Pantai di Belinyu, Bangka Belitung – 6 Pantai Asri Yang Wajib Anda Datangi

Berlibur ke Kepulauan Bangka Belitung, alam bahari benar-benar akan memanjakan wisata Anda. Wisata Pulau Belitung sangatlah terkenal keindahannya, sementara wisata Pulau Bangka demikian menggoda. Jika tertarik, salah satu ide menarik adalah menjelajahi wisata pantai di Belinyu. Lokasinya berada di bagian utara Pulau Bangka.

Belinyu merupakan satu di antara 8 kecamatan di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Karena sebagian besar wilayah Belinyu berbatasan dengan perairan laut, banyak pilihan objek wisata pantai di sana. Terutama bagi Anda traveler penyuka pantai, sangat wajib mengunjunginya. Berikut 6 pantai nan indah yang menunggu kedatangan Anda.

6 Pantai Indah di Belinyu Pulau Bangka


Pantai Putat

Pantai Putat di Belinyu Bangka
credit: @saciedesia

Pantai Putat atau Pantai Tanjung Putat adalah pantai yang cantik. Selain komposisi bebatuan granit dengan berbagai ukuran, sepanjang pantai ini juga berhias tanaman mangrove yang rimbun menghijau. Dengan akses mudah, Anda bisa mencapainya dalam jarak sekitar 4 km dari pusat kota Belinyu. Terdapat markas TNI AL di pinggir pantai ini.

Berada di perairan Teluk Kelabat, air pantainya jernih dan tenang. Cocok untuk bermain air ataupun berenang, termasuk jika ini adalah wisata keluarga yang melibatkan anak-anak tercinta. Aktivitas menarik lain adalah memanggang ikan hasil tangkapan nelayan sekitar. Wisatawan biasa melakukannya sambil menunggu eloknya matahari terbenam

Peta LokasiAir Jukung, Belinyu, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Peta

Pantai Batu Dinding

Pantai Batu Dinding Belinyu
credit: @agungyah

Salah satu ciri khas wisata pantai di Bangka Belitung, adalah ornamen batuan granit yang tersebar acak menghias pemandangan alamnya. Demikian pula dengan Pantai Batu Dinding di kawasan Belinyu. Bahkan, ada satu batu besar yang ikonik yang konon menjadi awal penamaannya, yakni batu berukuran sekira 20×15 m berketebalan mencapai 5 m.

Di samping itu, pantai ini diperindah oleh taman yang hijau dengan jajaran pepohonan yang rindang dan pohon kelapa yang menjulang. Pemandangan kian sempurna dengan keberadaan Pulau Punai di tengah laut, dermaga hingga Gunung Maras pun terlihat dari kejauhan. Pantai Batu Dinding berjarak cukup dekat dengan Pantai Putat, sekira 1,5 km.

Peta LokasiAir Jukung, Belinyu, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Peta

Pantai Lepar

Pantai Lepar Blinyu Bangka
credit: @puspitaa75

Tetap identik dengan hiasan batuan granit yang beraneka ukuran dan bentuk, Pantai Lepar mencoba mengusung citarasa alamnya sendiri. Khususnya, melalui keberadaan Sungai Belinyu yang berair payau karena mempertemukan arus sungai dengan air laut. Sebrangilah jembatan di sungai tersebut dan selamat datang di wisata Pantai Lepar.

Pantai ini berbatasan dengan Pantai Putat, Sungai Belinyu menjadi pemisah di antara keduanya. Pantai di Belinyu semuanya indah, apalagi Pantai Lepar yang menghadirkan suasana sejuk menenangkan. Tempat ideal untuk berkemah, pemandangan malam semenjak senja semakin indah dengan lampu-lampu di pelabuhan dari kejauhan.

Peta LokasiMantung, Air Jukung, Belinyu, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Peta

Pantai Romodong

Romodong Beach Belinyu Bangka
credit: @jospickrangga

Terletak cukup jauh dari ketiga pantai di atas, pastikan melebar ke Pantai Romodong. Sekurang-kurangnya 15 km dari pusat kota, Anda bisa mencapainya dengan berkendara menuju Desa Romodong. Belum ada kendaraan umum, bisa menyewa kendaraan di pusat kota atau jika ingin lebih mudah, mungkin bisa memanfaatkan agen travel di sana.

Jauh namun unik. Sebelum tiba di pantainya, Anda akan disambut dua batu granit berukuran besar dan tinggi yang menyerupai gapura. Sebelumnya, ada juga batu besar lain, disebut Batu Kodok karena menyerupai kodok (katak). Pantai ini juga berair jernih dan tenang, namun pasirnya keras sehingga bisa disusuri menggunakan kendaraan.

Peta LokasiBukit Ketok, Belinyu, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Peta

Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk Bangka
credit: ksmtour.com

Setelah puas di Pantai Romodong, lanjutkan perjalanan berkendara sekira 13 menit untuk mencapai pantai di ujung paling utara Pulau Bangka. Pantai Penyusuk atau Pantai Tanjung Penyusuk namanya. Aksesnya mudah dan beraspal hingga ke lokasi. Ketika jarak semakin dekat, nikmati pemandangan pantai dan lautan yang menawan di sisi kanan.

Di sini, Anda juga dihadapkan pada susunan batu granit beraneka bentuk dan ukuran. Bahkan, jumlah batu granitnya lebih banyak dibanding dengan pantai-pantai lain di Pulau Bangka. Satu yang unik adalah batu tinggi besar di tengah pantai yang seolah membelah pantai menjadi 2 bagian. Di sisi utara berombak besar, di sisi barat berombak tenang.

Peta LokasiBukit Ketok, Belinyu, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Peta

Pantai Pesaren

Pantai Pesaren di Belinyu
credit: @ahmadzaen31

Pastikan energi petualangan berlebih. Mumpung masih di Belinyu, aturlah waktu untuk mengunjungi objek wisata pantai lainnya. Pantai Pesaren adalah satu di antaranya. Juga termasuk pantai di ujung utara Pulau Bangka. Kurang lebih 1 jam jika berkendara dari pusat kota Belinyu. Akses jalan kurang bagus, sehingga cukup lama mencapainya.

Pantai Pesaren belum masuk daftar wisata pantai di Pulau Bangka. Meski demikian, pemandangan yang tersaji sangat indah dengan garis pantai yang panjang dan luas. Pasir pantai putih, tanpa tebing karang. Saat ini, keberadaannya mulai dilirik untuk dijadikan tempat wisata. Sudah dibangun hotel dan resort. Juga, toko-toko warga di dekatnya.

Peta LokasiPesaren, Belinyu, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Peta

Demikianlah 6 pantai indah di daerah Belinyu di Pulau Bangka. Berminat mengunjungi salah satunya atau ingin menjelajahi semuanya? yang pasti persiapkan durasi wisata yang panjang karena Bangka Belitung punya banyak cara untuk menyibukkan masa-masa wisata Anda. Jika semangat berlebih, bisa juga melebar ke Pulau Lengkuas di Belitung.

Namun, sebenarnya tempat wisata di Blinyu sangat banyak dan tidak terbatas pada wisata pantai saja. Di pusat wilayahnya pun banyak tempat-tempat bersejarah bergaya Tionghoa. Menariknya, semua tempat bersejarah tersebut masih asli. Jangan lupa membawa oleh-oleh khas Belinyu, yakni Kerupuk dan Terasi Belinyu. Selamat berwisata!

Penginapan atau Hotel di Bangka

Pulau Bangka memiliki beragam wisata yang semuanya menarik untuk dikunjungi. Karena itu, liburan ke Bangka sudah semestinya mempersiapkan durasi wisata yang panjang. Lebih-lebih jika Anda ingin juga menjelajahi Wisata di Belitung. Jika cari tempat menginap, lihat daftar penginapan dan hotel di Bangka melalui tombol berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *