• sumber : https://iewenkphotos.files.wordpress.com/2015/09/dsc01668-copy.jpg

Pantai Jogan, Yogyakarta – Perpaduan Alam Pantai dan Air Terjun

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Jogan. Bagi penggila wisata pantai yang saat ini sedang berada atau baru berencana liburan ke Yogyakarta, sepertinya wajib eksplorasi kemolekan alam Gunungkidul. Disinilah tempat berjajar pantai-pantai indah yang turut andil menjadikan Yogyakarta sebagai primadona pariwisata Indonesia. Sebagai misal adalah Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Baron yang hadir dengan kekhasan tersendiri. Selain itu ada juga pantai unik yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai-pantai tersebut. Adalah Pantai Jogan yang berada di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jogan adalah pantai molek yang menghadirkan kombinasi alam pantai dengan air terjun. Sebuah perpaduan apik yang layak menguras banyak ketakjuban para pengunjungnya. Keberadaan air terjun, menjadikan pantai ini bak peraduan, tempat bertemunya aliran sungai dengan air laut. Menariknya, air sungai jatuh langsung dari atas tebing ke bibir laut, sehingga menghadirkan fenomena langka dari sebuah pantai. Pantai ini terletak sangat dekat dengan Pantai Siung yang populer sebagai tempat panjat tebing karang.

Tentu, air terjun hanyalah salah satu menu yang tersaji di pantai ini. Selanjutnya, lanskap pemandangan secara keseluruhan juga menawarkan keeksotikan tersendiri. Perbukitan karst yang berselimut kehijauan, tebing-tebing yang indah, sementara birunya laut tetap setia bersama putihnya riak ombak yang khas dari pantai selatan. Nuansa kegembiraan setiap pengunjungnya semakin didramatisir oleh harmonis suara ombak, gemericik air yang jatuh serta semilir angin yang menenangkan.

Aktivitas di Pantai Jogan

Ketika datang kesini, bukanlah ide yang baik jika hanya memandang keeksotikan yang tersaji dari atas saja. Cobalah untuk turun, meski harus dengan perjuangan yang berani. Ketinggian air terjun ini hanya berkisar 10 meter saja, namun medan yang harus dilalui cukup menegangkan. Sejauh ini tersedia dua cara untuk bisa sampai kebawah. Pertama, dengan cara rappeling yakni menuruni tebing dengan sepenuhnya bergantung pada peralatan. Kedua adalah dengan menuruni tangga kayu yang curam dan licin.

Hanya perlu diketahui, Anda hanya disarankan turun ketika air sedang surut, sebab ketika air laut beranjak pasang bisa berbahaya mengingat ombak yang lumayan besar. Selebihnya, Anda lebih tahu bagaimana cara terbaik untuk berbahagia asal tetap beretika. Pastikan saja tetap bertahan hingga hari mulai senja dan lihatlah betapa warna alam yang menyentuh komposisi pantai ini benar-benar menakjubkan.

Fasilitas di Pantai Jogan

Pantai Jogan memang istimewa, namun bukanlah termasuk pantai populer di kunjungi di Yogyakarta. Keadaan ini juga mengisyaratkan minimnya fasilitas yang tersedia. Lahan parkir tidaklah terlalu luas, ada toilet namun hanya satu buah, sementara hanya ada beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Tidak ada penginapan di pantai ini. Apabila terpaksa harus bermalam harus mendirikan tenda dengan sebelumnya meminta izin kepada penduduk setempat. Tentu, segala keterbatasan fasilitas ini kedepannya bisa saja berubah seiring pengembangan yang mungkin dilakukan pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan : Biaya masuk pantai ini menjadi satu paket dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung yang hanya ditarif sebesar Rp 5.000. Adapun biaya parkir berkisar antara Rp 2.000 – Rp 5.000.

Rute & Maps Pantai Jogan

Mengingat letaknya yang berdekatan dengan Pantai Nglambor, kedua pantai ini memiliki rute yang sama. Dari Kota Jogja berjarak kurang lebih 70 kilometer dengan durasi perjalanan berkisar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Jogja, lanjutkan perjalanan ke Wonosari, Gunung Kidul. Lanjutkan perjalanan ke selatan arah Pantai Baron. Ketika sampai di pertigaan mulo, ambil arah ke Menthel, Cabean, Bintaos hingga ke Tepus dan pertigaan Pule. Belok ke kiri menuju Desa Tepus dengan melewati Puwodadi dan lanjutkan hingga pertigaan Nagun, belok ke kanan dan sampailah Anda di pos retribusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *