Pantai Jonggring Saloko, Malang – Pantai Kahyangan Yang Masih Perawan

Pantai Jonggring Saloko. Pesisir selatan Malang telah dianugerahi puluhan Pantai yang Indah. Salah satunya adalah Jongring Saloko / Saloka. Jika pembaca tertarik menikmati keindahannya, bisa datang ke Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Mungkin tidak berlebihan jika kecantikan pantai ini telah juga diisyaratkan melalui namanya yang diambil dari cerita pewayangan. Jonggring Saloko mewakili nama kahyangan, tempat kediaman Batara Narada yang bijaksana. Jadi, selamat datang di pantai kahyangan dan persiapkan banyak ketakjuban.

Tahukah Anda? Di sinilah tempat terjadinya fenomena alam langka yang diklaim satu-satunya di Indonesia atau bahkan dunia. Adalah Watu Ngebros, sebuah batu karang besar yang memuncratkan air ke angkasa. Fenomena tersebut merupakan hasil pertemuan gelombang air besar dari selatan dan utara.

Kedua gelombang saling bertabrakan di satu titik hingga menimbulkan suara gemuruh begitu keras. Bahkan ketika gelombang air besar, suara gemuruh terdengar hingga radius tujuh kilometer. Menariknya ketika terkena sinar matahari, pecahan air di udara itu memunculkan pelangi.

Tentu! pelangi tidaklah terjadi setiap hari, bergantung pada besarnya arus gelombang dan arah sinar matahari. Selain itu, Jonggring Saloka memiliki hamparan pasir halus kehitam-hitaman, birunya laut serta perbukitan karang. Pesona lainnya termasuk Teluk Menjangan, Gunung Pacar dan Kondang Towo.

Pantai Jonggring Saloka
sumber : @malangterkini

Aktivitas di Pantai Jonggring Saloko

Untuk memaksimalkan liburan, berencana mendirikan tenda adalah ide bagus. Perlu diketahui bahwa Jonggring Saloko adalah pantai yang ranum, pantai perawan, belum juga banyak yang menjamah keeksotikannya. Maka dari itu, siapkan jiwa petualangan Anda.

Suka berenang? Bukanlah ide bagus jika harus nekat bermain air, sementara ombak di pantai ini lumayan besar. Jika pembaca berkeyakinan bahwa pantai yang bagus adalah pantai yang menyediakan area bermain air, Anda bisa pergi ke muara.

Percayalah dan siapkan banyak ketakjuban pada alam. Jelajah pantai adalah aktivitas sempurna, bahkan bisa jadi lupa aktivitas lainnya setelah sadar betapa keeksotikan pantai ini membius Anda. Sempatkan juga mengabadikan kenangan di saat seluruh tubuh dibalut kehitaman pasir pantai ini.


Fasilitas di Pantai Jonggring Saloko

Pantai ini sangat tersembunyi, bahkan mungkin sedikit yang tahu keberadaannya. Hal ini memungkinkan minimnya fasilitas yang ada atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika sampai di depan gardu penjualan tiket, Anda akan menyadari hal ini. Jadi, siapkan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan dasar Anda.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Pantai Jonggring Saloka? Pintu gerbang pantai ini tidaklah terawat dan tidak pula dijaga. Artinya tidak diperlukan uang sepeserpun untuk masuk ke pantai ini. Yang perlu dibawa hanyalah bekal dan fisik yang prima. Di sini tidak akan ditemukan warung penjual makanan atau selainnya.

Pantai Jonggring Saloka
sumber : desamentaraman.blogspot.com

Lokasi & Rute Pantai Jonggring Saloka

Pantai ini terletak sekitar 80 kilometer ke selatan dari Kota Malang dan membutuhkan durasi perjalanan kendaraan bermotor berkisar 3 jam. Kurang lebih 10 km sebelum sampai di lokasi, Anda harus berhadapan dengan medan yang cukup ekstrim.

Keadaan tersebut mengharuskan adanya persiapan matang termasuk fisik dan bekal kebutuhan, tidak terkecuali kondisi kendaraan. Sangat tidak disarankan membawa mobil jenis sedan, setidaknya harus dipertimbangkan membawa mobil dobel gardan. Bagi yang ingin membawa kendaraan roda dua, pastikan kondisinya benar-benar prima.

Dalam hal ini rute ideal dari Kota Malang ke Pantai Jonggring Saloko adalah sebagai berikut : Kota Malang ke Kepanjen. Melanjutkan perjalanan ke daerah Pagak kemudian ke Donomulyo hingga akhirnya menuju lokasi. Berikut ini adalah peta petunjuk jalan untuk sampai ke pantai ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *