Banyu Meneng, Malang – Pantai Indah Menenangkan, Setenang Namanya

Pantai Banyu Meneng. Bagi wisatawan yang pernah datang, Pantai di Malang senantiasa terkenang. Tidak hanya Pantai Balekambang, namun juga pantai-pantai lain yang jumlahnya lebih dari seratusan. Jadi, kembalilah ke Malang. Masih banyak pantai indah yang siap memanjakan para petualang.

Kondang Merak, pantai tetangga bagi Balekambang, di sisi baratnya juga ada beberapa pantai lain yang tak kalah menakjubkan. Banyu Meneng salah satunya, pantai tenang yang ketenangan airnya telah juga diabadikan pada namanya. “banyu” berarti air dan “meneng” berarti diam. Tenang airnya bisa diandalkan untuk meremajakan fikiran Anda.

Jika sebelumnya sobat memang pernah ke pantai di Malang Selatan. Datanglah kembali, Banyu Meneng adalah salah satu pantai rekomendasi kami. Secara administratif, pantai ini berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebagai bekal informasi, pastikan tuntas membaca artikel ini.

Fasilitas di Pantai Banyu Meneng
sumber : @ardikemara

Aktivitas di Pantai Banyu Meneng

Banyu Meneng adalah pantai molek, sehingga aktivitas terbaik adalah mengolah rasa ketakjuban. Menyebar dan jelajahi setiap sudut yang membentuk keindahannya. Berjalanlah pelan di hamparan pasir putihnya. Perhatikanlah, meski sobat datang di hari yang terik, rindang pepohonannya senantiasa meneduhkan wisata Anda.

Sepenuhnya, susuri setiap jengkal pesisirnya. Lihatlah betapa karang-karang yang juga rimbun oleh tetumbuhan itu indah melengkapi komposisi alamnya. Bagi penggemar fotografi, pastikan siap dengan kamera. Termasuk juga bagi pecinta selfie, tidak ada yang bisa menghentikan Anda bergaya. Lakukanlah dengan tetap menjaga etika.

Pantai Banyu Meneng berarti pantai berair tenang. Oleh karena itu, jadikan wisata kali ini menjadi lebih basah. Dekati perairannya, nikmati kejernihan airnya bersama sahabat dan berlombalah menunjukkan siapa yang paling bergembira. Karena perairannya yang dangkal dan tenang, pantai ini juga ideal bagi wisata keluarga yang melibatkan anak-anak.

Selebihnya, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah bersantai menikmati pantai. Berjemur atau sunbath layaknya bule-bule di Pantai Bali. Ada ayunan di sini, manfaatkanlah sesuai kebutuhan, bergiliran tentunya. Jika energi berlebih, bisa juga melebar ke pantai sebelah, ke Pantai Selok yang elok atau ke Kondang Merak yang terkenal kuliner lautnya.

Apapun kegiatan sobat di Banyu Meneng, rekomendasi terbaik adalah bermalam dengan mendirikan tenda. Nikmatilah suasana lain di malam hari. Dalam suasana cenderung gelap, ditemani secangkir kopi hangat, tidak ada yang terdengar kecuali alunan musik laut dan canda tawa sahabat. Jangan lupa, sunrise di pantai ini juga mempesona.

HTM Pantai Banyu Meneng Malang
sumber: @yoiki_malang

Fasilitas di Pantai Banyu Meneng

Meskipun tidak sepopuler pantai-pantai lain yang menjadi tetangganya, Pantai Banyu Meneng juga telah dilengkapi fasilitas yang lumayan memadai. Setidaknya untuk urusan konsumsi, banyak berjajar warung penjual makanan dan minuman. Fasilitas lain adalah toilet umum atau kamar mandi yang cukup bersih dan lahan parkir yang luas.

Untuk akomodasi, pantai ini belum menyediakan penginapan secara mandiri. Wisatawan biasanya bermalan di pantai ini dengan mendirikan tenda. Kabar baiknya, tidak jauh dari pantai ini ada Pantai Kondang Merak. Ada penginapan di sana, cukup berjalan kaki sebentar untuk mencapainya. Opsi lain adalah di Balekambang, sekitar 6 km jauhnya.


Harga Tiket Masuk Banyu Meneng

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 10.000
Parkir Roda 2Rp. 5.000
Parkir Roda 4Rp. 10.000
Biaya Camping± Rp. 5.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Rute Banyu Meneng Beach Malang
sumber: @its_vevee

Peta Lokasi & Rute Banyu Meneng

Menuju Pantai Banyu Meneng, rutenya mudah karena cukup menggunakan rute ke Pantai Balekambang. Setidaknya hingga perempatan di Balekambang jalanan mulus beraspal. Perlu berhati-hati di kawasan Jurang Mayit, ada tanjakan tinggi dan menikung tajam. Meskipun begitu, aspalnya bagus sudah diperlebar.

Jika belum ada perbaikan, jalanan lumayan ekstrim hanya ketika sobat diharuskan belok ke kanan dari perempatan Balekambang mengarah ke Kondang Merak. Banyu Meneng dekat dari pantai ini. Hindari kunjungan di musim penghujan karena becek dan pastikan saja kendaraan Anda bersahabat dengan kondisi jalan yang buruk.

Rute ke Balekambang dari Malang bisa melalui Gondanglegi – Bantur atau melalui Kepanjen – Pagak – Bantur. Ketika sampai di Bantur lanjutkan saja ke arah selatan hingga tiba di perempatan di Balekambang. Untuk mempermudah, gunakan peta berikut. Klik “directions/petunjuk arah”. Durasi perjalanan tidak sampai 3 jam.


Bermanfaatkah artikel ini?

Berikan nilai Anda dengan bintang!

Rating rata-rata 4 / 5. Jumlah penilai: 1

Belum ada yang menilai! Jadilah yang pertama.

Sepertinya artikel ini bermanfaat untuk Anda...

Bagikan ke teman-teman di media sosial?

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat buat Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beritahu kami apa yang kurang dari artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *