• sumber : fb.com/KondangBandung/

Pantai Kondang Bandung, Malang – Surga Bagi Yang Punya Nyali

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Kondang Bandung. Mungkin benar jika dikatakan bahwa yang terindah adalah yang tersembunyi dan dibutuhkan gairah lebih untuk mencapainya. Tentu artikel ini dibuat bukan untuk sajian traveler manja, namun lebih kepada mereka yang begitu antusias untuk menjadi bagian dari sebuah keindahan. Tertarik? atau tertantang? Apapun motivasinya, segera rencanakan perjalanan ke Pantai Kondang Bandung yang ada di Sumber Blimbing, Purwodadi, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Malang memang indah, salah satu wujud keindahannya ada di bagian selatan. Puluhan pantai tersebar dengan masing-masing menawarkan keunikan alam tersendiri, tidak terkecuali Pantai Kondang Bandung. Bahkan bisa jadi selain Pantai Licin, inilah pantai Malang yang paling pintar menjaga keperawanannya. Desain alam yang eksotik berselimut kokohnya hutan jati, memungkinkan perlindungan yang seolah memberi sinyal bahwa pecinta alam sejati saja yang boleh menjamahnya.

Deburan ombak pantai ini masihlah khas dengan gelombang pantai selatan yang cenderung besar, namun begitulah adanya, hampir seluruh bagian pantai ini memang lebih menawarkan nuansa maskulin. Tebing-tebing karang yang cadas menjulang, kokoh bertahan oleh gempuran ombak yang bersikeras. Komposisi warna alam lebih ditekankan, lebih gelap segelap pasir pantainya yang terhampar sepanjang kurang lebih 500 meter.

Pantai Kondang Bandung memiliki permukaan pantai yang unik melalui dominasi pasir besi berwarna hitam kelam, sangat bersih dan cenderung mengkilap menyala-nyala. Hanya saja, mengingat suhunya yang panas, jangan sekali-kali menginjak pasir tersebut dengan kaki telanjang tanpa menggunakan sepatu atau sandal.

Selain menjadi daya tarik tersendiri, keberadaan pasir besi di Kondang Bandung juga mampu memikat sejumlah investor dari luar negeri yang tertarik untuk mengembangkannya. Pada tahun 2012 yang lalu, Jepang melakukan survey yang kemudian mengambil contoh pasir untuk diteliti kandungannya.

Hasilnya diketahui bahwa pasir dipantai ini mengandung mineral opak bercampur dengan butiran non-logam seperti kuarsa, kalsit, feldspar, ampibol, biotit serta tourmaline. Adapun dalam biji pasir besinya terkandung magnetic, titaniferous magnetit, dan hematite. Dari sini, diketahui bahwa pasir di pantai ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan semen.

Rute Pantai Kondang Bandung

Apabila Pembaca tertarik berkunjung ke Pantai Kondang Bandung, persiapkanlah fisik yang prima, perbekalan yang cukup, serta kendaraan bermotor yang ideal untuk medan yang tidak bersahabat. Akses terdekat adalah melalui Donomulyo dengan melintasi hutan jati.

Mobil atau motor harus diparkir di bukit hutan tersebut yang masih lumayan jauh dari lokasi pantai. Selanjutnya, menuruni bukit dengan ketinggian cukup curam yang membuat Anda harus berjalan dengan merambat. Tidak hanya itu, ada juga jalan setapak penuh bebatuan putih yang licin.

Jika menghendaki yang lebih mudah dan aman, bisa memutar dulu dari Donomulyo ke arah Dusun Sumber Blimbing di Desa Purwodadi. Karena jaraknya yang lumayan jauh, rute ini akan memakan waktu lebih lama hingga selisih satu jam lebih. Oleh karena beberapa alasan, meski harus memutar, jalur inilah yang selama ini banyak dipilih para traveler yang ingin ke Pantai Kondang Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *