• sumber : youtube.com/watch?v=Hw5_JSFRLeE

Pantai Licin, Malang – Eksotika Alam yang Menuntut Kerja Keras

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Licin. Sobat seorang petualang dan penggila wisata pantai? Buktikan gairah wisata Anda dengan berkunjung ke salah satu pantai terindah di Malang Selatan ini. Percayalah perjalanan penuh tantangan dan melelahkan akan terbayar lunas oleh keeksotikan pantai di ujung selatan timur Kabupaten Malang ini. Segeralah meluncur ke Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading.

Pantai Licin adalah tentang satu dari sekian fenomena langka di pantai Malang Selatan, selain Pantai Goa Cina dan Jonggring Saloka. Berbeda dengan yang lainnya, pantai ini menawarkan hamparan pasir hitam legam. Tentu saja fenomena tersebut semakin menunjukan citarasa keeksotikan tersendiri bagi pantai yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lumajang ini.

Diketahui bahwa, pasir hitam di sepanjang Pantai Licin merupakan hasil dari muntahan lahar meletusnya Gunung Semeru. Uniknya, sebelum kejadian tersebut, pantai ini justru bernama Pantai Pasir Putih karena luasnya hamparan pasir berwarna putih disekitaran pantai ini.

Sehubungan dengan pergantian nama menjadi Pantai Licin diketahui bermula pada kisaran tahun 1960-an. Saat itu, dikawasan pantai ini terkenal cukup licin akibat banyaknya lumut. Disini dulunya merupakan kawasan hutan lebat dan sering terjadi banjir sehingga tanahnya berlumut dan sangat licin. Dari sini, desa disekitar dan pantainya pun disebut Licin.

Perlu diketahui, kemolekan pantai ini tidak hanya di panorama pantainya. Sebelum sampai di pantai pun Anda sudah disuguhi pemandangan yang menakjubkan melalui tebing-tebing disisi kanan dan sungai aliran lahar Semeru di sebelah kiri. Hanya saja, dibutuhkan ekstra hati-hati ketika melaluinya, terutama ketika hampir sampai di lokasi pantai.

Aktivitas di Pantai Licin

Aktivitas penjelajahan Anda benar-benar akan dimulai sebelum masuk ke Dusun Licin. Semakin mendekati lokasi pantai, beragam tantangan akan menyertai perjalanan, namun tentunya bagi seorang petualang ini akan membawa kesan tersendiri.

Berjalan di jalan sempit yang berada di bibir jurang yang langsung ke pinggir pantai. Dibalik sulitnya medan, pembaca benar-benar dimanjakan oleh keindahan pemandangan dari kombinasi tebing-tebing dan sungai lahar Gunung Semeru.

Itu hanya permulaan. Pantai Licin memiliki banyak cara untuk menyibukkan setiap traveler yang mengunjunginya. Mereka dibikin sibuk mengagumi keeksotikan alam pantai yang khas dengan cadasnya bukit-bukit bebatuan karang yang tidak henti-hentinya diterjang oleh deburan ombak.

Di pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati kesibukan para nelayan yang berlalu-lalang mencari ikan. Meskipun tidak sebesar yang ada di Pantai Sendangbiru, di pantai ini juga ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Berbelanja ikan segar dengan harga murah bisa juga melengkapi kesan wisata Anda

Jangan lupa, untuk memaksimalkan petualangan, mendirikan tenda disini bisa menjadi ide sempurna untuk merasakan suasana berbeda si malam hari. Bermain air, bermalas-malasan dan jelajah pantai lalu mengagumi setiap sudut keindahan adalah kegiatan yang menyenangkan dan harus dilakukan.

Tiket & Fasilitas Pantai Licin

Pantai Licin adalah satu dari sekian pantai yang jarang dikunjungi oleh wisatawan, bahkan dalam satu hari pun belum bisa dipastikan ada yang datang. Oleh karena itu, pantai ini lebih ideal dikunjungi oleh traveler yang benar-benar memiliki gairah petualangan yang kuat, termasuk selalu siap dengan minimnya fasilitas yang ada.

Siapkan perbekalan yang cukup untuk kebutuhan wisata Anda. Saran terbaik adalah bermalam dan berkemah di pantai ini. Hal ini dikarenakan tidak memungkinkan jika harus bolak-balik menempuh jarak yang jauh dengan medan yang teramat sulit.

Harga Tiket Masuk Pantai Licin Malang : Dengan melihat sulitnya akses jalan, minimnya fasilitas dan masih sepinya kunjungan ke pantai ini, sejauh ini tidak ada biaya untuk bisa menikmatinya. Jadi, segera rencanakan perjalanan dan nikmati pesona Pantai Licin dengan gratis.

Rute & Maps Pantai Licin

Jika pembaca benar-benar berminat pergi ke Pantai Licin, setidaknya pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sangat bagus. Mengingat panjang dan sulitnya medan yang akan ditempuh, memilih menggunakan sepeda motor lebih di sarankan. Hindari penggunaan motor matic, karena medan naik turun, berkelok-kelok dan licin.

Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke Turen dan terus ke Dampit. Jika sudah sampai Dampit lanjut ke Tirtoyudho dan Ampelgading hingga sampai di pertigaan. Belok ke arah Desa Lebakharjo, terus ke Dusun Licin hingga sampai ke lokasi pantai.

Sebagai catatan, jarak dari Desa Lebakrejo ke Dusun Licin masih sangatlah jauh berkisar 17 km. Jalanan lebih didominasi jalan sempit, licin, menanjak dan menikung dengan kemiringan sangat tajam sampai 80 derajat, sementara di kanan kiri adalah jurang. Tidak ada cara aman kecuali berjalan kaki, hanya saja jaraknya terlalu jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *