• sumber : http://img.ulinulin.com/uploads/media_item/file/45096/baru1-min.jpg

Pantai Baru – Antara Kincir Angin dan Taman Cemara Udang

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Baru. Bagi seorang traveler, berkunjung ke tempat-tempat baru adalah hal yang menyenangkan. Tempat yang lebih memberi celah bagi mereka untuk menceritakan pengalaman kepada siapa saja yang dikehendakinya. Jika memang seperti itulah gambaran tentang Anda! Mumpung sekarang masih atau baru saja berencana liburan ke Jogja, silahkan melebarkan gairah wisata ke Pantai Baru. Meluncur segera ke Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

Seperti telah diisyaratkan oleh namanya, Pantai Baru adalah pantai yang baru, bahkan sangat baru karena baru diresmikan tahun 2010. Sebagai wisata alam pendatang baru, tentu saja pantai ini hadir dengan keunikannya tersendiri. Salah satu kekhasan Pantai Baru adalah keberadaan puluhan kincir angin yang berjajar diantara kebun palawija di sepanjang jalan menuju pantai. Kincir angin yang ditujukan sebagai program uji coba pembangkit listrik tenaga alternatif itulah yang banyak menyita perhatian.

Perihal alam pantainya, sebagai pantai yang masih cukup perawan, Pantai Baru menghadirkan kondisi alam yang masih asri, bersih dan terbebas dari polusi udara. Keberadaan Taman Cemara Udang di pesisirnya, memberikan suasana tetap teduh meskipun siang teramat terik. Hamparan pasir pantai coklat kehitaman terbentang cukup luas menyapa langsung sisa-sisa gelombang ombak pantai selatan yang cenderung ganas. Secara keseluruhan suasana yang dihadirkan cukup menenangkan dan sepi, disebabkan pantai ini belum banyak dikunjungi.

Aktivitas di Pantai Baru

Meski terbilang sebagai pantai yang “terlambat” diresmikan, Pantai Baru telah memungkinkan setiap pengunjungnya untuk merasa senang disekitaran pantai. Banyak wahana pendukung turut melengkapi kawasan wisata alam ini. Liburan ini milik Anda sepenuhnya, namun tetaplah terkendali. Mengingat ombak pantai selatan yang cenderung menggila, berenang bukanlah ide bagus, namun disaat yang tepat, boleh saja mencoba lebih dekat dengan air untuk sekedar membuat kaki basah.

Sempurnakan pengalaman wisata Anda, jelajahi dari ujung ke ujung pantai ini dengan mengendarai ATV melalui medan berpasir naik turun. Bisa juga berjalan berkeliling dengan berlindung teduhnya Taman Cemara Udang, sembari tetap takjub dengan segala komposisi alam yang membentuk pantai ini. Tunjukanlah bahwa Anda benar-benar berbahagia. Ketika merasa lelah, cobalah bermalas-malasan beralaskan tikar diketeduhan hutan Cemara Udang itu. Pesan 1 atau 2 es kelapa muda untuk membantu mengembalikan gairah wisata Anda.

Bagi sebuah keluarga yang datang bersama buah hati mereka, disini juga telah tersedia kolam bermain anak. Biarkan mereka berbahagia bersama teman-teman baru, berseluncur untuk kemudian menjadi basah oleh air, bermain diatas ban pelampung juga dimungkinkan. Selanjutnya, jadikanlah wisata kali ini lebih bermanfaat dengan menikmati wisata edukasi, memahami biodigester dan genset biogas, lebih dekat dengan kincir angin, atau melihat teknologi aquaponik di kolam ikan air tawar.

Pantai Baru juga termasuk TPI (tempat penampungan ikan) serta sebagai area pelepasan penyu. Nikmatilah semuanya dan pastikan untuk tetap bertahan setidaknya hingga menjelang senja. Disaat warna-warna alam mulai berubah menjadi lebih indah, jujurlah bahwa Anda takjub dan menyukainya.

Fasilitas di Pantai Baru

Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, tentunya didukung beragam fasilitas penunjang yang telah disediakan. Seperti yang dikatakan diatas, disini ada penyewaan ATV yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling pantai. Selain itu, ada kolam renang sebagai tempat bermain anak, ada juga tempat berteduh yang sangat luas berupa Taman Cemara Udang. Disisi lain, fitur edukasi di pantai ini meliputi kandang ternak dan pembuatan biogas, program energi alternatif kincir angin, serta kolam ikan air tawar melalui teknologi aquaponik.

Sementara itu, Pantai Baru juga termasuk wisata kuliner yang menjadi fasilitas utama yang diunggulkan. Disekitaran rindangnya pohon cemara, telah berjajar warung penjual makanan dan minuman dengan beragam menu yang bisa dinikmati, tidak terkecuali menu laut yang diunggulkan. Fasilitas lain adalah keberadaan masjid yang cukup luas dan nyaman, area parkir yang luas, serta banyak kamar mandi atau toilet umum ber air bersih di sisi timur dan barat. Satu yang cukup disayangkan adalah tidak adanya penginapan di dekat pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Baru : Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk di pos retribusi sebesar Rp 3.000.

Rute & Maps Pantai Baru

Pantai Baru dari pusat kota Jogja berjarak kurang lebih 32 kilometer dan membutuhkan durasi sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Ketika berada di pusat kota Yogyakarta, lanjutkan perjalanan hingga ke PASTY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta). Dari sini lurus saja di Jalan Bantul, ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di Pos Retribusi. Selanjutnya, temukan belokan ke kanan ke Jl Jalur Lintas Selatan, ikuti jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk jalan ke Pantai Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *