• sumber : liburmulu.com

Pantai Drini, Yogyakarta – Menawan dengan Keunikan Dua Bagian

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Drini. Sejauh ini pantai tetap menjadi tujuan wisata alam bagi kebanyakan wisatawan, hal ini disebabkan alam pantai memang cukup menjawab kebutuhan wisata sebagian besar dari mereka. Sebagai salah satu primadona pariwisata di Indonesia, Yogyakarta juga kaya akan pesona pantai di sepanjang pesisir selatannya. Diantara yang istimewa, tersebutlah nama Pantai Drini yang dengan segala daya tariknya memang layak di kunjungi. Jadilah beruntung dengan menjadi bagian keindahannya, bersegeralah datang ke Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Keistimewaan Pantai Drini terutama diwakili oleh keberadaan pulau karang yang terletak ditengahnya. Pulau tersebut kemudian membagi permukaan pantai menjadi dua bagian, timur dan barat. Uniknya, kedua bagian tersebut mengusung karakter yang sangat bertolak-belakang. Apabila disisi timur lebih menonjolkan kemaskulinan alam yang khas dengan kerasnya karakter tebing-tebing, sementara sisi baratnya lebih menggambarkan nuansa lembut yang menenangkan. Dari sini, kedua sisi yang berbeda itulah yang mampu menjawab uniknya selera alam para wisatawan yang datang.

Perihal penamaan pantai ini pun masih berhubungan dengan pulau kecil itu. Konon, pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi (pemphis acidula) atau dalam bahasa lokal disebut Drini. Selain itu, Pantai Drini bukanlah pantai yang landai, karena lerengnya cukup curam mencapai hingga 10 derajat dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia (Samudera Indonesia). Oleh karena letaknya yang menjadi bagian dari pesisir selatan, gelombang air pun tetap mengusung tipikal ombak pantai selatan yang cenderung besar.

Selebihnya, lanskap pemandangan tercipta apik melalui komposisi alam yang memadukan dominasi keragaman batuan karst Gunungsewu berselimut hijau dengan hamparan pasir putih dan tebing-tebing. Adapun permukaan berkarang dengan bentuknya yang artistik berulangkali berhasil menjebak air asin yang dihempas gelombang ombak. Laguna pun tercipta, sebagai tempat ternyaman bermandi air laut dalam kehangatan. Pantai ini semakin menawan dengan pesona yang disempurnakan oleh kebermanfaatannya bagi para nelayan, hal ini ditandai dengan jajaran perahu bercadik yang tertambat di bagian barat.

Aktivitas di Pantai Drini

Bersiaplah ceria wahai sahabatku! Pantai ini memiliki banyak cara untuk memungkinkan hal itu. Jika Anda benar-benar mencintai alam, persiapkanlah banyak energi untuk berpetualang. Jelajahi setiap sudut yang membentuk kemolekan pantai ini untuk kemudian bersyukur karena diberi kesempatan berada ditempat seindah ini. Manfaatkan gadget yang Anda miliki disetiap anda menemukan salah satu bagian yang layak untuk sementara abadi.

Apabila ingin lebih dekat dengan air, sebelah timur adalah tempat ideal. Disana bisa ditemukan semacam kolam mandi alami sebagai tempat ternyaman untuk berendam di hangatnya air laut. Sejalan dengan itu, manjakanlah diri dengan aktivitas para ikan jenis Goby Pasir, Sergant Major, juga Jambrong yang bermain berkejaran disela-sela karang.

Jangan lupa, hayati pulau kecil yang ada ditengah pantai. Lihatlah, betapa ketika air telah mencukupi, pulau itu seolah terapung diatas air. Sementara itu, apabila air surut, naik dan jelajahi pulau itu. Pergi ke mercusuar dan capailah menaranya hingga Anda benar-benar jujur mengagumi lanskap pemandangan dari sudut ini benar-benar mempesona.

Gunakanlah sisa energi ke sebelah barat, hingga menemukan suasana khas pantai laut selatan. Bermalas-malasan dengan bermanja di atas pasir atau bisa juga berteduh di gazebo-gazebo yang sudah tersedia. Fokuskan sekujur pandangan kearah laut lepas sembari menanti kepulangan matahari ke peraduan. Bersyukurlah karena warna alam menjelang senja tetap mampu membuat Anda berbahagia.

Fasilitas di Pantai Drini

Meski belum terlalu populer, fasilitas di Pantai Drini bisa dibilang telah mencukupi. Telah tersedia beragam fasilitas termasuk tempat ibadah, warung makanan dan minuman, kamar mandi serta lahan parkir yang luas. Didukung pula dengan beberapa fasilitas penunjang seperti permainan anak-anak, penyewaan kano, dan gazebo.

Oleh karena banyak nelayan, ini berarti ada kemungkinan membeli ikan dengan harga terjangkau atau menikmati menu laut di pantai ini. Sementara itu, jika ingin menginap, ada beberapa penginapan yang berada cukup dekat dengan pantai dan yang paling dekat adalah Wisma Kampoeng Pulau Drini. Ada juga aula atau pendopo yang digunakan untuk bermalam.

Harga Tiket Masuk Pantai Drini : Pengunjung yang ingin berlibur ke pantai ini cukup membayar sebesar Rp 10.000 yang sudah termasuk biaya masuk ke pantai-pantai terdekat dengan pantai ini. Adapun biaya parkir Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Rute & Maps Pantai Drini

Jarak pantai ini dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 60 kilometer dan membutuhkan durasi perjalanan kurang lebih 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Sebenarnya ada beberapa rute untuk bisa sampai ke pantai ini, namun disini penulis akan memilih rute yang terdekat dan termudah melalui Imogiri-Panggang-Jl. Pantai Selatan Jawa.

Dari Yogyakarta, lanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Imogiri dan berlanjut ke Panggang. Terus ikuti saja jalan Panggang- Wonosari dan bersambung ke jalan Pantai Selatan Jawa, ketika melewati pertigaan Pantai Baron terus saja mengikuti Jalan Pantai Selatan hingga menemukan pertigaan. Belok ke kanan ke Jalan Drini Tim dan lokasi pantai sudah sangat dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *