Pantai Jembatan Panjang, Malang – Cantik Panoramanya, Tenang Lautnya

Pantai Jembatan Panjang. Satu lagi, pantai yang menjadi tetangga bagi Pantai Balekambang di Malang Selatan, yakni Pantai Jembatan Panjang. Tidak hanya bersebelahan, keduanya sama-sama memiliki jembatan yang menghubungkan ke sebuah pulau di lepas pantainya.

Jembatan Panjang menawarkan pesona keindahan pantai yang tidak jauh berbeda dengan Balekambang. Bedanya, pantai ini cenderung lebih tenang dan sepi. Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Adalah ide bagus jika kedua pantai ini dijadikan satu paket wisata. Ketika ke Balekambang, pengunjung bisa langsung ke arah barat Pulau Wisanggeni yang ada di Pantai Balekambang. Meski dikatakan identik, Pantai Jembatan Panjang cukup menawarkan citarasa alam tersendiri.

Pantai Jembatan Panjang Malang
sumber : terseram.com

Selain hamparan pasir putih yang luas, pantai ini lebih asri, bersih dan menghadirkan suasana menenangkan ketimbang tetangganya yang terlalu populer. Ombaknya tidak terlalu ganas karena terhalang oleh pulau di lepas pantainya. Satu lagi yang menjadikan pantai ini menarik adalah jembatannya.

Konon jembatan di pantai ini sudah sering kali diperbaiki dan setiap kali selesai, beberapa hari kemudian rusak lagi. Selalu begitu. Karena telah berulang kali diperbaiki namun sia-sia, akhirnya berkembang banyak pendapat yang mewarnai kejadian tersebut.

Ada yang bilang dan menjadi salah satu cerita populer di masyarakat adalah tentang tidak direstuinya jembatan penghubung tersebut oleh makhluk ghaib penunggu pulau. Ada juga yang mengatakan bahwa pulau itu telah dijadikan tempat pertapaan sejak puluhan tahun yang lalu.

Menariknya, mitos-mitos yang berkembang tidak menyurutkan wisatawan untuk datang. Bahkan, jembatan tersebutlah yang menjadi ikon sekaligus menjadi awal dari penamaan pantai ini. Seolah menjadi magnet yang membuat setiap penggila wisata untuk selalu datang dan mengaguminya.


Aktivitas di Pantai Jembatan Panjang

Ketika berlibur ke Pantai Balekambang, lebarkan penjelajahan ke pantai ini. Jika air sedang surut, Anda bisa saja menyeberang di bawah jembatan yang menghubungkan Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismoyo sebagai tempat Pura Amarta Jati di Balekambang.

Pantai Jembatan Panjang
sumber : @rifkydoglekk

Nikmatilah nuansa ketenangan di sana sambil tak henti-hentinya bersyukur akan nikmat Tuhan melalui keindahan alam kreasi-Nya. Beruntunglah, jika datang ke Pantai Jembatan Panjang di saat air tidak begitu meluap. Memasuki air dan mulai bermain sedemikian rupa.

Untuk memaksimalkan wisata, saran terbaik adalah datang di saat malam menjelang pagi. Menginap atau mendirikan tenda di Pantai Balekambang sembari menunggu menjadi yang pertama melihat kemolekan pantai di pagi yang masih ranum.

Ketika air perlahan surut, menyeberanglah ke Jembatan Panjang dan bermanjalah di putih bersih pasir pantainya. Menjelajah, mengagumi dan menghayati keberadaan jembatannya hingga puas dan kembali ke gegap gempitanya popularitas Balekambang.


Fasilitas di Pantai Jembatan Panjang

Sebagai pantai yang belum banyak dikunjungi karena mungkin tertutupi oleh popularitas pantai tetangganya. Pantai Jembatan Panjang, sejauh ini masih belum menyediakan fasilitas yang memadai.

Anda bisa saja bolak-balik pergi ke Pantai Balekambang yang memang memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan. Mulai dari beragam Penginapan, Mushola, Warung Makanan dan Pakaian, Kamar Mandi hingga fasilitas permainan.


Harga Tiket Masuk: Jika Pembaca lebih fokus ke pantai ini dan memilih melalui pintu masuknya, biasanya ada biaya Rp 5.000. Itupun kalau sore sudah jarang ada yang jaga.

Jika melalui Balekambang, Anda cukup membayar biaya masuk ke Balekambang. Dulu ketika berkunjung ke pantai ini, kedua pantai saya jadikan satu paket, jadi hanya membayar di pantai pertama saja.


Lokasi & Rute Pantai Jembatan Panjang

Dari Kota Malang, pantai ini berjarak kurang lebih 60 km ke arah selatan dengan durasi perjalanan berkisar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Malang lanjutkan perjalanan ke Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen.

Jika sampai di Gondanglegi, teruskan ke wilayah Bantur. Sedangkan jika memilih jalur Kepanjen, teruskan ke daerah Pagak dan berlanjut ke Bantur. Dari Bantur, kemudian berlanjut ke Pantai Balekambang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *