Pantai Gatra, Malang Selatan – Pantai Menawan, Bersih & Menenangkan

Pantai Gatra. Teruntuk traveler yang doyan pantai, Malang menyimpan lebih dari 100 pantai indah yang siap dijelajahi. Meluncurlah segera ke Malang Selatan, pilih pantai yang Anda suka atau kalau bingung, kunjungi saja Pantai Gatra. Catat alamatnya : Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Gatra adalah satu diantara pantai yang ada di area Clungup Mangrove Conservation. Wilayah konservasi ini juga mencakup sejumlah pantai terbaik di Malang, seperti Pantai Teluk Asmoro, Pantai 3 Warna, Pantai Clungup dan beberapa pantai lainnya. Khusus Pantai Tiga Warna, ada sistem reservasi jika ingin menikmatinya.

Pantai Gatra sendiri adalah sudut pesisir selatan yang menawan. Komposisi alamnya diwarnai pulau karang berselimut hijau dilepas pantainya. Oleh karena itu, ombak yang menyapa hamparan pasir putihnya cukup bersahabat. Pantai ini merupakan tempat ideal bagi mereka yang ingin berlama-lama di wilayah konservasi Clungup.

Pantai Gatra Malang
sumber : @sullifant

Aktivitas Wisata di Pantai Gatra

Rencana kunjungan ke Clungup Mangrove Conservation musti dibekali dengan energi wisata berlebih. Pasalnya, banyak pantai yang tersebar diarea ini, sehingga bisa dipastikan banyak aktivitas yang akan menyibukkan Anda. Adapun Pantai Gatra sejauh ini dipilih sebagai tempat bersantai dan berkemah.

Segala bentuk aktivitas pantai, umumnya bisa dilakukan di pantai ini. Bermain pasir, mencoba lebih dekat dengan air atau menyusuri pantai mencari spot-spot terbaik untuk diabadikan. Menariknya, pantai ini juga memungkinkan pengunjungnya untuk bermain kano dengan membayar 25 ribu + pelampungnya.

Bagaimana dengan snorkeling? untuk aktivitas ini tempat terbaiknya adalah di Pantai Tiga Warna. Hanya saja diperlukan reservasi minimal 1 bulan sebelumnya untuk bisa menikmati, itu pun durasi dibatasi hanya 2 jam saja. Ide terbaik adalah melebar ke Pantai Clungup dan menikmati ketenangan suasananya.

Gunakan sepenuh energi untuk menjelajahi pantai-pantai di area konservasi ini. Bertahanlah hingga sore hari tiba, kembali ke Pantai Gatra, bersantai sambil menunggu datangnya keindahan senja. Jangan lupa, dirikanlah tenda di camping ground yang tersedia. Pastikan untuk membawa bekal secukupnya.

Pantai Gatra
sumber : www.wisatamalangku.com

Fasilitas Wisata di Pantai Gatra

Karena menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation, Pantai Gatra dipastikan bersih dari potensi sampah. Jadi tidak ada fasilitas seperti warung di sekitar pantai. Beberapa penjual, mungkin bisa didapati di area ruas jalan utama sebelum memasuki wilayah konservasi, termasuk beberapa homestay.

Untuk diketahui, meski tidak seketat di Pantai Tiga Warna, pihak pengelola sangat menekankan kebersihan. Sebelum masuk pantai akan dicek semua barang bawaan yang berpotensi menyisakan sampah. Semuanya dihitung, agar ketika pulang bisa dicek lagi untuk disesuaikan. Intinya dilarang buang sampah disini!

Jika tertarik untuk camping, pastikan mendirikan tenda di area yang telah disediakan dan jangan melebihi pembatas yang ada. Jika tidak membawa peralatan tenda, di pos penjagaan ada persewaan peralatannya namun dalam jumlah terbatas. Ada juga persewaan peralatan untuk berkano di pantai ini.


Harga Tiket Masuk Pantai Gatra

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000
Persewaan Kano Rp 25.000
Persewaan Tenda
Pemandu Wisata Rp 50.000 – Rp 100.000
Parkir Rp 5.000 – Rp 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi & Rute Pantai Gatra

Pintu masuk pantai ini adalah pintu masuk Pantai Clungup. Sehingga rute kedua pantai ini dari Malang sama saja, berjarak sekitar 72 kilometer dari pusat Kota Malang. Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan kearah selatan menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Malang, lakukan perjalanan ke arah turen hingga bertemu papan petunjuk arah pantai di sebuah pertigaan. Gunakan rute Pantai Sendangbiru yang ke arah kiri. Berjalan terus hingga menemukan papan petunjuk jalan ke Pantai Clungup. Ikuti petunjuk sampai di desa tempat kantor Clungup Mangrove Conservation.

Rute alternatif juga bisa melalui Pantai Balekambang. Dari Kota Malang ke Gondanglegi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bantur hingga sampai di perempatan sebelum masuk Balekambang. Belok kiri, ikuti terus Jalan Lintas Selatan tersebut hingga sampai di depan Clungup Mangrove Conservation.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *