Pantai Iboih – Tujuan Wisata Pantai di Sabang, Cantik Alamnya Luar Dalam

Pantai Ibioh. Di seberang paling utara Sumatera, ada Sabang yang mempesona. Sebuah kota kepulauan molek berseri, surga wisata bahari. Di sinilah Iboih berada, desa di kecamatan Sukakarya yang memiliki pantai indah merona.

Pantai Iboih namanya. Salah satu tujuan wisata utama di Sabang, Aceh. Berlokasi di ujung utara Pulau Weh, pulau terbesar di Kota Sabang. Berkat alam yang memikat, pantai ini menjadi tempat favorit berekreasi dan melepaskan penat.

Sobat punya rencana wisata? berkunjung ke Sabang adalah ide sempurna. Kunjungi Iboih, seperti turis-turis mancanegara yang juga mengunjunginya. Artikel ini bisa menjadi menu pembuka untuk memperkaya pengetahuan Anda, tentangnya.

Pantai Iboih Sabang Aceh
sumber: @iboih_snorkeling_centre

Daya Tarik Pantai Iboih Sabang

Pada dasarnya, pantai yang disebut juga Teupin Layeu ini adalah sebuah pelabuhan. Dari sinilah wisatawan memulai kunjungan ke Pulau Rubiah, tujuan favorit lain di Sabang. Biasanya Pantai Iboih dan Pulau Rubiah dijadikan satu paket wisata.

Meski hanya sebuah pelabuhan, Iboih adalah pantai yang indah. Hamparan pasir pantainya putih bersih terlindungi oleh hijaunya hutan lindung. Sementara perairannya yang dangkal berair jernih menghadirkan gradasi warna biru laut yang khas.

Tidak hanya menawarkan lanskap pemandangan yang damai permai. Iboih juga tentang kemolekan bawah laut yang menakjubkan. Air yang jernih bak kristal itu cukup mengabarkan apa yang ada di dasar perairan dangkal pantai ini.

Apa yang Anda tunggu? segera memasuki kejernihan itu. Tidak perlu dalam menyelam, cukup biarkan pandangan Anda memasuki untuk kemudian takjub pada apa yang tersaji, di dalam. Snorkeling seolah aktivitas wajib di pantai ini.

Nikmatilah bercengkerama dengan ikan-ikan hias yang berenang dan bersembunyi di balik karang. Jika terlanjur betah, bisa juga lanjut menyelam di Pulau Rubiah. Mencoba menghayati keragaman hayati lebih dalam, puas dimanja keindahan.

Karena letak geografisnya, Pantai Iboih kurang ideal untuk menikmati matahari terbenam. Kebalikannya, gradasi warna pagi lebih menunjukkan citarasa alamnya. Setidaknya pada pukul 06.00 pagi, nikmatilah sunrise cantik di pantai ini.

Saran terbaik beraktivitas wisata di Pantai Iboih memang di pagi hari, termasuk snorkeling. Jika tidak bisa berenang, namun tetap ingin melihat keindahan bawah laut, bisa naik perahu dengan kaca di bawahnya. Harga sekitar IDR 350K/10 org.

Selain aktivitas snorkeling dan diving, jelajah perairan di sekitar dengan menyewa perahu juga menarik. Atau, menjelajahi pantai, menikmati kuliner di dermaga dan bisa juga bersafari di hutan yang berlokasi dekat dengan Taman Laut Rubiah.

Snorkeling di Pantai Iboih Sabang
sumber: @indah_iwp

Fasilitas & Biaya Wisata di Iboih

Sebagai daerah tujuan wisata favorit di Sabang, Desa Iboih menawarkan fasilitas wisata yang beragam. Selain sebagai dermaga dengan aneka transportasi laut, di Iboih banyak tersedia tempat kuliner dan penginapan bergaya bungalow.

Karena daya tarik utama Pantai Iboih terletak di bawah lautnya. Dan, snorkeling dan diving adalah aktivitas utamanya, tidak perlu khawatir jika Anda tidak membawa peralatannya. Ada penyewaan alat snorkeling dan diving di pantai ini.

Di bawah ini adalah daftar perkiraan biaya wisata di Pantai Iboih, kecuali biaya perjalanan dari Banda Aceh ke Sabang. Untuk biaya perjalanan dari Banda Aceh ke Pulau Weh di Sabang, lihat pada bagian rute dan lokasi di bawah daftar ini.

KeteranganHarga
Alat Snorkeling± Rp. 50.000
Diving + Instruktur± Rp. 400.000
Perahu Ke Pulau Rubiah / Paket Wisata
PP Iboih (4 org)± Rp. 150.000
Keliling Pulau Rubiah± Rp. 150.000
One Day Snorkeling Trip± Rp. 750.000
Half Day Snorkeling Trip± Rp. 370.000
Perkiraan Harga Penginapan di Iboih
AC + Kamar Mandi Dalam± Rp. 350.000
Kamar Mandi Dalam + Kipas Angin± Rp. 250.000
Kamar Mandi di Luar± Rp. 150.000
Opsi Penginapan Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Iboih Sabang
sumber : www.pedomanwisata.com

Peta Lokasi & Rute ke Pantai Iboih

Dari Banda Aceh, sobat bisa menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Di sana terdapat dua opsi transportasi laut ke Pulau Weh di Sabang, feri atau speedboat. Dengan tarif sekitar Rp 50.000 dan durasi kira-kira 45 menit, speedboat beroperasi 2x sehari.

Sementara itu, jika memilih menggunakan kapal feri biayanya lebih murah, yakni Rp 20.000. Namun, durasi perjalanan mencapai 2 jam. Sesampainya di Pulau Weh, Anda bisa naik angkutan umum ke Desa Iboih, kira-kira 40 menit perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *