• sumber : www.kitamuda.id

Pantai Kondang Merak, Malang – Antara Kuliner Laut dan Snorkeling

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Kondang Merak. Halo traveler! sudahi dulu istirahatnya, mari kembali berwisata. Sepenuh hati, lanjutkan langkahmu ke Malang Selatan dan jelajahi satu persatu pantai-pantai yang ada disana. Jika bingung mau mulai dari mana, mungkin Pantai Kondang Merak adalah pilihan sempurna. Datangi pantai molek ini di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kondang Merak adalah sebuah pantai yang menjadi tetangga dari Pantai Balekambang, tepatnya terletak di sebelah barat pantai yang menjadi wanawisata andalan Kabupaten Malang tersebut. Meski kalah populer, Pantai Kondang Merak hadir dengan keelokan yang mencukupi kalau hanya untuk membuat semua orang terpesona. Disetiap bagiannya turut mendefinisikan keindahan.

Kecantikan pantai ini telah juga diisyaratkan melalui sejarah yang kemudian membentuk namanya. Kondang berarti muara sebagai pertemuan air tawar dan laut. Dulunya, keberadaan kondang dipantai ini juga sebagai tempat hidup bagi kawanan burung merak. Sayangnya, sejak kisaran tahun 1980-an, burung merak disana perlahan punah akibat penangkapan liar.

Bagaimana dengan pantainya? Kondang Merak adalah pantai yang asri dengan garis pantai sepanjang 800 meter. Lengkap dengan pasir putih yang bersih serta terlindung oleh hijaunya pepohonan, nyaman adalah suasana yang mendominasi pantai ini. Meski agak berlumut, namun pantai ini kaya akan terumbu karang, spons dan kerang. Tidak terkecuali beragam binatang laut seperti gurita kecil, landak laut, mentimun laut, hingga lobster yang kerap bersembunyi di sela-sela karangnya.

Berbeda dengan pantai selatan pada umumnya, Pantai Kondang Merak cenderung menghadirkan ombak yang cukup tenang. Setidaknya ada lima bukit karang yang berjajar di radius 200 meter dari bibirnya yang kekeh menghalau dan memecah deburan ombak yang datang. Karena ombak telah terpecah dan mengalun lebih tenang, pantai ini menjadi tempat singgah para nelayan. Ini berarti bahwa pantai ini juga menyediakan ikan segar seperti tuna, kakap dan gurita.

Aktivitas di Pantai Kondang Merak

Meski semua selalu bergantung pada bagaimana cara Anda menikmati sebuah pantai, namun mungkin durasi kunjungan akan lebih banyak dihabiskan di dalam air. Berenang dan mencoba ceria bersama mereka yang tercinta. Bermain air dengan sahabat atau keluarga sembari saling menunjukkan siapa yang paling bahagia.

Salah satu aktivitas populer di Pantai Kondang Merak adalah snorkeling. Harus dimaklumi, keindahan bawah laut adalah salah satu alasan nyata pantai ini banyak dikunjungi. Jika suka, cobalah menyelam hingga mendekati dasar bebatuan karang yang berjarak 200 meter dari bibir pantai. Jujurlah, bahwa tidak ada yang bisa dilihat kecuali keindahan.

Jika memancing adalah cara Anda. Cobalah untuk mempertimbangkan pergi ke muara yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini. Atau bisa juga dengan menaiki salah satu bukit karang dan mencoba sensasi memancing ikan dari atas tebingnya. Disamping akan memperkaya pengalaman memancing, percaya dan yakinlah bahwa ikan-ikan yang ada menyukai gaya Anda.

Jika lebih suka dengan sesuatu yang lain, berperahu mungkin bisa menjadi aktivitas yang menarik. Cobalah mendatangi para nelayan dan bertanya ketersediaan perahu untuk disewa. Mengalirlah diatas alunan air yang tenang, sembari mencari posisi paling maksimal untuk diabadikan.

Setelah puas larut dalam keceriaan. Mungkin membeli beberapa ikan segar adalah ide yang bagus untuk oleh-oleh. Ikan-ikan segar yang kerap menjadi tangkapan para nelayan antara lain tuna, kakap dan gurita. Adapun jika terlanjur terpikat, bermalam dan mendirikan tenda juga menyenangkan. Menikmati suasana malam, menyalakan api unggun, membakar ikan. Selamat berbahagia!

Tiket & Fasilitas Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak adalah salah satu pantai dengan fasilitas lengkap di Malang. Banyak tersedia warung penjual makanan dan minuman disini. Menariknya, pantai ini memiliki menu kuliner khas yang bisa jadi tidak ada di tempat lain.

Umumnya warung makan disini menyediakan menu ikan segar dengan yang menjadi andalan disini adalah Sate Tuna. Beberapa santapan lain termasuk gurita asem manis, kuah pedas kepala ikan laut, gurita saus tiram dan lain-lain. Jika tertarik membawa oleh-oleh, cobalah membeli ikan tuna sirip kuning hasil tangkapan para nelayan.

Selain bisa dengan berkemah, jika ingin menginap juga telah telah tersedia beberapa penginapan dengan fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas lain termasuk untuk kebutuhan dasar juga tersedia seperti mushola, lahan parkir yang luas, tidak terkecuali kamar mandi juga ada.

Harga Tiket Masuk Pantai Kondang Merak : Biasanya, setiap pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000. Parkir kendaraan mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Tentunya, harga yang disebutkan bisa saja berubah sekatu-waktu.

Rute & Maps Pantai Kondang Merak

Seperti yang telah dikatakan diawal artikel ini, pantai ini terletak cukup dekat dengan Pantai Balekambang. Sehingga untuk menuju pantai ini bisa menggunakan rute ke Balekambang. Sejauh ini akses jalan sudah semakin baik, termasuk pelebaran jalan di Jurang Mayit yang terkenal sangat menanjak dan menikung tajam.

Jika menggunakan kendaraan bermotor, dari Kota Malang lanjutkan perjalanan ke Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen. Jika sampai di Gondanglegi, teruskan ke wilayah Bantur. Sedangkan jika memilih jalur Kepanjen, teruskan ke daerah Pagak dan berlanjut ke Bantur.

Dari Bantur, kemudian berlanjut hingga perempatan sebelum Pantai Balekambang dan belok ke kanan. Pantai Kondang Merak terletak kurang lebih 4 kilometer dari sini, hanya saja akses jalan kurang memadai sehingga membutuhkan waktu 30 menitan untuk sampai lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *