• sumber : liburmulu.com

Pantai Glagah, Yogyakarta – Primadona Wisata di Kulon Progo

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Glagah. Selain Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo juga turut memperkaya Jogja sebagai destinasi wisata pantai, disamping budaya dan kesejarahannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa Kulon Progo sering terlupakan oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan durasi wisata mereka di kikis habis oleh pesona kabupaten lain yang ada di DIY. Tapi tahukah Anda? disini ada pantai molek dan kaya akan spot menarik, Pantai Glagah namanya. Cobalah datang ke Glagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Pantai Glagah bisa disebut sebagai primadona wisata di Kulon Progo. Keunikan pantai ini terutama melalui keberadaan laguna dan tetrapod, yakni pemecah ombak di sisi kanan dan kiri dermaga. Adanya tetrapod juga mengisyaratkan ombaknya yang besar sebagai ciri khas gelombang air Samudera Indonesia. Ketika bulan baru, ombak yang ganas bergulung-gulung hebat untuk kemudian pecah menghantam tetrapod, buih-buihnya berhamburan menciptakan hujan dadakan yang berair asin.

Laguna di Pantai Glagah sendiri sangatlah luas dan indah sebagai tempat ideal untuk bermain lebih dekat dengan air. Lokasinya yang jauh dari karakter keras pantainya di tambah dengan banyaknya opsi aktivitas, sehingga para wisatawan lebih banyak menghabiskan waktu mereka di tempat ini. Laguna sendiri adalah cekungan air mirip danau berair tenang yang tidak semua pantai memilikinya.

Pesisir pantai Glagah di dominasi oleh hamparan pasir besi yang luas sehingga memungkinkan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan diatasnya. Disamping itu kawasan pantai ini juga termasuk perkebunan buah naga. Secara keseluruhan, pantai glagah adalah pantai yang kaya dan indah, terlebih disaat-saat matahari mulai tenggelam. Suasana senja benar-benar mengagumkan dan sangat layak untuk diabadikan.

Aktivitas di Pantai Glagah

Wisata di Pantai Glagah adalah liburan bagi siapa saja, termasuk jika liburan kali ini adalah sebuah wisata keluarga. Sebagian besar orang mungkin akan langsung menuju ke tetrapod untuk melihat laut lebih dekat. Jika Pembaca datang di bulan baru atau ketika laut sedang pasang, bisa merasakan sensasi tak terlupakan dihujani oleh air laut hasil dari pemecah ombak yang ada.

Hanya saja, jangan sekali-kali punya ide berenang di pantai ini. Ombak yang ada termasuk karakter ombak balik yang mampu menarik apa saja ke laut yang berarti sangat bahaya untuk berenang. Sejauh ini Laguna tetap menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu di Pantai Glagah. Sangat jauh dari citra ganas pantainya, laguna menawarkan suasana tenang dan nyaman sebagai tempat bermain dari segala usia.

Laguna Pantai Glagah sangatlah luas dan indah. Menawarkan beragam wahana tirta yang beragam, termasuk perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa digunakan untuk mengarungi laguna. Apa saja yang disajikan sangat cocok bagi siapa saja, tidak terkecuali untuk anak-anak. Memancing adalah aktivitas lain yang juga cukup digemari, jika Anda menyukai hal itu, jangan lupa untuk mencobanya.

Area wisata lain yang juga diminati adalah di hamparan pasir besi yang luas. Disana, siapa saja bisa menikmati petualangan berbeda dengan menaiki motorcross atau ATV yang tersedia. Apabila energi wisata kali ini mencukupi, bisa juga pergi ke perkebunan buah naga, semangka dan melon yang ada di kawasan Pantai Glagah. Bersama petani, setiap pengunjung bisa ikut memanen aneka buah-buahan untuk oleh-oleh.

Tiket & Fasilitas di Pantai Glagah

Sebagai salah satu ikon wisata di Kabupaten Kulon Progo, Pantai Glagah menawarkan beragam fasilitas yang memadai. Seperti yang telah disebutkan di halaman Aktivitas, di Laguna dilengkapi dengan beragam jenis perahu serta ada juga fasilitas Motorcross dan ATV untuk berkeliling di hamparan pasir pantai.

Fasilitas lain termasuk area parkir yang luas, tempat ibadah, tempat istirahat, toilet atau kamar mandi dan beberapa rumah makan yang menyediakan menu laut. Jika ingin menginap ada sejumlah penginapan atau hotel di dekat pantai ini. Disini juga memungkinkan jika Anda ingin bermalam dengan mendirikan tenda.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah : Setiap pengunjung bisa menikmati wisata di pantai ini dengan biaya masuk yang sangat murah. Berikut ini adalah rincian harga tiket masuk beserta fasilitas yang tersedia :

Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 10.000
Parkir Minibus Rp 15.000
Parkir Bus/truk Rp 20.000
Perahu Bebek Rp 20.000
Perahu Wisata Dewasa/Anak Rp 5.000
Perahu Wisata (Max 14 orang) Rp 80.000
Rute & Maps Pantai Glagah

Wisata pantai ini bisa dicapai dengan mudah dari Yogyakarta dengan perjalanan berkendara sejauh kurang lebih 50 kilometer atau 1,5 jam. Dari Jogja, lanjutkan perjalanan menuju Wates melalui Jalan Raya Wates. Selanjutnya, ambil jalur utama ke arah Purworejo untuk menuju Desa Glagah hingga ke lokasi pantai. Jika sudah memasuki Kota Wates ikuti saja petunjuk jalan ke Pantai Glagah. Untuk mempermudah, berikut ini adalah peta rute Pantai Glagah dari Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *