• sumber : radarmalang.id

Pantai Nganteb, Malang Selatan – Varian Surga Bagi Para Peselancar

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Nganteb. Pembaca pernah liburan ke Pantai Malang? Jika sudah, cobalah rencanakan untuk datang kembali. Disini banyak pantai baru yang menunggu kedatangan Anda, salah satunya adalah Pantai Nganteb. Sebuah pantai cantik di pesisir selatan yang berada di Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Pantai Nganteb adalah satu dari sekian pantai di Malang Selatan yang terbilang masih perawan. Hadir dengan citarasa tersendiri melalui hamparan pasir putih lembut sepanjang satu kilometer. Ombak yang tenang dan bersahabat, sementara pemandangan sekitar turut melengkapi nuansa pesonanya. Ini adalah pantai asri dan nyaris tanpa sampah karena belum banyak dikunjungi.

Ombak pantai mengalun tenang dan bersahabat. Meskipun tidak begitu besar, disinilah tempat paling ideal untuk berselancar. Ombaknya merata sehingga sangat disukai bagi penggemar aktivitas surfing. Selain itu, dasar laut sekitar 200 meter dari bibir pantai nyaris tanpa karang sehingga sangat menjamin keamanan para peselancar.

Selain menawarkan keindahan panorama alam, Pantai Nganteb juga sebagai obyek wisata religi melalui keberadaan Panembahan Pantai Nganteb. Ini adalah pendopo agung atau joglo yang terletak di sisi kanan pantai, tepatnya di puncak Gunung Batok. Meski disebut gunung, puncaknya memiliki ketinggian sangat rendah hanya 50 meter. Satu hal yang paling menarik dari pendopo tersebut adalah sebuah kentongan yang oleh masyarakat diyakini memiliki nilai magis.

Aktivitas di Pantai Nganteb

Banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini. Bagi yang suka berenang, disini ada spot menarik namun bukan di pantainya, tapi di muara sungai. Pengunjung bisa berenang sepuasnya di muara yang cukup luas tersebut tanpa harus khawatir ombak yang besar. Jika lebih suka bermain air di pantai, harap hati-hati saja dan sangat tidak disarankan.

Seperti yang telah saya katakan di atas, Pantai Nganteb adalah tempat yang cocok untuk berselancar. Bagi yang doyan aktivitas tersebut bisa mencoba pengalaman surfing disini. Biasanya pada hari sabtu dan minggu, hampir selalu ada wisatawan asing dari Australia, Inggris, Amerika atau Selandia Baru yang datang untuk berselancar di pantai ini.

Jelajah pantai bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mungkin Anda tertarik pergi ke Panembahan Pantai Nganteb untuk melihat suasana religiuitas di tempat ini. Setelah itu bisa terus berjalan hingga di sebuah tebing karang pembatas sebelah barat pantai ini dan nikmatilah keindahan panorama pantai dari atas ketinggian.

Apa lagi? Semua bergantung durasi liburan Anda. Jika ingin lebih maksimal bisa berkemah mendirikan tenda. Saat matahari terbit dan tenggelam di pantai ini cukup menawarkan warna alam yang patut dikagumi. Disini juga ada perkampungan nelayan, ketika ombak tidak begitu besar biasanya para nelayan berani melaut sehingga disini juga menyediakan ikan segar.

Tiket & Fasilitas Pantai Nganteb

Meskipun terbilang masih baru dipublikasikan, Pantai Nganteb telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan sudah ada penginapan yang cukup memadai dengan tarif sekitar 100 ribu per malam. Banyak juga tersedia warung penjual makanan dan minuman, jadi tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal.

Fasilitas lainnya termasuk mushola, kamar mandi, dan lahan parkir yang luas. Menariknya, Pantai Nganteb benar-benar berbenah, bahkan telah disediakan banyak tempat duduk yang terbuat dari kayu di pinggiran pantai yang juga telah lengkap dengan tempat sampah di beberapa lokasi.

Harga tiket masuk Pantai Nganteb : Berkunjung ke pantai ini akan dikenakan biaya Rp 5.000.

Rute & Maps Pantai Nganteb

Pantai ini terletak cukup dekat dengan Pantai Balekambang yang hanya berjarak sekitar 4 km. Sedangkan dari Kota Malang jaraknya kurang lebih 70 km dengan durasi berkisar 3 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Kota Malang teruskan perjalanan Anda ke Gondanglegi, kemudian terus ke Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Kepanjen – Pagak – Bantur. Di Bantur lanjut ke arah Balekambang hingga sampai di perempatan sebelum masuk Pantai Balekambang. Diperempatan tersebut belok kiri untuk menuju ke Pantai Nganteb.

Dari arah Balekambang, pantai ini berada setelah Pantai Wonogoro yang berhimpitan langsung dengan Pantai Nganteb. Perlu diketahui jalan masuk ke pantai ini bermakadam yang cukup terjal, sempit, menanjak dan terkadang berlumpur jika musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *