauh yang penulis ketahui, harga penginapan disini di mulai dari harga 150 – 250 ribu rupiah perharinya.


Harga Tiket Masuk Balekambang

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 15.000
Parkir Roda 2 Rp. 5.000
Parkir Roda 4 Rp. 10.000
Flying Fox Rp. 20.000
Penginapan Terdekat Lihat Daftar

Lokasi & Rute Pantai Balekambang

Akses jalan ke Pantai Balekambang sudah semakin baik, terlebih di tahun 2017 ini. Meskipun tetap harus melewati tanjakan yang menikung tajam di kawasan Jurang Mayit, namun jalan sudah diperlebar dan beraspal mulus.

Adapun rute perjalanan disini penulis berasumsi bahwa pembaca berangkat dari Malang. Jika menggunakan kendaraan bermotor, dari Kota Malang lanjutkan perjalanan ke Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen.

Jika sampai di Gondanglegi, teruskan ke wilayah Bantur. Sedangkan jika memilih jalur Kepanjen, teruskan ke daerah Pagak dan berlanjut ke Bantur. Dari Bantur, kemudian berlanjut ke Pantai Balekambang.

Jika menggunakan angkutan umum, datanglah ke Terminal Arjosari Malang. Memilih angkutan jurusan Gadang dan turun di terminal. Naik lagi angkutan ke arah Bantur. Perlu diketahui, dari Bantur ke Balekambang tidak ada angkutan lagi, jadi Anda bisa naik ojek untuk sampai ke lokasi.


Balekambang di Mata Mereka
Ivo Florist
Ivo Florist
13:15 07 Jul 19

Masih agak bersih. Tolong buang sampah ditempatnya ya teman-teman. Sebungkus plastik kecil aja kalau yang buang orang 10 jadinya sekresek loh. Btw mahal banget masuknya. Didepan bayar htm perkepala sama motor (yg kukira parkir), ternyata didalam masih ada parkir sendiri yang bayar + jaga helm katany

Ardy Pazha
Ardy Pazha
15:51 03 Jul 19

Pantai selatan yang sangat bagus untuk berwisata.ombaknya dan suasananya nyaman banget..saya biasa pergi malam minggu untuk menikmati suasana pantai ini.jaraknua sekitar lima puluh lebih kilo meter dari sawojajar malang.

Pita Gea
Pita Gea
17:27 24 Jun 19

Pertama kali kemari, pantainya bagus tp byk sampahnya 😁, ramai pengunjung, byk pedagang mknn dan pkaian jg. Lokasi lumayan jauh sih dr malang kota. Tidak jauh dr pantai ini msh ada pantai2 lain tp ttp mnrtku bgusan pantai ini. Ditambah ada jembatan yg membuat kita berasa kayak dipulau dewata Bal

Immanuel Candra
Immanuel Candra
13:34 23 Jun 19

Tempat wisata pantai yang menakjubkan. Sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Pantai yang bersih, terdapat pura yang berlokasi di sebuah pulau karang kecil dan ada jembatan penghubungnya. Area pantai yang bersih, parkiran yang luas, ada banyak stan makanan dan minuman di sekitar pantai. Jika s

Anshor Sy Channel
Anshor Sy Channel
15:22 12 Jun 19

saya kesitu jam 04.00,, sudah bayar tiket masuk 15rb dan parkir 5rb. di dalam saya mau parkir masih di suruh bayar, saya bilang sudah di depan, 2 petugas ngebolehin parkir tapi ada 1 petugas yg ngotot banget suruh saya bayar.. disini bukan masalah uang nya, masalah SISTEM PENGELOLAAN nya.. saya p

One Response

  • Sekitar 3 jam perjalanan dari Malang kota dengan medan yang lumayan bikin deg-degan. tapi sampai disana, terbayar dengan pemandangan yg Indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *