• sumber : nicoseptadela.blogspot.com

Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta – Ketika Sunset Begitu Mengagumkan

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Pok Tunggal. Wisata Jogja memang penuh warna dan sangat mampu menampung apapun jenis kebutuhan para pelancong yang datang. Bagi mereka yang gemar berwisata pantai, Yogya telah siap dengan beragam pantai molek yang sebagian besar ada di Kabupaten Gunung Kidul. Salah satu yang tercantik adalah Pantai Pok Tunggal yang terletak di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pok Tunggal adalah pantai yang bersih dan masih terbilang pantai baru. Sejak dibuka pada kisaran tahun 2012 yang lalu, pihak pengelola benar-benar memperhatikan kebersihan pantai ini, salah satunya dengan menerapkan denda Rp 10.000 bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Hasilnya, Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu pantai terbersih di Yogyakarta.

Perihal keindahannya, perpaduan antara hamparan pasir putih dengan perbukitan karst yang menghijau telah menciptakan panorama yang menawan. Tebing-tebing karang di timur dan baratnya tetap teguh membentengi serta turut menyempurnakan lanskap pemandangannya. Sementara itu, karakter ombak pantai selatan yang cenderung besar masih mendominasi serta menawarkan keeksotikan tersendiri.

Perihal penamaan pantai ini, adalah keberadaan pohon Duras (Pok Tunggal) yang bersikeras tumbuh dalam kesendiriannya. Kini, pohon langka yang konon dikatakan sulit tumbuh ini sangatlah dijaga oleh warga setempat. Sangat dilarang memanjat pohon ini karena langsung akan ditegur oleh penduduk ataupun pihak pengelola. Pohon inilah yang kemudian menjadi cikal bakal penamaan sekaligus ikon pantai ini.

Aktivitas di Pantai Pok Tunggal

Tentu jika Pembaca adalah traveler pecinta pantai, pastinya lebih tahu cara terbaik untuk menikmati pantai ini. Mungkin saja, Anda adalah tipe wisatawan seperti orang-orang kebanyakan dengan aktivitas yang biasa-biasa saja. Bermain air, bermalas-malasan, selfie atau bermanja-manja diatas hamparan pasir bersama teman sambil menunjukkan siapa yang paling berbahagia.

Disamping itu, Pantai Pok Tunggal memungkinkan siapa saja untuk melakukan banyak hal, termasuk bagi mereka yang gemar menjelajah dan mencoba menghayati setiap sudut keindahan. Menariknya, disini juga ada mata air tawar yang berasal dari bawah tanah yang khas dengan daerah karst. Pastikan energi tetap tersisa hingga sampai dibukit sebelah barat dan lihatlah betapa panorama pantai ini lebih indah dari sudut ini.

Adalah ide yang menarik jika bersedia melanjutkan petualangan hingga di balik tebing sebelah timur. Apabila beruntung, Anda akan disambut oleh beberapa primata liar yang melompat-lompat kesana kemari. Pemandangannya juga tak kalah eksotik, sementara pasirnya cukup landai, tempatnya juga cukup ideal untuk berenang.

Apapun kegiatan yang ingin Anda lakukan, pastikan saja untuk bertahan hingga senja. sebagai penutup lihatlah betapa pantai ini mampu menawarkan nuansa matahari terbenam yang mengagumkan. Boleh juga memaksimalkan pengalaman wisata dengan bermalam di pantai ini. Tentunya, malam hari hingga datangnya pagi, pantai ini memiliki warna tersendiri untuk setiap pengunjungnya.

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Sejauh ini Pantai Pok Tunggal adalah pantai yang terus berkembang. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang, baik domestik maupun mancanegara, fasilitas pantai pun ditingkatkan.

Saat ini banyak tersedia warung makanan yang berjejer di pinggir pantai dan telah lengkap juga dengan tempat beristirahat semacam gazebo serta payung pantai. Gazebo maupun payung tersebut disewakan dengan biaya Rp 20.000.

Fasilitas untuk kebutuhan dasar seperti kamar mandi dan tempat ibadah juga tersedia. Selain itu, bagi yang ingin bermalam bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat dengan biaya berkisar Rp 60.000. Bagi yang kurang nyaman bermalam di tenda ada juga beberapa homestay atau penginapan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal : Mengingat pantai ini masih satu kesatuan dengan beberapa pantai lainnya, jadi biaya masuk dirangkum menjadi satu yakni berkisar Rp 10.000. Biaya parkir Rp 3.000 untuk roda dua, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk minibus. Apabila ingin bermalam di area camping dikenakan biaya kisaran Rp 5.000Rp 10.000.

Rute & Maps Pantai Pok Tunggal

Pantai ini terletak sangat dekat dengan Pantai Indrayanti serta beberapa pantai lainnya. Jadi apabila ingin pergi kesini bisa menggunakan rute yang sama dengan Pantai Pulang Sawal (Indrayanti). Dari pusat kota Jogja, pantai ini berjarak kurang lebih 70 kilometer, membutuhkan durasi berkisar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Yogyakarta, lanjutkan perjalanan hingga ke Wonosari, Gunung Kidul. Dari kota tersebut, terus ke arah selatan yaitu arah ke Pantai Baron hingga sampai di pertigaan besar di Desa Mulo. Lurus saja ke arah Pantai Baron. Setelah melalui pos retribusi temukanlah pertigaan, belok ke kiri. Apabila menemukan papan penunjuk jalan Pantai Pok Tunggal, ikuti saja petunjuknya karena lokasi pantai sudah dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *