Tidak Hanya Senggigi, 5 Pantai Di Lombok Barat Ini Juga Wajib Dikunjungi

Tentu, Pantai Senggigi tetap merupakan destinasi wisata utama di Lombok Barat. Namun, kabupaten yang melingkupi ibu kota Nusa Tenggara Barat (Kota Mataram) ini juga termasuk Sekotong dengan gili-gili cantik menawan. Wilayah pesisirnya juga indah memanjang, beragam pantai di Lombok Barat menunggu Anda datang.

Wisata di Lombok Barat, pastikan Anda mengunjungi pantainya. Selain pergi ke Pantai Senggigi, berikut daftar 5 pantai indah di Kabupaten Lombok Barat yang wajib Anda kunjungi. Ini belum termasuk pulau-pulau gili di perairan Pantai Sekotong. Jika berminat mengunjunginya, baca juga artikel wisata Gili Nanggu dan Gili Kedis.

Objek Wisata Pantai di Lombok Barat, NTB


Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan di Lombok Barat
credit: @hamdanjanuri

Terletak tidak jauh dari Pantai Senggigi, Anda bisa menemukan Pantai Kerandangan nan indah yang terbagi menjadi 3 bagian. Pantai Kerandangan I, II, dan III orang-orang menyebutnya. Lokasinya masih dalam kawasan wisata Pantai Senggigi dan di sinilah venue bagi gelaran Senggigi Sunset Jazz 2019 yang lalu.

Ruas pantai ini sebagian masuk wilayah Lombok Utara, sebagian lainnya berada di Lombok Barat. Perihal keindahannya, Kerandangan adalah pantai yang rindang dengan padang rumput yang luas. Gelombang airnya besar, spot ideal para peselancar. Fasilitasnya memadai dan sajian sunsetnya mengagumkan.

Peta LokasiJl. Raya Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Peta
Tiket MasukParkir Rp3.000 – Rp5.000 – Rp10.000 (sepeda motor/mobil/bus)

Pantai Goa Landak

Pantai Goa Landak
credit: @ekaelni_

Pantai di Sekotong menawarkan citra alam yang memikat di Pulau Lombok bagian barat. Pantai Goa Landak salah satunya. Tempat ideal untuk memulai ketakjuban sebelum larut dan lanjut ke gili-gili di Sekotong yang jelas menawan di setiap bagian. Beberapa orang menyebutnya dalam bahasa lokal, Pantai Loang Landak.

Pantai ini molek dengan citarasanya sendiri. Khususnya, bukit karang yang disebut Bukit Ombak. Disebut seperti itu karena bagian tengahnya melengkung mirip ombak. Di sini juga ada 2 buah Pura dan Goa Landak yang sempit di bawah perut bukit. Pantainya sendiri indah jernih dan berpasir putih mirip butiran merica.

Peta LokasiDesa Mandar, Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Peta
Tiket MasukRp5.000, Parkir Rp2.000

Pantai Mekaki

Pantai Teluk Mekaki Pantai yang sepi dengan pasir putih dan ombak kecil yang cocok untuk belajar berselancar.
credit: flickr/Zhi virgo/CC BY-NC-ND 2.0

Jangan beranjak dulu dari kawasan wisata Sekotong, setidaknya sebelum Anda menyusuri pesisir pantai di Teluk Mekaki. Berlokasi di Sekotong Tengah, ini adalah pantai tersembunyi nan indah. Pesona alamnya yang menawan, sekiranya cukup untuk sejenak mengabaikan gemerlapnya pariwisata di Pantai Kuta Mandalika.

Pantai Mekaki atau Pantai Teluk Mekaki hadir dengan hamparan pasir putih bersih. Terhampar memanjang mengikuti alur hijau perbukitan. Sementara itu, gelombang laut senantiasa datang mengalun sedang. Sangat tenang, nuansa permai pantai ini akan menyambut siapa saja sebelum benar-benar tiba di lokasinya.

Peta LokasiPelangan, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Peta
Tiket Masuk

Pantai Elak-Elak

Pantai Elak-Elak Sekotong
credit: @faridaidiawati

Pantai Elak-elak merupakan varian lain dari pantai Lombok Barat di kawasan Sekotong. Salah satu yang perawan dan jarang dikunjungi. Alhasil, alamnya pun asri alami. Elak-elak atau Elaq-elaq berarti lidah. Nama ini diberikan karena pantai ini merupakan tanjung yang menjorok ke laut mirip lidah yang menjulur.

Meski terbilang sepi pengunjung, akses jalannya sudah bagus. Sebagai sebuah tanjung, pesisir pantainya panjang sehingga memungkinkan luasnya eksplorasi wisata. Tekstur pasir pantainya beragam, namun sebagian besar perpasir putih. Ombaknya relatif tenang, pesona bawah lautnya pun menakjubkan.

Peta LokasiPengawisan, Sekotong barat , Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Peta
Tiket Masuk

Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq di Lombok Barat
credit: flickr/Sinardi Mohammad/CC BY-NC 2.0

Loang Baloq bukan pantai tersembunyi. Namanya sudah demikian dikenal, salah satu tempat paling dikunjungi oleh masyarakat Kota Mataram dan sekitarnya. Lokasinya berada di sekitar pusat kota. Akses jalannya mudah, fasilitas di sekitar lokasi wisatanya pun melimpah. Sayangnya, cenderung terabaikan.

Selain pantai, Loang Baloq juga menawarkan danau buatan dengan “bruga” atau bale-bale untuk berteduh yang menjorok di tepinya. Pantai Loang Baloq merupakan opsi wisata mudah bagi warga kota. Anda perlu juga mengunjunginya. Terutama di sore hari, ketika senja mulai menjelang diiringi sunset yang menawan.

Peta LokasiTanjung Karang Sekarbela Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Peta
Tiket Masuk

Demikian beberapa pantai untuk Anda kunjungi di Lombok Barat, NTB. Sebenarnya, masih banyak pantai yang tersebar di kabupaten tersebut, khususnya di daerah Sekotong. Pantai indah lainnya, termasuk Pantai Pengantap, Pantai Meang, Pantai Pangsing, Pantai Panggang, Pantai Piling dan Pantai Nambung.

Hotel di Lombok Barat?

Berpetualang wisata di Lombok Barat haruslah maksimal. Selain pantai, tempat wisata di Lombok Barat yang juga wajib dikunjungi adalah Taman Narmada, Hutan Sesaot, Bukit Malibu dan Hutan Wisata Pusuk. Jika butuh akomodasi, lihat opsi penginapan atau hotel di Mataram dan Sekotong melalui tombol berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *