• sumber : allesgroen.wordpress.com

Pantai Mrutu, Malang – Mungil Pantainya, Molek Panoramanya

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Mrutu. Pesona pantai di pesisir selatan Malang memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Karena wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia (Samudera Hindia), Malang mengoleksi lebih dari 90 pantai tersebar di bagian selatannya yang masing-masing menawarkan keunikan tersendiri. Diantara daftar Pantai Malang, ada pantai bernama Mrutu yang secara administratif terletak di Sumberoto, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Mrutu adalah pantai mungil nan permai. Kemungilan pantai ini pun telah diisyaratkan oleh namanya yang singkat dan sederhana. Nama tersebut diambil dari seekor hewan yang sangat kecil seukuran nyamuk atau lebih kecil yang dalam Bahasa Jawa dinamakan Mrutu. Meskipun kecil, gigitan hewan ini menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

Sekecil namanya, seluarbiasa panoramanya. Bahkan tidak kalah jika dibandingkan dengan beberapa pantai lain yang terlanjur populer di Malang Selatan. Pantai Mrutu hadir dengan kemasan keindahan yang unik melalui alunan ombak lebih halus sehingga menghadirkan suasana yang menenangkan. Menghipnotis, menghegemoni melalui nada-nada alam untuk memaksa Anda sejenak manja dalam kedamaian.

Halusnya gelombang ombak lebih disebabkan oleh tebing yang memisahkan pantai ini dengan Pantai Pandan. Ini berarti ombak besar lebih mendominasi Pantai Pandan yang terletak disebelah timur Pantai Mrutu. Kedua pantai tersebut hanya dipisahkan oleh sebuah bukit yang rendah. Selain itu, Pantai Mrutu juga memiliki pasir putih bersih dan lembut, sementara rindangnya pepohonan yang menjorok ke pantai turut menghadirkan suasana teduh sehingga nuansa ketenangan lebih maksimal.

Aktivitas di Pantai Mrutu

Sesuai dengan yang telah dideskripsikan diatas, Pantai Mrutu menjadi lebih ideal bagi mereka yang menghendaki ketenangan dari sebuah pantai. Sepinya kunjungan memungkinkan nuansa yang lebih damai seolah pantai milik sendiri. Aktivitas terbaik dipantai ini adalah penghayatan, mencoba masuk ke alam bawah sadar dan merasakan betapa Anda adalah seorang yang beruntung diberi kesempatan menjadi bagian dari secuil keindahan.

Selebihnya, Anda bisa mencoba menjelajahi setiap bagiannya. Memahami kesan artistik tebing dan bebatuan, mengagumi hijaunya selimut hutan, takjub dengan pohon-pohon yang tinggi menjulang. Jangan lupa melihat komposisi langit, kemudian turunkan pandangan hingga menemukan birunya lautan, turunkan lagi pandangan hingga kesadaran menemukan kaki Anda telah berlumur pasir putihnya yang kemudian dibasuh lembut ombaknya. Selanjutnya, Andalah yang paling tahu bagaimana cara terbaik menikmatinya.

Tiket & Fasilitas Pantai Mrutu

Pantai Mrutu adalah salah satu pantai perawan yang jarang dijamah para wisatawan. Ini juga berarti bahwa pantai ini tidaklah didukung oleh fasilitas yang memadai. Tentu, bagi petualang sejati seperti Anda, kurangnya fasilitas lebih bisa menekankan sisi menarik dari petualangan anda.

Jika ingin bermalam, persiapkanlah semuanya, mulai dari secangkir kopi hingga perlengkapan kemping. Hanya perlu ditekankan, sebelum bermalam, cobalah berbicara dengan warga sekitar agar tidak terjadi kesalahpahaman. Perlu diketahui, pantai ini sangatlah sepi dan lumayan jauh dari perkampungan.

Harga Tiket Masuk Pantai Mrutu : Untuk memasuki pantai ini, umumnya pengunjung akan membayar Rp 5.000, serta biaya parkir Rp 5.000.

Rute & Maps Pantai Mrutu

Pantai ini terletak kurang lebih 70 km dari Kota Malang dan membutuhkan waktu tempuh berkisar 2,5 jam. Dari Malang, lanjutkan perjalanan ke arah Kepanjen. Dari sini, ada dua rute menuju Pantai Mrutu. Pertama, lanjutkan ke Kecamatan Pagak kemudian ke Donomulyo. Kedua, lanjutkan ke Karang Kates, menuju Kalipare dan selanjutnya ke Donomulyo. Akses jalan ke pantai ini lumayan bagus, namun perjalanan akan sangat melelahkan karena jalan naik turun pegunungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *