• sumber : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Beauty_of_Clungup_Beach.jpg

Pantai Clungup, Malang – Antara Pantai dan Hutan Mangrove

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Clungup adalah salah satu pantai di Kabupaten Malang yang masih termasuk pantai baru. Terletak ditepi Samudera Indonesia, tepatnya di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Sebagai pantai perawan yang kurang populer dalam hal kunjungan, Clungup menjadi pantai yang asri, indah dan bersih dari sampah wisatawan. Jikapun ada, hanyalah serpihan kayu-kayu yang terdampar terbawa ombak di beberapa bagian pantainya.

Tidak seperti umumnya pantai selatan yang identik dengan ombak yang besar, pantai Clungup memiliki ombak yang cukup tenang. Setidaknya sampai jarak 500 m, karena pantai ini terlindung oleh beberapa pulau kecil lepas pantai.

Keberadaan tiga pulau kecil dan karang-karang semakin menambah keeksotikan panoramanya. Komposisi alam pantai semakin sempurna melalui perbukitan, kebun penduduk dan lebatnya hutan bakau yang mengitari pantai ini.

Aktivitas di Pantai Clungup

Seperti yang telah disebutkan diatas, pantai ini memiliki ombak yang lumayan tenang berkat perlindungan pulau-pulau kecil ditengahnya. Mengingat kedalaman pantai yang dangkal, berenang adalah aktivitas yang ideal. Hanya saja perlu hati-hati dengan tajamnya batu dan karang yang ada di dasar pantai.

Clungup adalah pantai yang sepi dan cenderung tenang. Keadaan tersebut memungkinkan para pengunjung untuk lebih leluasa menghayati keindahannya. Alam didominasi warna biru langit dan air lautnya, hijau bukit-bukitnya serta luasnya hamparan pasir putih keemas-emasan. Pengunjung juga bisa bermalam, mendirikan tenda untuk selanjutnya mengagumi keindahan matahari terbenam di pantai ini.

Tiket & Fasilitas Pantai Clungup

Sebagai pantai yang tergolong sepi, Clungup tidaklah menyediakan fasilitas selengkap layaknya pantai yang lebih populer dikunjungi di Kabupaten Malang. Jika beruntung, traveler bisa menyewa perahu nelayan yang berlabuh untuk memuaskan penjelajahan, snorkeling atau scuba diving. Tentu saja, sebelumnya Anda harus membawa perlengkapan sendiri.

Fasilitas yang tersedia adalah tempat parkir dan area berkemah yang cukup luas dan telah lengkap dengan toilet serta tungku api. Mengingat tidak adanya penjual makanan, pengunjung harus membawa bekal makanan dari luar. Bagi para petualang seperti sampeyan, minimnya fasilitas disini akan memberi kesan tersendiri bagi petualangan Anda.

Harga tiket masuk Pantai Clungup sangatlah terjangkau yakni Rp 6.000. Bagi yang membawa sepeda motor bisa memarkir kendaraannya dengan biaya Rp 3.000. Sementara itu membayar Rp 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat. Ada juga tour guide Rp 75.000 untuk kuota 10 orang.

Rute & Maps Pantai Clungup

Pantai Clungup terletak 72 km dari Kota Malang. Untuk sampai ke pantai ini, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Sama halnya dengan rute ke Pantai Goa Cina, awalnya lakukan perjalanan ke arah turen hingga bertemu papan petunjuk arah pantai di sebuah pertigaan.

Dari pertigaan tersebut, ambil arah ke kiri ke Pantai Sendang Biru. Berjalan terus hingga menemukan papan petunjuk jalan ke Pantai Clungup. Ikuti petunjuk tersebut hingga sampai di sebuah desa tempat kantor Clungup Mangrove Conservation. Dari sini, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk menuju lokasi.

Rute alternatif juga bisa melalui Pantai Balekambang. Dari Kota Malang ke Gondanglegi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bantur hingga sampai di perempatan sebelum masuk Balekambang. Belok kiri, ikuti terus Jalan Lintas Selatan tersebut hingga sampai di depan Clungup Mangrove Conservation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *