• sumber : https://www.instagram.com/p/BN76PGxBQGY/?taken-by=story_ofmylens

Pantai Jelangkung, Malang – Seram Namanya, Indah Pantainya

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Jelangkung (Jolangkung). Kabupaten Malang benar-benar menjadi salah satu daerah di Indonesia yang telah di anugerahi keindahan. Selain pegunungan, Malang juga menyimpan puluhan pantai yang tersebar di bagian selatannya. Salah satu pantai yang layak Anda kunjungi adalah Pantai Jelangkung yang berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Uniknya penamaan pantai ini seolah mengabarkan kekhasan citarasa dari keindahannya. Tentu ini bukan tentang sesuatu yang mistis oleh karena namanya Jelangkung yang lebih diasosiasikan dengan legenda makhluk halus. Perlu diketahui, nama pantai ini sebenarnya adalah Jolangkung yang berarti Ojo Liwat atau dalam Bahasa Indonesia berarti Jangan Melintas.

Perihal penamaannya, berkaitan dengan masa lalu pantai ini yang terkenal dengan ombak yang sangat besar. Saking besarnya ombak sampai meluber ke jalan raya. Apabila sedang pasang, siapapun dilarang melintas di jalan agar terhindar dari kemungkinan tergulung ombak. Untuk mengabadikan larangan tersebut, dinamakanlah pantai ini dengan Jolangkung yang kemudian terjadi pergeseran kata menjadi Jelangkung.

Pantai Jelangkung adalah pantai yang indah, bahkan rona keeksotikan alam pantainya begitu jelas terlihat dari Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang. Sekilas, jika Pembaca baru pertama kali ke Pantai Malang, Anda akan mengira bahwa ini bukan di Malang, bukan pula di Indonesia, tapi di luar negeri.

Komposisi alam pantainya benar-benar sempurna. Sebelum sampai, dari kejauhan terlihat pantai ini dibentengi oleh hijaunya perbukitan di sisi kanan dan kiri, sementara setiap pandangan tetap bisa menikmati laut yang membiru. Dari kejauhan juga, deburan ombak terlihat besar dan meninggi, namun ketika jarak semakin dekat, Anda akan melihat ombak yang mengalun dengan tenangnya.

Adalah karang yang rebahan berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai yang membuat semua itu terjadi. Dengan ketinggian hanya 50 sentimeter, karang tersebut memanjang hingga 300 meter. Karang inilah yang selalu setia menahan derasnya ombak yang datang. Inilah kekhasan pantai ini, semakin cantik ketika pertahanan karang menimbulkan muncratan air yang melingkar pelan.

Aktivitas di Pantai Jelangkung

Seperti kebanyakan aktivitas di pantai yang lain, jelajah sembari mengagumi pesona alam adalah kegiatan yang menyenangkan di pantai ini. Berjalan pelan dipasirnya dan menghayati setiap detail bagiannya. Bisa juga pergi ke atas bukit untuk melihat lanskap pemandangan dari atas ketinggian.

Mengingat Pantai Jolangkung hadir dengan karakteristik ombak yang besar dan berbahaya, berenang bukanlah aktivitas yang disarankan. Adalah sesuatu yang artistik, jika Anda mencoba mengabadikan keberadaan dengan latar belakang bebatuan karang di saat ombak datang menghantam.

Jika terlanjur terpikat, Pembaca bisa mendirikan tenda untuk lebih total mengagumi pantai ini. Hanya saja perlu hati-hati dengan ombak yang kurang bersahabat. Ada bulan-bulan tertentu, ombak disini benar-benar menggila, jadi sudah semestinya Anda waspada.

Tiket & Fasilitas Pantai Jelangkung

Pantai Jolangkung adalah salah satu pantai di Malang Selatan yang baru saja dibuka. Sehingga fasilitas belum sepenuhnya memadai, namun telah ada warung penjual makanan dan minuman serta telah tersedia area parkir yang lumayan luas.

Sejauh ini tidak ada biaya untuk bisa menikmati liburan di pantai ini. Apabila ada, mungkin hanya biaya parkir. Hal ini bisa saja tidak berlangsung lama, karena seiring banyaknya orang yang mengetahui, kedepannya mungkin akan ada dikenakan tiket masuk. Namun tenang saja, rata-rata harga tiket masuk di Pantai Malang Selatan hanya berkisar Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Rute & Maps Pantai Jelangkung

Mengingat letaknya sangat dekat dengan Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang, akses ke pantai ini sangatlah mudah. Bahkan dari pinggir jalan raya tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati lanskap pemandangan pantainya. Menariknya pantai ini bersebelahan dengan Pantai Parangdowo, jadi Anda bisa sekalian menjelajahi keduanya.

Jika berangkat dari Kota Malang, langsung saja mengambil rute ke arah Pantai Sendangbiru. Kemudian belok ke barat hingga sampai di Desa Gajahrejo. Tenang saja banyak papan penunjuk jalan ke pantai-pantai yang ada di sekitaran JLS.

Pilihan lain adalah menggunakan rute ke Pantai Balekambang melalui Gondanglegi atau Kepanjen. Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Bantur, menuju Balekambang. Sebelum Pantai Balekambang, ada perempatan. Belok kiri melalui JLS untuk menuju ke Pantai Jolangkung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *