• sumber : www.brobali.com

Pantai Parangtritis – Obyek Wisata Alam Terpopuler di Yogyakarta

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Parangtritis adalah salah satu obyek wisata populer di Yogyakarta. Saking populernya, pantai ini menjadi wajib dikunjungi atau bisa jadi menjadi salah satu alasan kenapa banyak wisatawan berbondong-bondong ke Yogyakarta. Apabila Pembaca telah menentukan destinasi liburan kedepan adalah Jogja, pantai ini layak ada dalam daftar kunjungan Anda. Tertarik? catat alamatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Parangtritis adalah pantai yang unik dengan banyak cara untuk membuat siap saja tertarik mengunjunginya. Komposisi alam yang khas memadukan besarnya gelombang ombak pantai selatan dengan hamparan pasir yang luas dan panjang. Menariknya hamparan pasir ini juga termasuk gunung-gunung pasir yang biasanya disebut gumuk. Tidak hanya itu, Desa Parangtritis ini juga mencakup Pantai Parangkusumo serta Pemandian Air Panas Parang Wedang.

Disisi lain, Pantai Parangtritis begitu lekat dengan legenda Ratu Kidul. Masyarakat tradisional Jawa sangat meyakini bahwa pantai ini adalah gerbang kerajaan ghaib dari ratu yang menguasai laut selatan tersebut. Bahkan penduduk setempat percaya bahwa siapa saja dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda ketika berada di sekitaran pantai. Berdasarkan foklor yang berkembang, Parangtritis dan Parangkusumo menjadi tempat kunjungan utama terutama pada malam tahun baru Jawa (1 Muharram / Suro).

Aktivitas di Pantai Parangtritis

Parangtritis dengan beragam tempat wisata yang menjadi bagiannya sangat mungkin membuat setiap orang sibuk dalam liburan mereka. Menyusuri luasnya hamparan pasir nan luas dengan sesekali membiarkan alunan air ombak menyentuh ujung jari kaki adalah aktivitas menarik. Hanya saja jangan sekali-kali bercita-cita berenang di pantai ini, sebab itu berbahaya mengingat besarnya ombak bisa menyapu tanpa diduga.

Banyak cara untuk menjelajah dan menghayati keeksotikan pantai ini, salah satunya dengan menaiki ATV atau Andong yang tersedia. Ketika puas bermanja di bibir pantai, lanjutkan kegembiraan dengan berkunjung ke gumuk pasir. Ditempat inilah, para pengunjung semakin berkeringat melalui aktivitas sandboarding yang alatnya bisa disewa ditempat itu juga. Bisa juga, sesekali mengambil spot terbaik untuk mengabadikan keberadaan di gundukan-gundukan pasir yang jelas menawan. Tidak jarang lokasi ini sering dimanfaatkan untuk foto pre wedding.

Pastikan saja, energi wisata tetap tersisa dan mencoba melebar ke Pantai Parangkusumo. Di pantai ini terdapat Cepuri yang konon menjadi tempat pertemuan raja Yogyakarta dan Nyi Roro Kidul. Apabila Anda datang diwaktu yang tepat (biasanya bulan Suro) disini biasa dilakukan upacara Labuhan. Jangan lupa juga mengunjungi ParangWedang, cobalah mandi didalam hangatnya air belerang yang konon dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit.

Satu lagi spot yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan wisatawan adalah reruntuhan Candi Gembirawati yang tersembunyi di tebing sebelah timur Pantai Parangtritis. Letaknya tidak begitu jauh, hanya beberapa ratus meter dari bibir pantai. Selebihnya, apapun aktivitas Anda pastikan saja untuk bertahan hingga datangnya senja, sebab pantai ini menghadirkan lanskap pemandangan matahari terbit salah satu yang terbaik di Yogyakarta.

Fasilitas di Pantai Parangtritis

Sebagian besar dari apa yang dibutuhkan dari sebuah pantai telah tersedia di Pantai Parangtritis. Semua fasilitas telah tersedia, termasuk beragam jenis penginapan, warung makanan dan oleh-oleh, apalagi toilet, lahan parkir dan tempat ibadah. Selain itu di Desa Parangtritis juga telah tersedia beberapa minimarket. Untuk fasilitas penunjang wisata, ada penyewaan ATV dan Andong.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis : Ketika berkunjung ke pantai ini pada kisaran tahun 2016, penulis membayar biaya masuk sebesar Rp 4.000. Untuk parkir berkisar Rp 5.000, sewa ATV antara Rp 50.000Rp 100.000 per jam, sementara biaya sewa Andong adalah Rp 20.000 sekali putar.

Rute & Maps Pantai Parangtritis

Pantai ini beralamatkan di Jalan Parangtritis KM 28 atau kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan rute mudah dan akses jalan yang bagus. Hingga pukul 17.00, terdapat transportasi umum yang beroperasi ke pantai ini. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, berikut ini adalah peta penunjuk jalan dari Yogyakarta :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *