• sumber : gastankmagazine.com

Pantai Lenggoksono – Tempat Ideal Berselancar di Malang Selatan

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Lenggoksono. Liburan ke Malang Raya adalah pilihan ideal bagi keserbajenisan wisatawan. Kawasan metropolitan ini sangatlah kaya akan pesona dan sanggup untuk memenuhi gairah wisata siapapun, tidak terkecuali bagi mereka yang menyukai alam pantai. Cobalah ke Malang Selatan dan pilihlah beberapa dari Daftar Pantai disana. Bisa juga langsung meluncur ke sebuah pantai eksotik di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur.

Adalah Pantai Lenggoksono yang menjadi satu dari sekian Pantai Malang yang sangat unik dalam penyajian panorama alamnya. Disinilah tempat dimana para pelancong bisa menikmati wisata pantai sekaligus air terjun.

Air terjun terletak tidak jauh dari pantai, tepatnya di Teluk Kretekan yang ada dibibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Air terjun yang oleh masyarakat dinamakan Banyu Anjlok ini menawarkan keindahan yang mungkin tidak ada duanya di Malang Raya.

Berasal dari sumber air dari bukit yang kemudian mengalir melalui tebing batu karang setinggi kurang lebih tujuh meter. Menariknya, air yang jernih, bersih dan dingin itu tidak terjun pada satu titik, melainkan menyebar selebar batu karang sehingga terlihat begitu indah.

Sementara itu, alam pantai juga menawarkan pemandangan yang layak dikagumi. Hamparan pasir putih melingkar sepanjang satu kilometer dengan dibentengi oleh kerasnya dua tebing berselimut hijau rindangnya tetumbuhan.

Deburan ombak cukup mewakili gelombang pantai selatan, besar dan saling kejar-kejaran. Secara keseluruhan sangat nyaman dan menenangkan, hanya saja kurang terawat karena masih ditemukan beberapa sampah bertebaran disekitaran pantai.

Pantai Lenggoksono juga menyimpan potensi beragam jenis ikan, mulai dari lobster, cumi-cumi, cakalang hingga layur. Pantai ini merupakan wilayah konservasi lobster dari jenis mutiara, pasir dan batu. Tepatnya di Pulau Gadung terdapat sebuah goa bawah laut yang dinamakan Goa Lobster.

Goa tersebut adalah sarang lobster yang oleh masyarakat di jaga dan diawasi dari nelayan nakal yang ingin menangkap menggunakan potasium. Oleh karena potensinya itu, pantai ini ditunjuk oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan sebagai wilayah ekowisata.

Aktivitas di Pantai Lenggoksono

Apa yang Anda inginkan dari sebuah pantai? Pantai Lenggoksono adalah salah satu pantai terlengkap dalam hal aktivitas. Bermain air, berperahu, berselancar, snorkeling? Bahkan pantai ini mengajak pengunjungnya untuk memperkaya penjelajahan ke beberapa tempat eksotik disekitarnya, termasuk akses ke Pantai Bolu-bolu yang masih perawan dengan ciri khas alunan ombak yang mengalun tenang.

Bagi yang suka olah raga surfing, selain Pantai Nganteb, pantai ini adalah tempat ideal untuk melakukan hal itu karena gelombang ombak yang cenderung konsisten sehingga bisa bermain selancar hampir tanpa gangguan. Menariknya, dipantai ini juga tersedia pelatihan berselancar dan kerap diadakan kompetisi lokal untuk menjaring atlit muda.

Seperti yang dikatakan diatas, pantai ini juga termasuk Air Terjun Banyu Anjlok. Tentunya, Andalah yang paling tahu apa yang harus dilakukan. Beberapa dari traveler melebarkan penjelajahan dengan naik tangga yang tersedia untuk menikmati apa yang ada diatas air terjun ini. Hanya perlu diketahui, untuk sampai ke Banyu Anjlok diperlukan perjalanan laut dengan berperahu.

Apabila Pembaca adalah penggemar aktivitas snorkeling, cobalah menuju Teluk Kletekan yang juga menjadi tempat bagi air terjun. Nikmatilah keindahan bawah lautnya dan resapilah bahwa Malang menyimpan sebagian keindahan Indonesia. Ingin berenang? Mungkin Pantai Bolu-bolu bisa menjadi tempat paling menarik untuk bermain air.

Pantai Lenggoksono dengan apa saja yang menjadi bagiannya cukup mampu untuk menyibukkan wisata Anda. Bahkan mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk bermalam dan mendirikan tenda. Tentunya disaat senja maupun fajar, pantai ini hadir dengan warna tersendiri yang tentu menakjubkan.

Tiket & Fasilitas Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono adalah salah satu pantai populer di Malang selatan yang tentunya telah menyediakan fasilitas cukup memadai. Telah tersedia beberapa warung makanan dan minuman, kamar mandi serta memiliki pusat informasi.

Yang perlu disayangkan adalah tidak adanya tempat ibadah khusus. Para pengunjung biasanya memanfaatkan balai warga untuk melaksanakan kewajiban sholat. Selebihnya, pantai ini juga menyediakan persewaan perahu dan alat snorkeling.

Harga Tiket Masuk Pantai Lenggoksono : Sejauh ini wisatawan yang ingin berwisata disini akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000. Belum termasuk parkir yang umumnya ditarif Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Biaya sewa alat snorkeling (kacamata, alat snorkeling dan pelampung) sebesar Rp 25.000. Sementara itu, harga sewa perahu berkisar Rp 50.000. Satu perahu muat untuk 6-8 orang.

Rute & Map Pantai Lenggoksono

Pantai ini dengan Kota Malang berjarak kurang lebih 70 km dengan durasi perjalanan berkisar 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Malang, lanjutkan ke Kecamatan Dampit dan menuju ke Kecamatan Tirtoyudo dan berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi di Desa Tirtoyudo.

Dari pertigaan tersebut, pantai ini masih berjarak sekitar 30 kilometer. Meskipun sudah beraspal mulus, namun ruas jalannya sangat sempit, berkelok-kelok, naik turun curam serta ada beberapa belokan tajam melewati jurang.

Kurang lebih 5 km sebelum masuk pantai, jalanan mulai rusak meski dibeberapa titik ada juga yang telah di cor. Berikut adalah peta petunjuk jalan menuju lokasi Pantai Lenggoksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *