• sumber : jalanwisata.id

Pantai Klatakan – Pantai Baru nan Asri di Desa Sidoasri

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Klatakan. Umumnya, rasa penasaran seorang petualang akan semakin menjadi-jadi ketika terdengar nama sebuah tempat yang belum dikunjunginya. Hal ini mungkin juga berlaku bagi Anda, sang petualang pantai. Jika benar begitu, asumsi saya, Pantai Klatakan-lah yang membuat Anda tersesat pada artikel ini. Sebuah pantai yang memang jarang terdengar ini terletak di Desa Sidoasri, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Oleh karena letaknya di Desa Sidoasri, Pantai Klatakan menjadi tetangga dekat bagi Pantai Tambak Asri atau Pantai Perawan Sidoasri dan bersebelahan juga dengan Pantai Pancer. Ini berarti juga bahwa harus dipersiapkan energi wisata berlebih jika berminat untuk menjelajah semua pantai yang ada. Meski searah dengan Pantai Pancer, jalan ke pantai ini memiliki medan yang lumayan berat sehingga cukup menuntut perjuangan untuk bisa sampai ke lokasi.

Tentu saja, apapun perjuangan itu benar-benar akan diganti dengan pesona yang tersaji. Jika umumnya Pantai Malang sarat dengan hamparan pasir putih, di Pantai Klatakan pasirnya berwarna kecoklatan namun tetap lembut dan bersahabat untuk berjalan-jalan tanpa alas kaki. Mencoba rebahan dan bermalas-malasan juga merupakan ide bagus. Nikmatilah ketika sejauh mata memandang hanyalah keindahan laut yang berpadu dengan pulau-pulau kecil di seberang pantai.

Sebagai pantai yang masih tersembunyi, nuansa menenangkan cukup terasa. Selain melibatkan gugusan pulau-pulau kecil, komposisi pantai ini juga termasuk lahan persawahan penduduk yang cukup luas di dekatnya. Ada juga kolam air payau dan sungai sepanjang kurang lebih satu kilometer. Sehingga sangat dimungkinkan melebarkan penjelajahan untuk melengkapi pengalaman berpetualang Anda.

Tidak hanya itu, pantai yang di kelola oleh masyarakat Sidoasri dalam pembinaan Dinas Perikanan Kabupaten Malang ini juga menyimpan keindahan bawah laut. Untuk diketahui, Pantai Klatakan juga sebagai tempat konservasi terumbu karang dengan luas kurang lebih dua hektar. Tentunya, ini akan menjadi surga bagi penggila pantai yang doyan dengan aktivitas snorkeling.

Sebagai sebuah wisata baru, Pantai Klatakan cukup mampu memanjakan setiap pengunjungnya. Saat ini di pantai ini juga dilengkapi dengan flying fox sehingga para pengunjung bisa menikmati sensasi meluncur dari ketinggian menggunakan tali. Sementara itu, bagi yang gemar camping, bisa mendirikan tenda di lahan perkemahan yang tersedia.

Rute & Maps Pantai Klatakan

Pantai ini terletak kurang lebih 70 kilometer dari Kota Malang dengan durasi perjalanan 2 jam lebih menggunakan kendaraan bermotor. Oleh karena kondisi jalan mendekati pantai ini cukup ekstrim, sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua saja dan pastikan kondisinya siap untuk melalui jalanan sempit dan terjal.

Awalnya, dari Malang Anda bisa pergi ke selatan ke daerah Turen untuk kemudian mengambil jalur ke Pantai Sendang Biru dengan kondisi jalan beraspal naik turun gunung dan berkelok-kelok. Sesampainya di pertigaan, belok ke kiri menuju desa Sidoasri.

Opsi kedua adalah dari Turen menuju Dampit ke Tirtoyudo kemudian terus ke selatan menuju Desa Sidoasri. Agar lebih mudah, sesampainya di desa tersebut, silahkan tanya penduduk setempat jalan ke Pantai Klatakan. Berikut ini adalah peta petunjuk jalan menuju lokasi :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *