• sumber : @indoflashlightjatimid
  • sumber : www.ahmadharis.com

Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung – Harmoni Antara Karang & Laguna

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Kedung Tumpang. Wahai para petualang, Jawa Timur adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi. Jelajahi alam yang tersaji hingga setidaknya tiba di Tulungagung. Meluncurlah ke pesisir selatan dan pastikan sampai di Kedung Tumpang, sebuah pantai dimana setiap sudutnya diciptakan untuk memanjakan siapapun yang datang.

Karang dan tebing-tebing terjal adalah citarasa, border alam yang menghadapi langsung kerasnya gelombang pantai selatan. Secara periodik guyuran ombak yang membabibuta akhirnya lelah dan surut menyisakan genang air, terciptalah laguna-laguna. Kolam-kolam alami (kedung) tersebut tertata acak tak beraturan, cenderung bersusun (tumpang).

Alam mendesain Pantai Kedung Tumpang sedemikian rupa hingga mewujud eksotisme yang menarik kunjungan para pecinta agar mengagumi keberadaannya. Mereka bergembira untuk kemudian bersyukur diberi kesempatan menjadi bagian dari keindahan. Penulis berharap, pembaca adalah satu diantara mereka. Jadi, datang dan berbahagialah.

Jika tertarik, sobat bisa mengunjungi pantai ini di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sebelum siap untuk berangkat, bekali dulu perjalanan dengan informasi mengenai pantai ini, seperti rute & lokasi, fasilitas, aktivitas, serta harga tiket masuk. Lanjutkan membaca untuk mengetahuinya!


Aktivitas di Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
sumber : www.ahmadharis.com

Setiap traveler selalu memiliki cara unik memperlakukan momen liburan mereka. Namun percayalah, kedung itu kolam dan kolam selalu menarik siapapun untuk terjun kedalam. Oleh karena itu, berenang bisa jadi aktivitas wajib tanpa dipinta. Lakukanlah, sendiri atau bersama-sama sambil menunjukkan siapa yang paling bergembira.

Hanya saja, tetap jadilah traveler budiman yang datang dengan segenap etika, hormati kearifan lokal yang ada. Seperti umumnya pantai di Jawa Timur, Kedung Tumpang juga mengusung mitos. Sesepuh desa setempat melarang pengunjung membawa buah jeruk. Ada keyakinan bahwa buah tersebut mengundang ombak besar, ini berbahaya.

Demi keamanan, perlu juga memperhatikan waktu kedatangan. Waktu terbaik adalah pagi hari ketika air laut sedang surut. Jika terpaksa tiba disaat ombak sedang menggila, bijaklah untuk hanya menikmati panorama yang ada. Bukan hanya berenang, untuk selfie atau berswafoto di sekitar karang juga sangat tidak dianjurkan.

Kegiatan lain yang juga menarik dilakukan adalah melebar dengan melakukan penjelajahan. Temukanlah sudut-sudut terbaik untuk mengabadikan diri. Bagi penggemar lanscape photography, Anda lebih tahu apa yang harus dilakukan jika berhadapan langsung dengan keindahan. Jika terlanjur kerasan, bisa juga berkemah mendirikan tenda.


Fasilitas di Pantai Kedung Tumpang

Kedung Tumpang Tulungagung
sumber : @indoflashlightjatimid

Wisata Pantai Kedung Tumpang termasuk pantai yang masih tersembunyi. Oleh karena belum banyak yang mengetahui tempatnya, fasilitas yang ada pun seadanya. Namun, tenang saja! Jika hanya urusan konsumsi, ada beberapa penjual makanan dan minuman yang tersebar. Sebagian membuka lapak di sekitaran tempat parkir, sebagian lainnya ada di sekitar lahan pertanian.

Harga Tiket Masuk Pantai Kedung Tumpang : Sejauh ini, untuk hari-hari biasa tidak ada petugas yang menjaga pantai ini. Alhasil, pengunjung pun bisa menikmatinya secara gratis. Hal ini berbeda jika sobat berkunjung saat weeked atau hari libur nasional. Ada biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Parkir motor Rp 5.000, dan mobil Rp 15.000.


Rute & Maps Pantai Kedung Tumpang

Lokasi pantai ini agak sulit dijangkau. Meski demikian, perjalanan melelahkan akan diganti pesona keindahan dan kegembiraan. Setidaknya ada dua rute untuk menuju pantai ini, melalui Blitar atau Tulungagung. Jika dari Blitar, pantai ini berjarak sekitar 42 kilometer, sementara dari Tulungagung 34 kilometer. Pilih salah satu bergantung dari mana sobat datang.

Jika dari Tulungagung. Ambil arah ke Terminal Tulungagung kemudian lanjut ke timur melewati kampus IAIN hingga bertemu dengan perempatan lampu merah. Ambil kanan, lurus ikuti jalan utama hingga tiba di desa Jabon, kecamatan Kalidawir. Terus hingga bertemu pertigaan, belok kiri ikuti arah Pantai Molang. Ikuti jalan itu sampai menemukan pos, belok kanan.

Jika masih bingung, jangan sungkan bertanya pada warga setempat. Untuk diketahui, akses ke pantai ini memang terbilang sulit, berliku-liku, naik turun serta harus melalui jalan makadam. Jika melalui Blitar, Anda perlu mengambil rute menuju Kademangan mengikuti Jl Trisula hingga tiba di pertigaan Pasar Puser Sumberdadap, belok kiri mengikuti arah Pantai Molang.

Lokasi Pantai Kedung Tumpang : Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Pucang Laban, Tulungagung, Jawa Timur 66284


  • 2
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *