Pantai Klayar, Pacitan – Keindahan Tebing Raksasa & Seruling Samudera

Pantai Klayar. Bagi traveler penyuka pantai, datang ke Pacitan bisa menjadi pilihan menarik untuk dipertimbangkan. Selain dikenal sebagai Kota Seribu Goa dengan Wisata Goa Gong sebagai andalannya, kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini juga dipercantik oleh bentang alam berupa pantai di pesisir selatannya.

Ada Pantai Kasap yang dikatakan mirip Raja Ampat, ada Pantai Banyu Tibo yang memadukan pantai dengan air terjun. Selain kedua pantai tersebut, ada puluhan pantai di Pacitan yang masing-masing menawarkan keunikan tersendiri. Satu diantara yang populer, ada Pantai Klayar dengan pesona yang pasti menakjubkan.

Sebuah pantai yang indah dengan hamparan pasir putih dan batuan karang serta tebing-tebing batu. Lautnya membiru tetap mengusung kerasnya ombak pantai selatan. Di namakan “klayar” karena dulu disini pernah ada sebuah kapal terdampar. Ada juga yang mengatakan Klayar berasal dari “klayar-kluyur” yang berarti jalan-jalan.

Pantai Klayar adalah menu wajib dalam petualangan traveler ke Kabupaten Pacitan. Selain menawarkan panorama alam yang mengagumkan, pantai ini dikenal karena fenomena alamnya yang unik. Disini ada batu karang raksasa menyerupai Sphinx di Mesir serta air mancur yang dapat mengeluarkan bunyi seperti seruling (Seruling Samudra).

Pantai Klayar
sumber : cekajah.com

Aktivitas Wisata di Pantai Klayar

Pantai ini dengan segala yang menjadi bagiannya dipastikan mampu menyibukkan liburan siapa saja. Kegiatan apapun yang umum dilakukan di pantai bisa dilakukan disini, kecuali berenang. Gelombang ombaknya besar yang terkadang datang secara tiba-tiba, sehingga tidak diperkenankan berenang dipantai ini.

Menjelajah adalah aktivitas paling menarik. Pantai ini sangat kaya sudut-sudut molek, temukanlah satu-dua yang terbaik untuk diabadikan, khususnya tebing batu setinggi 9 meteran yang bentuknya mirip sphink. Batu yang dimaksud tidaklah sengaja diadakan, namun alamlah yang membentuknya melalui gempuran ombak terus-menerus.

Jika terlanjur penasaran, bisa juga mencoba lebih dekat dengan “Seruling Samudera”. Disini ada lubang kecil yang menyemburkan air cukup tinggi. Ketika air pasang, semburan air bisa mencapai ketinggian 15 meter. Bersamaan dengan keluarnya air itulah sesekali terdengar bunyi mirip seruling, karena itu dinamakan Seruling Samudera.

Oleh karena letaknya yang tersembunyi dan berbahaya, pengunjung hanya diperkenankan mendekat dengan didampingi oleh pengawas pantai. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah sekitar jam 09.00 pagi dan jam 16.00 sore. Hingga saat ini, fenomena ini turut menjadi daya tarik yang menarik kunjungan banyak wisatawan, termasuk turis mancanegara.

Di Pantai Klayar, traveler juga bisa melihat langsung masyarakat setempat memanjat pohon kelapa guna diambil air derasan (bahan bakunya gula Jawa). Pesan beberapa kelapa muda dari mereka untuk menemani saat-saat bersantai menikmati indahnya pantai. Aktivitas lain yang layak dicoba adalah menyewa ATV dan bergembiralah.

Pantai Klayar Pacitan
sumber : @pantaiklayarpacitan

Fasilitas di Wisata Pantai Klayar

Sebagai salah satu pantai populer di Pacitan, Pantai Klayar telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Selain fasilitas dasar seperti tempat ibadah, warung makanan dan minuman, toilet dan lahan parkir, disekitar pantai ini juga ada beberapa penginapan berupa homestay. Disini juga ada persewaan ATV dan beberapa wahana lainnya.


Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Keterangan Harga
Tiket Masuk Dewasa Rp 10.000
Anak-Anak Rp 5.000
Parkir Sepeda Motor Rp 2.000
Mobil Rp 5.000
Bus / Mini Bus Rp 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Peta Lokasi & Rute Pantai Klayar

Lokasi Pantai Klayar : Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Dari pusat kota Pacitan, wisata pantai Klayar berjarak kurang lebih 45 kilometer. Untuk rute pantai ini, yang dijadikan patokan adalah pertigaan di sekitar masjid besar Punung, cukup dekat dengan Pasar Punung.

Jika dari arah Pacitan silahkan belok kiri (lihat papan petunjuk), jika dari arah Solo atau Yogyakarta silahkan belok ke kanan. Kemudian ikuti saja jalan utama (banyak petunjuk arahnya) hingga sampai di lokasi pantai ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *