• sumber : facebook.com/KaliApus/

Pantai Kaliapus, Malang – Satu yang Alami di Komplek Pantai Sendiki

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Kaliapus. Para petualang umumnya sangat akrab dengan tempat-tempat asing yang jarang dikunjungi. Gairah wisata mereka kembali bergejolak dan mencoba menjadi satu diantara sedikit orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Tidak terkecuali bagi mereka para petualang pantai yang senantiasa mencari pantai-pantai tersembunyi yang namanya masih jarang diketahui.

Apakah sobat salah satu dari mereka? datanglah ke Malang, niscaya akan Anda temukan puluhan pantai yang belum banyak terjamah wisatawan. Anda bisa memulai dengan membaca Daftar Pantai Tersembunyi di Malang, atau mencoba langsung datang ke Pantai Kaliapus. Satu diantara sekian pantai molek  yang ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pantai Kaliapus dikenal juga dengan nama Pantai Weden Kaliapus, Pantai Pring Apus atau Pantai Bobi. Meski berjarak cukup dekat dengan Pantai Tamban dan Pantai Sendiki, nama Kaliapus tidak banyak diketahui, bahkan oleh masyarakat Malang sendiri. Menariknya, berkunjung ke pantai ini, selain dua pantai diatas, Anda juga bisa melebar ke Pantai Batu dan Pantai Weden Cilik.

Sebagai pantai perawan di Malang, Pantai Kaliapus menjadi pantai yang asri dan alami. Pemandangan eksotis khas Pantai Selatan sangatlah kentara. Hamparan pasir yang lembut serta angin laut yang cukup bersahabat siap memanjakan dengan nuansa yang menenangkan. Tidak hanya itu, hamparan perbukitan yang hijau juga turut menyempurnakan lanskap pemandangannya.

Rute & Maps Pantai Kaliapus

Awalnya, Anda akan menuju Pantai Sendiki. Pantai inilah yang akan menjadi pintu masuk ke Pantai Kaliapus dan beberapa pantai lainnya. Komplek pantai ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Kota Malang dengan durasi perjalanan berkendara sekitar 3 jam. Dari Malang lanjutkan ke Gadang – Bululawang – Kerebet – Turen – Sumbermanjing Wetan.

Perjalanan ini cukup panjang, naik turun gunung dan berkelok-kelok, namun jalan sudah beraspal. Selanjutnya, ikuti petunjuk ke Pantai Tamban karena dari pantai tersebut, Pantai Sendiki hanya berjarak sekitar 2 kilometer dengan akses jalan yang kurang bagus. Selanjutnya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Pantai Kaliapus.

Oleh karena lokasinya yang masih terpencil dan rawan binatang buas, jika ingin ke pantai ini diwajibkan menyewa pemandu wisata dengan biaya sekitar 100-150 ribu rupiah. Usahakan datang jangan terlalu sore karena tour guide tidak akan bersedia. Durasi berkunjung pun dibatasi maksimal 5 jam dan dilarang menginap.

Bagi yang ingin menginap dengan mendirikan tenda, bisa di Pantai Sendiki. Demi keamanan, satu hal yang perlu diperhatikan adalah dilarang menerobos masuk ke pantai ini tanpa pemandu wisata karena akan dikenakan sanksi. Untuk mempermudah perjalanan, berikut ini adalah peta petunjuk jalan ke Pantai Kaliapus :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *