Pantai Banyu Tibo, Pacitan – Harmoni Pantai Asri & Air Terjun Berseri

Pantai Banyu Tibo. Penat harus dihilangkan dan alam Jawa Timur punya segudang cara untuk mengusirnya. Sejenak hentikan rutinitas keras harian, bergegaslah menuju Pacitan. Disana, telah siap jajaran pantai molek nan menawan. Pantai Banyu Tibo adalah satu yang paling direkomendasikan.

Diantara puluhan pantai indah di Pacitan, Banyu Tibo adalah yang paling istimewa. “banyu” berarti air, dan “tibo” berarti jatuh. Nama dalam bahasa Jawa tersebut mewakili keberadaan air terjun yang guyuran airnya langsung bermuara ke laut. Kombinasi alam unik yang senantiasa menjadi daya tarik utamanya.

Tertarik untuk beberapa saat menjadi bagiannya? segera meluncur ke Pacitan dengan bekal penuh kegembiraan. Datangi Pantai Banyu Tibo di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Sebelumnya, untuk memperkaya informasi, lanjutkan dulu berpetualang maya dengan membaca tuntas artikel ini.


Aktivitas di Pantai Banyu Tibo

Banyu Tibo merupakan pantai yang sempit dengan garis yang diapit dua jurang karang. Oleh karena itu, tiada aktivitas yang lebih menarik ketimbang mengolah rasa ketakjuban. Sejak awal kedatangan, biarkan sekujur pandangan bermanja dengan nuansa eksotis yang mendominasi pantai ini.

Tariklah nafas dalam-dalam, hembuskan perlahan seiring terasa semilir angin lembut menyapa tubuh Anda. Lihatlah, betapa komposisi alam membiarkan karang tetap elegan ketika hijau tetumbuhan senantiasa menyelimutinya. Gradasi laut membiru, sedangkan pasir putihnya yang sempit setia menjadi perantara pertemuan laut dan air terjunnya.

Beruntunglah jika air laut sedang surut. Turun dan cobalah lebih dekat dengan airnya. Hanya saja tetaplah berhati-hati, pantai ini tetaplah mengusung kerasnya ombak pesisir selatan Jawa. Kegiatan paling umum dilakukan adalah memancing. Suka? lakukan rockfishing karena banyak spot terbaik untuk melakukannya.


Fasilitas di Pantai Banyu Tibo

Banyu Tibo adalah satu diantara pantai tersembunyi di Pacitan. Lokasinya cukup terpencil, belum banyak yang tahu sehingga masih jarang yang berkunjung ke pantai ini. Meskipun begitu kalau hanya masalah konsumsi, di sekitar pantai ini telah tersedia beberapa penjual makanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo : Harga tiket pantai ini sangatlah murah. Tiket bervariasi bergantung pada usia dan hari kedatangan. Hari Senin – Jumat orang dewasa membayar Rp 3.000, sedangkan Sabtu dan Minggu membayar Rp 5.000. Untuk anak-anak, baik hari biasa maupun akhir pekan tiketnya tetap, yakni Rp 2.000.


Rute & Maps Pantai Banyu Tibo

Lokasi pantai ini berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Pacitan. Dibutuhkan durasi perjalanan berkendara sekitar satu jam untuk sampai. Dari Pacitan lanjutkan perjalanan dengan mengambil jalan utama Pacitan – Solo hingga menemukan pertigaan dekat masjid besar Punung.

Dari pertigaan tersebut belok kiri hingga menemukan pertigaan lagi, belok kanan. Sampai disini, traveler tengah berada di jalur menuju wisata Goa Gong. Temukanlah petunjuk ke arah Kalak dan ikuti terus sampai tiba di perempatan Balai Desa Kalak. Belok ke kiri sampai menemukan pertigaan setelah pasar.

Dari pertigaan tersebut, belok ke kanan menuju ke Desa Widoro dan temukanlah papan petunjuk jalan ke arah pantai ini. Berikut ini adalah alamat lokasi dan peta penunjuk jalan dari Pacitan :

Lokasi Pantai Banyu Tibo : Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *