• sumber : triptrus.com

Pantai Batu Bengkung, Malang – Pantai Asri dengan Kolam Alami

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Batu Bengkung. Berbicara tentang wisata pantai di Malang memang tidak ada habisnya. Jika Pembaca seorang penggila wisata pantai, adalah ide bagus jika berencana menjelajahi pantai-pantai yang ada di Malang Selatan. Salah satu yang patut di pertimbangkan adalah Pantai Batu Bengkung yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Batu Bengkung adalah pantai yang unik melalui keberadaan kolam alami di bibir pantainya. Berkat adanya sebuah cekungan karang sebagai tempat terjebaknya air dari hantaman ombak yang datang. Disinilah tempat ideal bagi yang suka bermain air tanpa harus takut dengan besarnya deburan ombak. Hanya saja, ceritanya menjadi lain ketika air laut surut yang memungkinkan kolam tersebut turut mengering.

Salah hal lagi yang menjadikan pantai ini layak di kunjungi adalah panorama pantainya yang mengagumkan. Biru lautnya, deburan ombaknya, gugusan artistik perbukitan karangnya, hingga rimbunnya kehijauan yang menyelimuti sekitaran pantainya. Mengingat letak pesisir pantai ini menghadap langsung ke barat, Batu Bengkung adalah salah satu pantai terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Perihal penamaannya, nama Batu Bengkung merujuk pada bebatuan disekitaran pantai yang sekilas mirip dengan wanita yang sedang dibekung. Bekung atau Bengkung bisa dimaknai sebagai wanita yang menggunakan kain stagen ketika selesai melahirkan. Ini adalah Tradisi Wanita Jawa sebagai usaha untuk merampingkan atau melangsingkan kembali perut mereka usai melahirkan.

Aktivitas di Pantai Batu Bengkung

Terserah datang jam berapa, yang jelas pantai ini punya banyak cara untuk menyibukkan setiap pengunjungnya. Hanya saja, semoga ketika sampai di lokasi, air laut tidak terlalu surut. Sehingga Anda bisa menikmati pengalaman bermain air di kolam alaminya.

Adapun jika terpaksa sedang surut, pastikan Anda takjub dengan komposisi bebatuan karang yang teramat artistik dan carilah angle yang tepat untuk mengabadikannya. Jika sempat, perhatikan wajah-wajah pengunjung dan lihatlah betapa semua sedang dirundung bahagia.

Jelajah adalah wajib. Gerakkan kaki, cobalah melebar dengan lebih teliti menghayati pantai ini. Berusahalah tampil sebagai petualang sejati, naik ke bukit karangnya dan bersiaplah terpesona. Takjub diatas ketinggian ketika ombak bersikeras menghantam karang yang tetap tenang pada kegagahannya, sementara hijau terlalu rimbun untuk dikesampingkan.

Mungkin saja durasi liburan Anda terbatas, tapi jangan kali ini. Tunggulah senja, sebab inilah pantai terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbenam di Malang Selatan. Jika terlanjur betah, dirikanlah tenda hingga sampai pada keeksotikan fajar. Persiapkan kejujuran untuk mengaguminya.

Fasilitas Pantai Batu Bengkung

Sebagai salah satu pantai yang populer di kunjungi, Pantai Batu Bengkung telah dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap. Telah banyak tersedia warung penjual makanan dan minuman di pantai ini. Didukung juga dengan beberapa fasilitas dasar seperti mushola, kamar mandi serta lahan parkir luas yang dibuka 24 jam.

Menariknya, di sekitaran pantai ini juga telah dibangun fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung berupa saung atau gubuk. Fasilitas tersebut bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar menghindari teriknya matahari. Hanya saja, sejauh ini belum ada tempat menginap. Jadi usahakan membawa tenda jika berencana bermalam.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung : Untuk dapat menikmati pesona pantai ini, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 7.500. Biaya parkir sebesar Rp 5.000 atau Rp 10.000 jika berencana menginap di pantai ini. Tentu saja harga yang disebutkan bisa saja berubah, bergantung pada kebijakan pengelola.

Rute & Maps Pantai Batu Bengkung

  • Rute Pertama : Dari Malang lanjut ke Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, lanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan. Belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung.
  • Rute Kedua : Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke Turen. Kemudian belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan diteruskan ke arah Pantai Sendangbiru hingga sampai di pertigaan. Perhatikan papan penunjuk jalan dan pilihlah arah ke Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Jarak antara Pantai Bajulmati ke Pantai Batu Bengkung hanya sekitar 3 kilo ke arah barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *