Pantai Jungwok, Yogyakarta – Tersembunyi, Indah & Ideal Untuk Berkemah

Pantai Jungwok. Bagi pecinta pantai Jogja, Gunungkidul adalah surganya. Pantai Indrayanti, Pantai Nglambor, Pantai Siung dan Pantai Baron adalah beberapa pantai yang terlanjur dikenal banyak orang. Namun diantara sekian pantai yang tersebar, ada pantai tersembunyi yang keindahannya patut dikagumi, Jungwok namanya.

Jungwok merupakan pantai tetangga bagi Pantai Wediombo yang namanya sudah demikian dikenal. Saking dekatnya dari Wediombo, pengunjung hanya perlu berjalan kaki ke arah timur untuk bisa sampai di pantai cantik ini. Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, DIY.

Jungwok adalah pantai perawan yang cukup luas menebar keindahannya. Hamparan pasirnya putih melengkung berhias rimbun hijau perbukitan. Adalah “Watu Topi” yang ikonik sebagai citarasa alam pantai ini. Sebuah batu besar sedikit ke tengah laut yang biasa dinaiki penduduk sekitar untuk memancing ikan.


Aktivitas di Pantai Jungwok

“Gembira” semestinya menjadi rasa yang mengiringi usaha ke pantai ini. Berbekal sedikit energi, menelusur berjalan kaki sembari takjub pada alam yang tersaji. Ketika menginjak pasir putihnya, ambil nafas dalam-dalam, hembuskan seiring rasa syukur memenuhi sisi estetik Anda. Ingatlah Sang Pencipta!

Tentu! mungkin saja sobat sudah punya rencana tersendiri untuk menikmati wisata kali ini. Oleh karena itu lakukan apapun yang memicu kegembiraan, meski tetap harus dalam nuansa yang beretika. Sebagai pantai terpencil, Jungwok kental mitos dan sering ada kejadian aneh diareanya.

Pantai Jungwok Jogja
sumber : @agusprasetyoirawan89

Apapun kegiatannya, jangan lupa menjelajahi setiap sudut pantai ini. Ketahuilah, Jungwok juga memiliki aliran sungai air tawar yang membelah bibir pantai menjadi tiga bagian. Lebih dekat dengan air, bermain atau bersantai di hamparan pasir adalah aktivitas yang tidak menunggu dipinta.

Hanya saja jika suka bermain air, pastikan tetap waspada karena ombak pantai selatan terkadang datang tak terduga. Apabila terlanjur kerasan, camping adalah ide bagus karena sejauh ini banyak yang melakukannya. Jika tertarik, sobat perlu membawa perlengkapan tenda sendiri, termasuk perbekalan.


Fasilitas di Pantai Jungwok

Sebagai pantai yang tersembunyi, pantai ini memiliki fasilitas seadanya. Di sini ada fasilitas toilet dan kamar mandi. Untuk masalah konsumsi, khusus bagi yang berniat berkemah, ada baiknya membawa perbekalan karena belum banyak warung. Menariknya, ada yang jual kayu bakar untuk membuat api unggun.


Harga Tiket Masuk

Biaya tiket masuk ke pantai ini menjadi satu dengan Pantai Wediombo.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 5.000
Parkir Rp. 5.000
Pantai Jungwok
sumber : limakaki.com

Lokasi & Rute Pantai Jungwok

Lokasi pantai ini berada tidak sampai satu kilo sebelah timur Pantai Wediombo atau berada disebelah barat Pantai Greweng. Pergi ke pantai ini sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua saja dengan pertimbangan kondisi jalannya. Cenderung terjal dan licin, terlebih sehabis hujan.

Jika menggunakan angkutan umum, bisa melalui terminal Giwangan dan naik angkutan juran Wonosari, lalu ambil arah Jepitu. Setelahnya, sobat bisa naik ojek dengan ongkos yang sekitar Rp 40.000. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Jogja dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam.

Dari Yogyakarta, Anda akan melewati Jl. Bausasran sampai di SMA N 8 Yogyakarta – PLN Yogyakarta. Pastikan untuk mengikuti Jl. Nasional III dan Jl. Yaogyakarta – Wonosari – Jl. Kiyai Legi – Jl. Pantai Selatan dan Jl. Wediombo hingga tiba di lokasi pantai. Selamat berwisata!


Pantai Jungwok di Mata Mereka
Rendy Rian
Rendy Rian
23:14 04 Jul 19

Pantai Jungwok-Salah satu pantai yang memiliki keindahan tersendiri di Gunung Kidul. Pantai ini juga layak sekali buat acara camp karena sampai jam 8 pagi tenda masih diperbolehkan terbangun, berbeda dengan beberapa pantai lainnya kalo sudah jam 6 sudah dipasang penyewaan tikar healah.... Aksesnya m

PITUT KOMALA RATIH
PITUT KOMALA RATIH
15:16 30 Jun 19

Akses kearah pantai Jungwok jalannya blm memadai,msh terjal & berbatu sejauh 1 km..perlu dibenahi utk kedepannya

Andi _Su007
Andi _Su007
12:39 15 Jun 19

Pantai di gunung kidul yang masih terjaga kebersihannya. Bisa untuk camping, tapi bahaya untuk berenang. Jadi kita bisa kenikmati pemandangan yang cukup indah dengan pasir putih dan hembusan angin yang menambah kesyahduan. Banyak warung dan toilet maupun kamar mandi yang berada dekat dengan pantai.

Herlambang Wisnu M
Herlambang Wisnu M
19:14 14 Jun 19

Pantainya bagus dan indah, akses buat kesini yang masih minus dibandingkan dengan tetangganya pantai wedombo karena jalannya masih terjal. Buat yang berlibur kesini bisa nyantai di bibir pantai, atau berenang di tepian karena pantainya juga lumayan luas, atau bisa juga bagi yang hobi camping sama t

Irfan Dwi Rizkianto
Irfan Dwi Rizkianto
10:28 11 Jun 19

Pantai ini cukup bagus. Luas, tidak ramai, tenang dan cocok untuk kegiatan camping. Banyak batu karang dan juga kelomang. Ombak tidak terlalu besar ketika pasang. Saat air laut surut kalian bisa berenang di kolam yang cukup dalam di antara batu karang. Kebersihan pantai cukup buruk. Banyak sampah. S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *