• sumber : reresepan.com

Pantai Kondang Buntung – Citarasa Sungai Amazon di Malang Selatan

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Kondang Buntung. Menyandang predikat sebagai surga wisata pantai di Jawa Timur, tentunya Malang Selatan bisa dipastikan mampu menampung keserbajenisan traveler penggila pantai. Banyak varian pantai yang memungkinkan siapa pun tetap manja dengan cara mereka. Salah satu diantaranya adalah Pantai Kondang Buntung yang terletak di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Kondang Buntung khas melalui sudut yang dikatakan mirip sungai Amazon di belantara Amerika Selatan. Terlepas dari benar tidaknya kemiripan tersebut, yang pasti sebagai pantai teluk bakau, Kondang Buntung memungkinkan siapapun untuk menjelajah sungai dalam rindangnya hutan bakau. Nuansa ketenangan benar-benar mendominasi, sementara rimbun mangrove tropis melengkapi kesan eksotiknya.

Selain muara sungai yang menjadi andalannya, panorama Pantai Kondang Buntung juga tak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain yang ada di Malang. Pasirnya putih dengan beberapa pulau karang di lepas pantainya. Pulau-pulau tersebut juga sebagai sebab yang menjadikan ombak di pantai ini cukup santun. Sebagai wisata pantai baru, Kondang Buntung masih sarat dengan alam yang asri dan bersih dari sampah.

Aktivitas di Pantai Kondang Buntung

Selamat datang di Pantai Kondang Buntung, sebuah pantai molek dalam kompleks Clungup Mangrove Conservation. Datang dengan energi lebih sangat disarankan, karena kawasan ini mencakup beberapa pantai sekaligus, termasuk Pantai Tiga Warna, Pantai Savanna, Pantai Gatra dan Pantai Clungup. Bersiaplah untuk takjub penuh rasa manja hingga Anda sadar bahwa bahagia itu juga melelahkan.

Berperahu adalah aktivitas wajib. Pilihlah satu diantara perahu yang tersedia setelah sebelumnya membayar Rp 25.000 untuk jasa sewanya. Perlahan tapi pasti, masukilah belantara tanaman mangrove tropis (bakau). Jangan takut, sungai berair jernih nan tenang itu cukup dangkal, sehingga aman ditelusuri. Sembari terus bersahabat dengan semilir angin yang mengiringi perjalanan, lihatlah betapa komposisi mangrove itu mengagumkan.

Jangan lupa untuk mengatur kedatangan lebih awal. Pagi hari atau sebelum matahari teramat terik adalah waktu ideal. Pasalnya, ketika laut surut pada kisaran 14.00 WIB, sungai itu juga surut sehingga sampan tidak bisa berjalan. Jika waktu itu tiba, saatnya untuk menikmati suasana pantainya. Bermalas-malasan di hamparan pasir putihnya, bermain air, atau menjelajah untuk mencari sudut terindah menurut kacamata Anda. Satu lagi, pantai ini juga cocok untuk aktivitas memancing.

Tiket & Fasilitas Pantai Kondang Buntung

Sebagai obyek wisata yang masih baru, di pantai ini belum tersedia fasilitas yang umumnya mudah didapati di pantai-pantai populer Malang. Sejauh ini, fasilitas yang ada hanya berupa penyewaan perahu yang bisa dimanfaatkan untuk menjelajahi sungai di hutan bakau. Selain itu, dipantai ini juga ada jembatan kayu yang membentang melintas sungai selebar 8 meter. Jembatan tersebut memungkinkan Anda untuk menikmati sudut berbeda dari kombinasi sungai dan rimbunnya hutan.

Meskipun begitu, lokasi pantai ini cukup dekat dengan persimpangan tugu ke arah Pantai Sendangbiru. Disanalah bisa dengan mudah ditemukan fasilitas seperti penjual makanan dan minuman, tempat ibadah berupa masjid, hingga ATM BRI. Persimpangan tersebut juga cukup dekat dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), jika Anda berminat untuk membeli ikan segar dengan harga lebih murah.

Harga Tiket Masuk Pantai Kondang Buntung : Untuk menikmati wisata di pantai ini, setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk Rp 10.000 dengan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000.

Rute & Maps Pantai Kondang Buntung

Pantai ini terletak 73 kilometer ke arah selatan dari Kota Malang. Berkendara membutuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan. Meskipun berlokasi dalam kompleks Clungup Mangrove Conservation, namun akses termudah adalah menggunakan rute Pantai Sendangbiru. Akses jalan ke pantai ini sama dengan ke TPI Sendangbiru.

Dari Malang lanjutkan perjalanan ke wilayah Turen dan terus ke Sumbermanjing Wetan. Teruskan perjalanan hingga Sitiarjo dan Sendangbiru (Persimpangan Tugu). Belok ke kanan untuk menuju pantai ini. Berikut ini peta petunjuk menuju lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *