Pantai Candidasa Bali – Indahnya Sunrise Sunset di Pantai Tropis nan Eksotis

Pantai Candidasa. Jelajah pantai Bali, tidak harus selalu di kawasan Kuta. Coba juga melebar ke Karangasem. Selain sebagai rumah bagi pura terbesar di Bali, Pura Besakih, kabupaten ini juga mengoleksi sejumlah pantai indah berseri.

Candi Dasa adalah salah satu wujud keindahan pantai di pesisir tenggaranya. Pemukiman sekaligus pantai yang diperindah oleh keberadaan laguna air tawar di tepinya. Satu di antara tempat pemberhentian populer bagi turis-turis mancanegara yang sedang berlibur ke Pulau Dewata.

Adalah ide sempurna jika ketika ada rencana wisata ke Bali, Anda menetapkan Pantai Candidasa sebagai destinasi utama. Secara administratif, pemukiman pesisir ini berlokasi di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Lanjutkan membacanya untuk memperkaya informasi.

Pantai Candi Dasa Bali
sumber: keulefm


Daya Tarik Wisata Candidasa

Karena kalah populer dibandingkan dengan Pantai di Kuta maupun di Nusa Dua, suasana di Candi Dasa cenderung santai dan lebih tenang dari hiruk-pikuk kelab malam dan resor-resor besar. Justru keadaan tersebut memberi nilai lebih yang membuat sebagian turis memilih mengunjunginya.

Keindahan alam pantainya demikian terasa untuk dinikmati. Pasir putih keabu-abuan yang bersih terhampar memanjang berpadu dengan batuan koral yang cantik. Tentu, laguna ditepiannya menyumbang daya tarik tersendiri, menghijau dipenuhi teratai dengan daratan kecil di tengahnya.

Gelombang laut pun bersahabat dengan tiga pulau tak berpenghuni di lepas pantainya. Gili Tepekong, Gili Biaha dan Gili Mimpang namanya. Candidasa menjadi tujuan wisata sejak tahun 1970an. Salah satunya, karena memiliki spot snorkeling dan diving yang bagus, terutama di sekitar gili-gili itu.

Pemukiman Candi Dasa sendiri dikatakan telah ada sejak abad ke-12. Dulunya sempat dinamakan Teluk Kehen (bay of fire) dan Cilidasa. Di sekitar laguna, terdapat sebuah kuil dengan patung dewi kesuburan Hariti yang dikelilingi sekelompok anak, Cilidasa dalam bahasa Bali berarti “sepuluh anak”.

Nama Candi Dasa dianggap sebagai turunan nama yang lebih tua itu. Kuil dengan patung dewi Hariti di kawasan pantai ini sering diziarahi orang-orang Bali yang ingin memiliki anak. Dalam beberapa hal, Pantai Candidasa mirip Pantai Glagah, punya laguna juga punya penangkal ombak.

Yang unik dari Pantai Candi Dasa adalah wisatawan bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset di areanya. Lokasi terbaik menikmati sunrise adalah di sebuah tanjung yang berada di sisi timur pantai ini. Sementara itu, keindahan matahari terbenam bisa langsung dinikmati di pantainya.

Candidasa Beach Bali
sumber: @bppdkarangasem


Fasilitas di Pantai Candidasa

Fasilitas wisata di kawasan Pantai Candidasa sudah dibangun sejak tahun 1970-1980. Pembangunan besar-besaran seperti bungalow dan restoran di sini turut mengakibatkan erosi karena pembatas pesisir hanyut dan rusak. Termasuk juga terumbu karang yang ditambang untuk bahan bangunan.

Untuk menyiasati hal itu, selanjutnya pemilik hotel lokal membangun serangkaian pangkal dalam upaya melestarikan pantai. Manfaatnya pun beragam, salah satu yang ikonik adalah pangkal yang membentuk huruf “T” menjorok ke laut dengan bale bengong di kedua ujungnya, mirip Pantai Sanur.

Intinya, fasilitas di Pantai Candi Dasa sangatlah bagus. Berbagai jenis akomodasi dari yang murah hingga mewah tersedia, juga banyak pilihan bersantap. Untuk aktivitas penyelaman di Candi Dasa juga ada beberapa dive center. Fasilitas penunjang wisata lainnya juga sudah sangat memadai.

Pantai Candidasa Karangasem
sumber: keulefm


Lokasi & Rute ke Candi Dasa

Pantai Candidasa beralamatkan di Candi Dasa, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Dari pusat kota Denpasar jaraknya sekitar 60 km atau satu setengah jam perjalanan berkendara ke arah timur. Aksesnya mudah melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra – Jl. Raya Candidasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *