Pantai di Bengkulu – 11 Wisata Pantai Indah Yang Semestinya Anda Jamah

Bagi para traveler, pariwisata Bengkulu menjanjikan berbagai pengalaman, khususnya wisata sejarah dan budaya. Namun, pemandangan alam di sana juga elok mempesona. Selain gunung-gunung yang tinggi menjulang dan danau-danau menenangkan, pantai-pantai di Bengkulu pun mengagumkan.

Jadi, sekali waktu cobalah melebarkan petualangan. Persiapkanlah beberapa waktu untuk menjamah pesona Bengkulu. Anda bisa mengunjungi satu dua atau beberapa objek wisata dalam Daftar Tempat Wisata di Bengkulu. Terkhusus bagi para penggila pantai, bertahanlah beberapa menit dan lanjutkan membaca artikel ini.

Di sini telah tersaji daftar pantai indah di Bengkulu. Tentu, tidak mencakup semuanya dan tidak pula mengesampingkan keindahan pantai lain yang tidak masuk di dalamnya. Daftar pantai ini hanya dimaksudkan sebagai pengantar. Agar, Anda mendapatkan gambaran awal sebelum Anda benar-benar tiba di Bumi Rafflesia.

11 Pantai Indah di Provinsi Bengkulu


Pantai Jakat di Kota Bengkulu

Pantai Jakat di Bengkulu
credit @km.ban_bengkulu

Pantai Jakat atau Pantai Zakat, pantai rakyat yang ideal untuk menghilangkan penat. Berada tidak jauh dari pusat kota, dekat dengan Benteng Marlborough yang bersejarah. Tidak sulit untuk mencapainya. Ini adalah satu di antara tempat wisata yang selalu ramai di kota Bengkulu, salah satunya karena beragam wahana dan fasilitas yang tersedia.

Peta LokasiBajak, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. Peta
Tiket MasukRp5.000 (parkir)

Pantai Panjang di Kota Bengkulu

Pantai Panjang
credit: wisatabengkuluku.blogspot.com

Bisa dikatakan bahwa inilah wisata pantai paling ikonik mewakili Bengkulu. Pantai Panjang, nama sederhana untuk menggambarkan pasir putihnya yang lembut landai memanjang. 7 km panjangnya. Hampir tanpa pohon kelapa, keteduhan diambil alih pohon pinus dan cemara. Ini adalah kawasan wisata utama, lengkap fasilitasnya, mall pun ada.

Peta LokasiKec. Ratu Agung, Kec. Teluk Segara, Kec. Ratu Samban. Peta
Tiket MasukRp2.000 (parkir)

Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu

Pantai Tapak Paderi
credit: tik9ixakelompok1.blogspot.com

Tapak Paderi adalah salah satu pantai populer di pusat kota. Bertetangga dekat dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Pesona alam dan kemeriahan wisatanya pun memikat. Pantai Tapak Paderi mencoba memadukan wisata alam dan sejarah. Di sinilah pelabuhan laut pertama di Bengkulu. Berjarak beberapa ratus meter saja dari Benteng Marlborough.

Peta LokasiKebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. Peta
Tiket MasukRp5.000 (orang)/Rp2.000 (parkir)

Pantai Sungai Suci Bengkulu Tengah

Pantai Sungai Suci
credit: @shintyadrs

Di kabupaten Bengkulu Tengah, Anda bisa mengunjungi Pantai Sungai Suci yang molek berseri. Meski ada istilah “sungai” pada namanya, namun tidak terdapat sungai pada kenyataannya. Yang ada hanyalah pulau kecil sebagai tempat ideal menikmati luasnya Samudera Hindia. Tenang saja! ada jembatan gantung untuk mencapainya.

Peta LokasiPasar Pedati, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk± Rp3.000 (orang)/Rp5.000 (jembatan)

Pantai Padang Betuah Bengkulu Tengah

Pantai Padang Betuah
credit: @bengkulupedia

Masih di Bengkulu Tengah, melebarlah ke Pantai Padang Betuah. Pastikan untuk datang jika berkeinginan melihat gulungan ombak yang menawan. Sudah biasa? bagaimana kalau ada Danau Gedang yang mengagumkan di dekat pantainya?. Bahkan lebih dari itu, komposisi tebing-tebing curam ikut menyempurnakan eksotika alam pantainya.

Peta LokasiPasar Pedati, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk± Rp3.000 (orang)/Rp5.000 (jembatan)

Pantai Pasar Bawah Bengkulu Selatan

Pantai Pasar Bawah Bengkulu Selatan
credit: @rizalbluer999

Di kabupaten Bengkulu Selatan, meluncurlah Anda ke Manna. Di sana ada Pantai Pasar Bawah yang meriah, jujugan muda-mudi sekitar Kota Manna. Saking seringnya dikunjungi oleh mereka, ada yang mengatakan bahwa tempat wisata ini menyimpan seribu kenangan, hmmm…asmara. Momen sunsetnya selalu ditunggu untuk kemudian dirindu.

Peta LokasiPasar Bawah, Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk

Pantai Bengkenang Bengkulu Selatan

Pantai Bengkenang di Bengkulu Selatan
credit: @visitmanna

Sejauh kurang lebih 10 menit berkendara dari Pasar Bawah, Anda juga bisa mendapati Pantai Bengkenang yang indah. Tinggi jajaran pohon kelapa di pesisirnya senantiasa mengabarkan semilir lembut angin pantainya. Lokasi pantai berada di dekat perkampungan warga. Terdapat sungai Bengkenang yang mengalir di sekitarnya.

Peta LokasiTj. Besar, Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk

Pantai Way Hawang, Kaur Bengkulu

Pantai Way Hawang
credit @bengkuluu_

Di penghujung timur Bengkulu, temukanlah Desa Way Hawang dan nikmatilah pantai dengan pasir putih membentang. Sekitar 15 km dari kota Bintuhan. Berjarak hanya beberapa meter dari jalan lintas barat Sumatera. Satu hal yang ikonik dari Pantai Way Hawang adalah batu karang mirip perahu. Di sini juga sebagai pusat penangkaran penyu.

Peta LokasiMaje, Way Hawang, Kaur, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk

Pantai Linau di Kaur Bengkulu

Linau Beach Bengkulu
credit @pantailinau

Berjarak sekira 4 km dari desa Way Hawang, ada Pantai Linau dengan ekosistem pasir putih kecoklatan yang mengagumkan. Bening airnya bak kaca menyimpan pesona lain di kedalaman lautnya. Linau juga merupakan pantai teluk dengan dermaga tempat bersandar beraneka kapal. Jika sampai nyasar ke sini, jangan lupa menyantap Sate Gurita.

Peta LokasiJalan Lintas Barat, Linau, Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk

Pantai Laguna Samudra, Kaur Bengkulu

Pantai Laguna Samudera
credit: @pantai_laguna_samudra

Pantai Laguna atau Pantai Laguna Samudera merupakan calon kuat untuk diminati. Kecantikan alamnya tersaji tidak terlalu jauh dari perbatasan, Lampung dan Bengkulu. Putih melandai hamparan pasirnya, bersih jernih bentangan air lautnya, menenangkan suasananya, cukup memadai pula fasilitasnya. Spot foto dan penginapan juga ada.

Peta LokasiDesa Merpas, Kec. Nasal, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk

Pantai di Pulau Enggano, Bengkulu Utara

Pantai Pulau Enggano di Bengkulu Utara
credit: www.engganoisland.com

Pastikan durasi petualangan pantai kali ini panjang. Setidaknya, hingga Anda tiba di pulau terluar Samudera Hindia. Pulau Enggano namanya. Pantai moleknya memiliki ombak yang ideal bagi para peselancar. Lebih dari itu, keindahan bawah lautnya pun sangat menakjubkan. Lalu? snorkeling ataupun diving merupakan aktivitas wajib dilakukan.

Peta LokasiEnggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Peta
Tiket MasukRp59.000-Rp100.000 (penyeberangan)

Opsi Penginapan atau Hotel di Bengkulu

Demikian 11 wisata pantai di daerah Bengkulu. Pantai mana yang masuk daftar kunjungan sobat? semua pantai di sana indah, apalagi jika kelestarian alamnya dijaga. Sebagai pengunjung, sudah semestinya Anda turut menjaganya. Jika membutuhkan tempat menginap, Anda bisa melihat rekomendasi hotel di Bengkulu melalui tombol berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *