• sumber : iqbalazhari.com

Pantai Goa Cina, Malang – Dari Kisah Pertapa hingga Fenomena Langka

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Goa Cina adalah satu dari sekian wisata pantai populer yang ada di Malang Raya. Pantai yang dulunya bernama Pantai Rowo Indah ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Seperti umumnya pantai Malang yang seluruhnya berada di garis pantai selatan, pantai Goa Cina identik dengan ombak yang lumayan besar. Panorama alam yang khas menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Semakin indah dengan keberadaan tiga pulau di tengah pantai, Pulau Bantengan, Pulau Goa China dan Pulau Nyonya.

Pantai Goa Cina adalah pantai yang asri. Berbagai macam pepohonan termasuk pohon tutup, cembirit, ketapang berjajar rapi dan semakin mempercantik alam pantai ini. Keberadaan pohon-pohon tersebut sangat ideal dijadikan tempat berteduh, sembari menikmati jernihnya air di bibir pantai.

Salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini adalah keberadaan fenomena alam yang langka. Sering terjadi gelombang bersimpangan tidak karuan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Menariknya, gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.

Karena arus gelombang begitu kuat, sehingga menimbulkan suara yang bergemuruh. Bahkan dikarenakan ombak yang begitu besar, tidak ada pelayan yang berani bersandar di Goa Cina. Sejauh ini, pantai ini hanya menjadi jalur lalu lintas nelayan yang menuju ke Pantai Sendang Biru.

Sejarah Pantai Goa Cina

Seperti yang telah disebutkan diatas, pantai ini dulunya dikenal sebagai Pantai Rowo Indah. Pergantian nama pantai ini menjadi Goa China berawal dari peristiwa kematian seorang pertapa China di dalam goa yang ada di kawasan pantai. Goa tersebut terletak 50 meter di sisi kanan dan berada di bukit karang.

Hingga saat ini, tidak ada catatan resmi tentang tahun tragedi kematian tersebut, namun banyak warga disekitar yang menyakini kejadian itu terjadi 20 tahunan yang lalu. Seiring dengan populernya peristiwa itu, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Goa Cina ketimbang Rowo Indah.

Tiket & Fasilitas Pantai Goa Cina

Sebagai salah satu pantai populer di Kabupaten Malang, pantai ini telah dilengkapi beragam fasilitas untuk para wisatawan yang datang. Fasilitas di Pantai Goa Cina meliputi warung makan, musholla, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir yang luas.

Sementara itu, bagi pembaca yang tertarik berkunjung ke pantai ini, Anda bisa menikmati keeksotikannya hanya dengan membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Tiket masuk Rp 5.000, sedangkan biaya parkir untuk roda dua Rp 5.000 dan Rp 7.000 untuk roda empat.

Rute & Maps Pantai Goa Cina

1. Rute Pertama : Kota Malang ke arah Turen. Belok ke arah selatan menuju ke daerah Sumermanjing Wetan. Meneruskan perjalanan ke Pantai Sendang Biru sampai ada pertigaan. Pilih ke arah kanan untuk menuju Pantai Goa Cina. Jalur ini beraspal namun harus naik turun gunung
  2. Rute Kedua : Kota Malang ke Kepanjen. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Pagak, terus hingga ke daerah Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Gondanglegi dan melanjutkan ke Bantur. Dari Bantur, lanjut ke arah Balekambang. Sampai perempatan belok ke kiri menuju Pantai Goa Cina. Jalur ini beraspal, namun jalanan lebih bagus dan lebih direkomendasikan.