• sumber : paketwisatajogjaku.com

Pantai Indrayanti, Yogyakarta – Salah satu yang Terbersih & Populer

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0
Durasi baca : 4 menit

Pantai Indrayanti. Mungkin benar apabila dikatakan rencana berwisata ke Yogyakarta sudah tertanam sejak dini dan menjadi keinginan banyak orang. Sebagai salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia, Yogyakarta memang istimewa dalam banyak hal, tidak terkecuali alam pantainya. Jika saat ini, Pembaca berada di Jogja, pastikan ada waktu untuk berkunjung ke Pantai Pulang Sawal (Pulsa) atau Pantai Indrayanti yang ada di Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Terkait dengan namanya, sejauh ini Pemkab Gunung Kidul menegaskan bahwa nama pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal dan bukan Pantai Indrayanti. Masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Indrayanti melalui papan nama sebuah kafe atau restoran di pantai tersebut. Namun begitulah, hingga saat ini nama Indrayanti sudah demikian melekat, meskipun pemerintah menamainya dengan Pantai Pulang Syawal.

Meski populer dan banyak dikunjungi, Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai terbersih. Semua pihak yang terkait, termasuk pihak swasta turut memberi dampak positif bagi pantai ini. Demi kebersihan pantai, pengelola tidak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp 10.000 untuk setiap sampah yang dibuang sembarangan. Dari sini, semakin terbukti bahwa pantai ini memang sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang berwisata ke Jogja.

Perihal keindahan pantai ini, ada yang menyebutkan bahwa disinilah kita bisa menikmati suasana pantai Bali di Jogja. Ungkapan tersebut memang tidak berlebihan mengingat apa yang disajikan. Tidak seperti Pantai Parangtritis yang berpasir lebih gelap, Indrayanti menghadirkan hamparan pasir putih lembut nan bersih. Meski garis pantainya tergolong pendek hanya 250 meter, komposisi alamnya benar-benar memikat, termasuk tebing-tebing karang dan jernihnya air laut.

Aktivitas di Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai yang benar-benar bisa menyibukkan setiap pengunjungnya. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini seiring dengan semakin lengkapnya fasilitas penunjang. Salah satunya adalah bermain jet sky yang bisa disewa untuk memperkaya pengalaman wisata Anda.

Jangan lupa untuk melebarkan penjelajahan hingga Anda bisa benar-benar detail menghayati setiap bagian keindahan pantai ini, termasuk naik ke bukit karang. Dari bukit tersebut, sejauh mata memandang hanyalah keeksotikan lanskap pantai yang layak dikagumi. Bukanlah ide buruk untuk mengabadikan keberadaan Anda dengan latar belakang yang paling Anda sukai.

Bermain air dan bermanja di hamparan pasir putih adalah aktivitas yang disukai sebagian besar pengunjung. Selain itu, bisa juga bermalas-malasan sambil berteduh di bawah payung-payung yang tersedia. Setelah puas bergembira, tuntaskan wisata kali ini dengan mencicipi beragam kuliner laut yang dari cafe atau warung-warung yang ada.

Fasilitas di Pantai Indrayanti

Pantai ini termasuk pantai yang cepat populer. Meski masih terbilang sebagai pantai baru, pantai Indrayanti telah dilengkapi dengan banyak fasilitas. Jadi jangan khawatir tidak terpenuhi kebutuhan Anda. Banyak tersedia warung-warung penjual makanan, termasuk cafe atau restauran yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini.

Fasilitas lain termasuk kamar mandi, lahan parkir yang luas, tempat ibadah dan beberapa fasilitas penunjang seperti toko sovenir, gazebo, payung pantai, tidak terkecuali persewaan jey sky untuk menunjang kenyamanan liburan para pengunjung. Selain itu, banyak tersedia penginapan murah disekitaran pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti : Umumnya, biaya tiket masuk pantai adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan tarif parkir adalah Rp 4.000 untuk roda dua dan Rp 15.000 untuk roda empat.

Rute & Maps Pantai Indrayanti

Dari Yogyakarta, pantai ini berjarak kurang lebih 65 kilometer dengan perkiraan perjalanan 1, 5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari pusat kota Jogja, lanjutkan perjalanan Anda ke Wonosari. Dari Kota Wonosari, lanjutkan ke arah selatan yaitu arah ke Pantai Baron hingga sampai di pertigaan besar di Desa Mulo.

Apabila ingin masuk melalui Pintu Timur, dari pertigaan Desa Mulo, belok ke kiri ke arah Tepus atau Jepitu. Ketika sampai di pertigaan Desa Tepus, belok ke kanan ke Pantai Indrayanti.

Sementara itu, bisa juga masuk lewat pintu barat, dari pertigaan Desa Mulo lurus saja ke arah Pantai Baron. Setelah melalui pos retribusi temukanlah pertigaan, belok ke kiri dan secara berturut-turut Anda akan melewati Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak hingga akhirnya tiba di Pantai Indrayanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *