Pantai Green Bowl – Salah Satu Pantai Indah Tersembunyi di Ungasan Bali

Bagian selatan Pulau Bali memiliki beragam pantai indah yang wajib dikunjungi. Selain Nusa Dua yang mendunia dan Pecatu yang tersohor namanya, sisi selatan Bali juga mencakup Ungasan yang mengoleksi pantai indah berseri. Tidak jauh dari Pantai Melasti, ada Pantai Green Bowl yang layak dikagumi.

Pantai Bali Cliff atau Bali Cliff Beach adalah nama yang pernah mewakili pantai ini. Nama tersebut merujuk pada hotel bernama Bali Cliff yang pernah berdiri di atas tebing pantai ini. Julukan lainnya adalah hidden beach Ungasan karena termasuk pantai tersembunyi Bali dan belum banyak yang mengetahuinya.

Sementara itu, penamaan Green Bowl Beach berkaitan dengan pemandangan pantai yang jika terlihat dari atas menyerupai mangkok hijau. Apalagi ketika surut, karang-karang yang berlumut sekilas mirip mangkok. Selain itu ada juga mengatakan, nama ini terkait adanya rencana pembangunan hotel bernama Green Bowl.

Pantai Green Bowl Beach Ungasan
credit: unsplash/@align_all

Daya Tarik Green Bowl Beach Bali

Green Bowl Beach Ungasan merupakan pantai asri yang baru populer. Terlihat alami dengan suasana nyaman karena masih sepi kunjungan wisatawan. Sepinya pengunjung lantaran lokasi pantai ini tersembunyi. Selain itu, untuk mengaksesnya pun cukup menguras energi karena harus melewati sekitar 300an anak tangga.

Pantai Green Bowl menghadirkan pemandangan yang pasti menghibur lelahnya siapapun yang bersusah payah mengunjunginya. Meski terbilang sempit, hamparan pasir putih pantai ini sangat menggoda. Cukup landai dengan garis pembatas lautnya yang melengkung indah mirip dengan pinggiran piring ataupun mangkok.

Keindahannya semakin sempurna dengan bentangan laut yang biru kehijauan. Sementara itu, batas alam juga menampilkan perbentengan tebing yang rindang oleh pepohonan. Di atasnya terdapat pura unik karena berlokasi dalam goa. Pura Batu Pageh namanya. Pantai Batu Pageh juga menjadi nama lain dari pantai ini.

Sejauh ini, aktivitas paling populer di Pantai Green Bowl Ungasan adalah surfing atau berselancar. Ombaknya besar dan indah dengan gelombang bawah laut yang kuat sehingga menarik dan menantang bagi para surfer. Kegiatan menarik lainnya adalah bersantai menikmati pemandangan atau sekedar bermain air.

Selebihnya, Green Bowl Beach Bali menawarkan komposisi tebing karang eksotis dengan beberapa goa. Ini menarik, terutama bagi travel photographer yang ingin hunting foto karena banyak spot yang layak diabadikan. Sebagian goa difungsikan untuk kegiatan keagamaan, sebagian yang lain menjadi rumah kawanan kelelawar.

Surfing Pantai Green Bowl Bali
credit: unsplash/@align_all

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Karena lokasinya tersembunyi, tidak ada fasilitas di pantai ini, kecuali beberapa pedagang kerajinan. Pastikan saja membawa perbekalan yang mencukupi sebelum memutuskan turun ke pantai. Dan, pastikan juga menjaga kebersihan pantai ini dengan membawa kembali sampah bekas makanan atau minuman Anda.

Fasilitas wisata berupa toilet dan beberapa warung bisa Anda temukan di sekitar area parkir di atas tebing. Harga tiket masuk Pantai Green Bowl Bali hanya 5.000 rupiah untuk parkir. Jika membutuhkan penginapan, banyak hotel di Ungasan Bali dengan tarif bervariasi. Lihat rekomendasinya melalui tombol berikut ini:

Pantai Green Bowl Beach Bali
credit: unsplash/@align_all

Rute ke Pantai Green Bowl Ungasan

Pantai Green Bowl Bali berada di antara Pantai Melasti Ungasan dan Pantai Pandawa Kutuh atau kurang lebih 10 menit berkendara dari dua pantai tersebut. Secara administratif pantai ini masuk wilayah Banjar Kangin, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lihat Peta Lokasi.

Berjarak sekitar 7 km dari Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK), Green Bowl Ungasan bisa Anda capai dengan 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Atau, sekitar 40 menit dari Kota Denpasar. Ketika menemukan perempatan setelah melewati GWK, beloklah ke kiri jalan.

Lanjutkan perjalanan sekira 3 km hingga menemukan petunjuk yang mengarah ke Pantai Bali Cliff. Ikuti petunjuk tersebut sampai pintu gerbang Hotel Bali Cliff yang sudah tutup. Ikuti jalan utamanya sampai menemukan area parkir depan Pura Batu Pageh yang menempati tepian tebing di atas pantai ini.

Dari lokasi parkir, tersedia dua akses. Yang pertama menuju Pura Batu Pageh, dan yang kedua akses ke Pantai Green Bowl berupa anak tangga. Anda akan menuruni ratusan anak tangga untuk mencapai pantai ini. Turunnya cukup mudah, namun ketika naik benar-benar menguras tenaga. Jadi, siapkan stamina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *