• sumber : pantainglambor.com

Pantai Nglambor, Yogyakarta – Surga Bawah Laut di Gunungkidul

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Nglambor. Menetapkan Jogja sebagai tujuan wisata utama mungkin sudah biasa mengingat beragam potensi yang dimilikinya. Disamping sebagai tujuan wisata budaya dan sejarah, Yogyakarta telah di anugerahi dengan keindahan alam yang menawan, termasuk alam pantainya. Dalam hal ini, Kabupaten Gunung Kidul tampil sebagai surga bagi para penggila pantai. Jika Pembaca adalah salah satu dari mereka, diantara jajaran pantai yang indah itu, ada Pantai Nglambor. Anda bisa mengunjunginya di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada umumnya, pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia cenderung menghadirkan gelombang ombak yang besar. Adapun Pantai Nglambor, bukan seperti pada umumnya meskipun termasuk pantai di pesisir selatan Jawa. Pantai inilah yang memungkinkan setiap pengunjung menjadi lebih dekat dengan air, memasukinya untuk kemudian menghayati betapa bukan saja lanskap pemandangan alamnya saja yang eksotik, namun juga bawah lautnya juga menawan.

Keindahan bawah laut adalah potensi Pantai Nglambor yang mampu menjadi magnet untuk menarik sejumlah besar wisatawan yang doyan dengan aktivitas snorkeling. Oleh karena potensi tersebut, pantai ini sangat dijaga dan dijadikan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta sebagai wilayah konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya. Geliat penjagaan masyarakat setempat terhadap pantai ini juga dirupakan dengan Tradisi Ngalangi (melarang, Jawa), yakni upacara sedekah laut yang salah satunya berupaya memberitahu kepada siapa saja agar tidak menangkap ikan kecuali di musim panen.

Selain keindahan bawah lautnya, Pantai Nglambor juga termasuk pemandangan alam pantai yang luar biasa. Tersebutlah dua gundukan karang yang bentuknya mirip dengan kura-kura bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul. Selain menghalau besarnya ombak sehingga menjadi lebih tenang mengalun ke bibir pantai, dua buah karang ini juga mengukuhkan komposisi alam yang menakjubkan. Sementara itu, gradasi warna laut yag semakin jauh semakin membiru tetap berpadu dengan hamparan pasir putih dalam perlindungan hijaunya perbukitan.

Aktivitas di Pantai Nglambor

Tentu, seperti sudah disinggung dalam paragraf diatas aktivitas terbaik di pantai ini adalah snorkeling. Bahkan inilah aktivitas unggulan di pantai ini, sehingga tersedia fasilitas penunjang yang cukup lengkap agar pengunjung dengan mudah melakukannya. Apabila snorkeling atau sejenisnya adalah gaya Anda, ini adalah surga yang menunggu rasa ketakjuban Anda.

Pemandangan bawah laut pantai ini sangatlah memikat. Disinilah setiap orang bisa dengan mudah mengagumi keragaman terumbu karang dan biota laut. Desain bawah laut semakin mempesona dengan keberadaan sekumpulan ikan jenis Jambrong, Sergeant Major serta beberapa ikan kecil lain yang tak kenal lelah bermain dan berkejar-kejaran. Keindahan jenis ini penting disaksikan demi memicu rasa syukur terhadap sang pencipta.

Lebih suka berenang? pantai ini memungkinkan siapa saja melakukan aktivitas berenang dengan leluasa. Akan menjadi lebih gembira ketika bermain bersama sahabat, orang terkasih atau siapapun saja yang dirasa harus melihat kegembiraan Anda. Berlombalah, abadikanlah dan tunjukanlah siapa yang paling berbahagia. Merasa lelah? Jangan lupa, hamparan pasir itu menunggu setiap pengunjung bermalas-malasan.

Apabila memiliki energi lebih, bukanlah ide buruk untuk menjelajah, mengitari dan menghayati setiap detail yang membangun keindahan pantai ini. Untuk sementara berlagak lebih tenang untuk selanjutnya mengagumi komposisi warna yang mendesain pantai ini. Apa saja, laut yang membiru, selimut hijau tetumbuhan, suara alunan ombak, distorsinya bentuk karang atau mungkin semilir angin yang menenangkan.

Fasilitas di Pantai Nglambor

Sebagai pantai yang masih baru, fasilitas di pantai ini belum cukup memadai, termasuk belum adanya penginapan. Adapun untuk kebutuhan dasar telah tersedia warung makanan, toilet, lahan parkir dan lain-lain. Salah satu fasilitas terlengkap di pantai ini adalah penyewaan alat snorkeling yang disediakan oleh Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) dan Pokdarwis Nglambor Lestari (PNL).

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor : Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang dan sudah termasuk biaya retribusi pantai tetangga, Pantai Siung. Ada pula jasa ojek sekitar Rp 5.000, sementara biaya sewa alat snorkeling umumnya Rp 50.000 (termasuk masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang). Selain itu, parkir kendaraan dikenakan Rp 2.000 untuk roda dua, Rp 5.000 untuk roda empat, serta Rp 15.000 untuk bus.

Rute & Maps Pantai Nglambor

Pantai Nglambor berada dekat dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Dari Kota Jogja pantai ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dengan durasi perjalanan berkisar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Jogja, lanjutkan perjalanan ke Wonosari, Gunung Kidul. Lanjutkan perjalanan ke selatan arah Pantai Baron.

Ketika sampai di pertigaan mulo, ambil arah ke Menthel, Cabean, Bintaos hingga ke Tepus dan pertigaan Pule. Belok ke kiri menuju Desa Tepus dengan melewati Puwodadi dan lanjutkan hingga pertigaan Nagun, belok ke kanan dan sampailah Anda di pos retribusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *