• sumber : pacarkecilku.com

Pantai Papuma, Jember – Salah Satu Yang Paling Eksotik di Jawa Timur

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Papuma. Bagi penggemar wisata alam, memilih Jawa Timur sebagai tujuan wisata adalah ide yang sempurna. Provinsi paling timur Pulau Jawa ini sangatlah kaya akan sudut-sudut alam nan molek. Suka dengan pantai? Jawa Timur siap dengan ratusan pantai yang siap memanjakan siapa saja. Selain di Malang dan Banyuwangi, pantai di Jawa Timur juga tersebar di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Jember. Saran terbaik, datanglah ke Pantai Tanjung Papuma, salah satu pantai tereksotik di Jawa Timur.

Pantai Papuma Jember atau Tanjung Papuma adalah salah satu pantai tercantik di Jawa Timur yang terkenal dengan pesona pasir putihnya. Oleh karena itu, pantai ini dinamakan dengan nama Pantai Pasir Putih Malikan (papuma). Kemolekan pasir pantainya juga didukung oleh hamparan bebatuan yang apabila disapa ombak saling terberai membalik. Lanskap pemandangan melalui kombinasi pantai dan laut terlalu menawan dan menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan untuk mengaguminya.

Selebihnya, rimbunnya perbukitan yang menghijau memberi penjagaan dan melengkapi komposisi kemolekan alamnya. Beberapa bebatuan karang raksasa melepas ketengah laut turut menyempurnakan keeksotikannya. Bahkan tidak hanya itu, selain sebagai obyek wisata alam, kawasan Pantai Tanjung Papuma juga menawarkan pengalaman wisata sejarah berupa Gua Jepang. Menurut warga, gua yang katanya di buat di masa penjajahan Jepang ini difungsikan untuk memantau sekutu dari arah laut.

Aktivitas di Pantai Papuma

Sudah semestinya Anda menyiapkan banyak energi wisata beserta rasa bahagia ketika sampai dipesisir pantai ini. Sejenak berhenti, mengambil nafas panjang, kemudian melepas perlahan sembari sejauh mata memandang menikmati sekujur lanskap pantai yang menakjubkan. Bukankah Anda salah satu orang yang sedang beruntung? maka bersyukurlah karena masih diizinkan menikmati alam seindah ini.

Bagi pengunjung yang suka mengabadikan diri, berswafoto atau selfie, Pantai Tanjung Papuma kaya akan sudut menawan. Susurilah pasir putihnya dan temukanlah sudut terbaik untuk dijadikan latarbelakang foto Anda. Seperti umumnya pantai selatan, pantai ini kurang ideal untuk berenang. Meskipun begitu, ketika ombak sedang bersahabat, di beberapa bagiannya Anda bisa mencoba lebih dekat dengan air.

Selanjutnya, bisa juga melebarkan penjelajahan ke Goa Jepang atau mencari tahu tentang mitos-mitos yang menyelimuti kesejarahn pantai ini. Selain ada mitos tentang pulau tak bernama, ada juga mitos tentang Batu Malikan yang konon menjadi saksi Raden Mursada dan Mursaud memancing ikan ajaib Raja Mina. Ada juga Goa Lawa yang dihuni banyak kelelawar yang juga tak luput dari mitos tentang persemayaman Dewi Sri Wulan.

Dibeberapa bagian, pesona pantai ini juga dipercantik oleh jajaran perahu tradisional berwarna-warni. Cobalah untuk mendekat, mungkin membayar beberapa ribu menaiki perahu agar mengantar Anda ketengah untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda. Apapun aktivitasnya, usahakan untuk sampai pada keindahan panorama sore hari, terutama ketika matahari mulai terbenam. Bagi yang terlanjur betah, bisa juga bermalam dengan mendirikan tenda.

Tiket & Fasilitas Pantai Papuma

Sebagai salah satu objek wisata andalan Kabupaten Jember, Tanjung Papuma telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Ada banyak pondok dan cottages, lobby room, cafe dengan beragam menu laut yang juga memiliki fasilitas penginapan. Ada juga fasilitas pre wedding photo session, Outdoor Papuma Learning Centre (PLC), serta 3 area camping ground dan masih banyak fasilitas pendukung lainnya.

Harga Tiket Pantai Papuma : Berikut ini adalah daftar harga tiket beserta tarif parkir di pantai ini :

Tiket Harga
Hari Biasa Rp. 15.000
Hari Libur Rp. 20.000
Wisatawan Mancanegera Rp. 30.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 50.000
Pakir Bus Wisata Rp. 10.000
Rute & Maps Pantai Papuma

Lokasi Pantai Papuma berada di Jl. Tj. Papuma, Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Akses jalan cukup mudah dengan membutuhkan perjalan berkendara sekitar 1 jam dari pusat kota Jember. Berikut ini adalah peta petunjuk jalan ke Pantai tanjung Papuma Jember :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *