• sumber : https://www.instagram.com/indramon_/

Pantai Kondang Iwak, Malang – Antara Pantai dan Kolam Air Tawar

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Kondang Iwak. Malang Selatan yang keberadaannya berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia (Samudera Hindia) dibatasi dengan border-border pantai yang menawan. Setidaknya hampir mencapai angka 100 pantai yang tersebar di pesisir selatan Malang. Tertarik untuk menjelajahi semuanya? Lihat disini, atau bisa mencoba ke Pantai Kondang Iwak yang berada di Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kondang Iwak adalah pantai yang dikatakan perihal keindahannya tidak kalah dengan Pantai Kuta di Bali. Sayangnya, kurangnya promosi menjadikan pantai ini tidak begitu populer. Disisi lain, ketersembunyian lokasinya juga turut menjaga pesonanya tetap lestari. Bersih dari sampah, sementara rimbunnya hutan turut menyempurnakan dalam kehijauannya.

Pantai ini juga tetap mengusung karakter ombak pantai selatan yang cenderung besar, namun tidak seganas pantai-pantai lain. Terbukti banyak perahu nelayan tanpa mesin berlalu lalang di lepas pantai. Sementara itu, pesisir didominasi hamparan pasir putih yang teramat bersih sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan dibeberapa bagian telah bercampur dengan pasir besi hitam.

Ketika berbicara mengenai sejarahnya, kita bisa merujuk pada sang juru kunci yakni Bapak Jemakir. Beliau berkata, konon pantai ini pertama kali ditemukan oleh Mbah Iman Suwodo pada kisaran tahun 1920. Oleh sang penemu, pantai ini diberi nama Kondang Iwak karena ditepi pantai terdapat kondang atau muara air tawar yang didalamnya dipenuhi dengan beragam jenis ikan tawar.

Melihat potensi yang ada, kini pantai ini mulai diperkenalkan melalui beberapa program, termasuk labuhan yang dikemas dengan beragam festival. Sayangnya, sejauh ini promosi belumlah maksimal karena hanya sebatas pengenalan di wilayah sekitar Donomulyo. Biasanya acara labuhan di pantai ini diselenggarakan setiap tanggal 15 suro, namun pada tiga tahun terakhir acara tersebut digeser setiap bulan juli agar bersamaan dengan hari libur sekolah.

Aktivitas di Pantai Kondang Iwak

Cobalah untuk sepenuhnya menikmati wisata Anda kali ini. Berlarilah sepenuh keringat dihamparan pasirnya yang luas. Sesekali sampaikan salam anggota badan kepada riak ombaknya. Namun tetap waspada, pada titik tertentu ombak besar datang tanpa diduga.

Pastikan durasi liburan ini panjang, sepanjang setiap bagian dari keindahan pemandangannya. Bukanlah pilihan yang buruk ketika Pembaca mencoba mengabadikan momen dengan latar belakang Pulau Lawang. Pulau yang berjarak 50 meter dari bibir pantai yang begitu tenang dalam kerasnya, meski ombak selalu menerpa.

Lebarkan rencana penjelajahan hingga sampai ke kondang. Sebuah muara yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini. Hayatilah keeksotikan alam. Jernihnya air yang sekilas tampak hijau, berpadu dengan rimbunya hutan di sisi kanan dan kirinya. Cobalah meminum air jernihnya, niscaya kesegaran turut menyempurnakan nuansa menenangkan.

Memancing adalah ide yang sempurna. Meski ikan yang ada dimuara tersebut tidak sebanyak di masa lalu, berdoa dan berharaplah ada beberapa ikan yang tertarik dengan gaya Anda. Jika masuk ke air adalah obsesi, berenang dan bermain air boleh juga. Berbahagialah semampu yang Anda bisa. Jangan lupa, abadikan spot tertentu dan kabarkan pada mereka.

Apabila terlanjur suka dengan pantai ini, rencanakan untuk bermalam dengan berkemah mendirikan tenda. Tempat ideal adalah disekitaran muara. Totalitas dalam wisata itu penting. Terserah mau datang jam berapa, setidaknya pastikan untuk juga menikmati keindahan senja dan pagi hari.

Tiket & Fasilitas Pantai Kondang Iwak

Sebagai pantai yang belum banyak diketahui, Pantai Kondang Iwak belum menyediakan fasilitas untuk memanjakan para pengunjungnya. Pantai ini lebih ideal untuk didatangi para petualang sejati yang lebih bersahabat dengan keterbatasan. Jika berminat, silahkan persiapkan perbekalan yang mencukupi.

Beberapa kilometer mendekati pantai, akses jalan cukup ekstrim berupa makadam yang terjal. Dahulu mobil tidak bisa melaluinya, namun meski harus hati-hati sekarang kendaraan roda empat bisa melalui jalan tersebut. Disisi lain keadaan ini justru disukai oleh komunitas off road dan trail. Ada juga jasa penyewaan mobil oleh penduduk setempat dengan tarif 150 ribuan PP atau ojek 30 ribuan sekali jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kondang Iwak : Sejauh ini tidak ada biaya, namun kedepannya bisa saja retribusi diberlakukan seiring dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang.

Rute & Maps Pantai Kondang Iwak

Ketika ingin berkunjung ke pantai ini, hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh serta memastikan keadaan kendaraan yang ingin digunakan. Seperti yang telah disebutkan diatas, beberapa kilometer sebelum pantai ini, akses jalan cukup terjal. Dari Kota Malang pantai ini berjarak kurang lebih 70 kilometer ke arah selatan.

Dari Kota Malang, silahkan melanjutkan perjalanan ke Kepanjen terus hingga ke daerah Pagak dengan kondisi jalan yang baik. Setelah melalui Pasar Pagak, jalan tetap beraspal namun kebanyakan rusak. Lanjutkan terus sampai bertemu dengan jalan makadam yang terjal hingga sampai ke lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *