• sumber : beritadaerah.co.id

Pantai Boom, Banyuwangi – Indahnya Matahari Terbit di Pulau Jawa

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Boom. Selain Malang Raya, Banyuwangi adalah destinasi wisata terbaik di Jawa Timur. Melalui kekhasan budaya Suku Osing dan pesona alamnya, Banyuwangi hadir sebagai suatu wilayah yang sanggup menampung segala jenis wisatawan, tidak terkecuali bagi penyuka wisata pantai. Sebagai langkah awal, adalah ide bagus jika Pembaca berkunjung ke Pantai Boom yang terletak di Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Boom adalah tentang sebuah pantai yang pernah menjadi pelabuhan penting pada era 50-an. Dahulu disinilah tempat berlabuh kapal-kapal pengangkut (umumnya kopra) serta perahu-perahu nelayan.

Hingga saat ini masih tersisa jejaknya, gudang-gudang bekas serta sebuah tempat pelelangan ikan yang sudah tak terpakai. Tidak terkecuali dermaga-dermaga yang kini menjadi tempat favorit bagi penduduk untuk memancing ikan.

Dalam kesejarahannya, pada kisaran tahun 1982 di pantai ini pernah terjadi tragedi Inkai yakni hilangnya para peserta latihan Karate Banyuwangi karena ditelan ombak. Untuk memperingati tragedi tersebut, selanjutnya dibangun Tugu Inkai di kawasan Pantai Boom.

Pada tahun 2004, kawasan ini pernah digunakan sebagai tempat pembuatan kapal Umbul-Umbul Blambangan yang sedianya akan dipakai mempromosikan pariwisata Banyuwangi, sayangnya kapal itu tenggelam. Sementara itu, pada akhir tahun 2012, pernah diadakan event Parade Gandrung Sewu yang melibatkan seribu penari Gandrung yang menari diatas pasir pantai ini.

Seiring perkembangannya, pantai ini sempat tak terawat, terkesan kumuh dan semrawut dengan banyaknya sampah di sepanjang bibir pantai. Bahkan citra negatif sempat melekat pada pantai ini, karena sering dikabarkan sebagai tempat mesum di malam hari.

Baru pada kisaran tahun 2014, Pemkab Banyuwangi bertekad untuk menjadikan Pantai Boom sebagai salah satu tujuan wisata utama di Banyuwangi. Dibenahi dan dikembangkan sehingga lebih, bersih, nyaman dan menjadi salah satu tujuan wisata khas Suku Osing.

Aktivitas di Pantai Boom

Pantai Boom adalah salah satu tujuan wisata utama bagi warga Banyuwangi. Bahkan menurut survey, pantai ini menempati posisi tertinggi dalam hal kunjungan wisatawan domestik dan menjadi salah satu tempat favorit berkumpulnya kawula muda di Banyuwangi. Oleh karena itu, adalah ide bagus ketika berwisata ke Banyuwangi, Pembaca melebarkan penjelajahan ke pantai ini karena memang letaknya tidak jauh dari pusat kota.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Boom. Saat fajar, pantai ini menawarkan komposisi warna alam hingga terciptalah lanskap pemandangan yang luar bisa indahnya. Menikmati kesejukan pagi, sembari merasakan hangatnya secangkir kopi wajib dilakukan. Bisa juga pergi ke dermaga untuk melihat aktivitas penduduk yang sedang memancing ikan

Amatilah dengan seksama, geliat aktivitas disekitar seiring dengan hari yang semakin terik dan beranjaklah ke Pulau Wangi untuk menikmati apa yang tersaji. Usahakanlah bertahan hingga datangnya senja demi sebuah kemolekan matahari terbenam di pantai ini. Tenang saja, saat ini Pantai Boom telah dilengkapi fasilitas yang sangat memadai untuk memanjakan pengunjungnya, termasuk kuda untuk digunakan menyusuri pantai.

Tiket & Fasilitas Pantai Boom

Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa pantai ini telah berbenah sejak tahun 2014. Selain sudah semakin bersih dari sampah-sampah, pantai ini hadir dengan fasilitas yang lengkap.

Ada pujasera, kamar mandi, spot-spot foto, mushola, jet ski air, kuda, hingga deretan kursi panjang dengan dihiasi payung lebar berwarna merah. Bahkan dikabarkan akan ditambahkan fasilitas paralayang dan paramotor.

Harga Tiket Masuk Pantai Boom : Biasanya, untuk menikmati pantai ini pengunjung akan dikenakan biaya masuk hanya sebesar Rp 2.000.

Rute & Maps Pantai Boom

Jarak pantai ini dari pusat kota Banyuwangi hanyalah 2 kilometer ke arah timur. Banyak transportasi yang bisa digunakan untuk menuju pantai ini. Bisa menggunakan becak atau ojek motor, namun hingga saat ini belum ada angkutan umum yang melewati Pantai Boom.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Simpang Lima Banyuwangi, pilihlah arah ke jalan dr. Sutomo menuju Taman Blambangan. Kemudian mengambil arah utara menuju bundaran PLN, belok kanan ke jalan Nusantara. Sangat mudah karena banyak rambu-rambu menunjuk ke pantai ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *