• sumber : ngalam.co

Pantai Ngliyep, Malang Selatan – Pantai Eksotik Kaya Spot Menarik

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0
Durasi baca : 3 menit

Pantai Ngliyep. Dikatakan bahwa pantai inilah yang pertama kali dikenal dan menjadi tujuan favorit di Malang Selatan sebelum Pantai Balekambang dan Pantai Sendangbiru. Dengan luasan kurang lebih 10 Ha yang menampung segala bagiannya, pantai ini memiliki banyak cara untuk memuaskan para pengunjungnya. Pembaca bisa mendatangi Pantai Ngliyep di Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Pantai yang terletak di tepi Samudera Indonesia ini menawarkan pesona pesisir selatan yang layak dikagumi. Hamparan pasir putih yang lembut dengan dibentengi rindangnya pepohonan, sementara alunan ombak khas pantai selatan cukup mampu menghadirkan suasana yang membuat pengunjungnya mengantuk (Jawa : liyep-liyep). Suasana itulah yang menjadi awal penamaan pantai ini sehingga disebut Pantai Ngliyep.

Tidak hanya itu, pantai ini juga dibentengi oleh tebing-tebing curam yang menawarkan kesan artistik dalam balutan hijaunya hutan tropis disekitarnya. Sementara itu disisi kirinya, ada Teluk Putri yang berharap bisa memanjakan setiap yang datang dengan kemolekan tersendiri. Ada juga sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang, sebagai tempat sebuah petilasan yang semakin meneguhkan kesan eksotik pantai ini.

Adalah Mbah Atun asal Jogjakarta yang dipercaya sebagai orang yang pertama kali menemukan pantai ini pada kisaran tahun 1919. Selanjutnya, Pantai Ngliyep mulai dibuka resmi pada tahun 1951. Setiap tanggal 14 bulan Maulud, disini selalu diadakan acara Labuhan. Kegiatan yang sudah ada sejak masa Mbah Atun tersebut telah menjadi magnet yang mampu menarik kunjungan hingga pantai ini lebih ramai saat acara tersebut digelar.

Aktivitas di Pantai Ngliyep

Sebagai salah satu pantai terpopuler di Malang Selatan, Pantai Ngliyep menawarkan beragam cara bagi pengunjung yang ingin menikmatinya. Hanya saja, berenang bukanlah aktivitas ideal mengingat gelombang ombak yang lumayan besar. Diluar aktivitas tersebut, pengunjung bisa melakukan banyak hal di sekitaran pantai.

Pantai ini benar-benar berbenah dan dirancang untuk memanjakan segala jenis wisatawan, termasuk bagi yang suka selfie. Tersedia banyak spot menarik untuk mengabadikan pengalaman wisata Anda, untuk mengabarkan keceriaan Anda pada dunia. Bermain pasir, ayunan dan masih banyak lagi. Selain itu, disaat air laut surut, sejenak bermain air bukanlah ide yang buruk.

Jelajah bisa menjadi kegiatan menyenangkan agar kebahagiaan anda semakin berkeringat. Datangi Gunung Kombang untuk sejenak menghayati keberadaan petilasan atau mengagumi laut dari sisi yang berbeda. Lanjutkan penjelajahan hingga ke Teluk Putri, agar Anda tahu betapa pantai ini kaya akan pesona. Ketika letih, istirahatkan tubuh dan pastikan energi tersisa untuk menikmati keeksotikan senja.

Jika Pembaca lebih suka dengan keramaian, datangi pantai ini tepat ketika diselenggarakan acara Labuhan pada tanggal 14 bulan Maulud (Rabiul Awal). Lihat bagaimana kearifan masyarakat pesisir berkurban kambing atau sapi melalui Tradisi Selamatan lalu membagi-bagikannya kepada sesama, selain sebagian juga dilarung atau ditebarkan ke tengah laut. Biasanya, acara ini juga diramaikan dengan diiringi Kesenian Jaranan.

Tiket & Fasilitas Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep adalah salah satu pantai malang dengan fasilitas yang sangat lengkap. Sebagian besar fasilitas umum telah tersedia seperti warung makanan dan minuman, mushola, lahan parkir yang luas, kamar mandi, beragam penginapan dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep : Pengunjung yang ingin menikmati liburan di pantai ini akan dikenakan biaya Rp 15.000. Harga parkir biasanya antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Untuk penginapan mulai dari harga Rp 100.000.

Rute & Map Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep memiliki akses jalan yang mudah di jangkau karena sejak tahun 1980-an jalan menuju pantai ini telah diaspal. Jaraknya kurang lebih 60 km dari Malang ke arah selatan dengan durasi perjalanan berkisar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Kota Malang, silahkan melanjutkan perjalanan ke selatan ke arah Kepanjen hingga ke Sumbermanjing Kulon atau yang sekarang disebut Kecamatan Pagak. Belok kanan ke Jl. Ahmad Yani, meneruskan ke Jl. Sumbermanjing Kulon hingga ke Jl. Raya Kedungsalam dan belok kiri ke Jl. Raya Pantai Ngliyep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *