Pantai Sadranan Yogyakarta – Molek Panoramanya, Indah Bawah Lautnya

Pantai Sadranan. Jelajah wisata di Yogyakarta seolah tidak akan ada habisnya. Sebagai daerah yang terlanjur istimewa, Jogja selalu siap menampung keserbajenisan wisatawan. Siapapun dan berapapun durasi liburan mereka, Jogja senantiasa terbuka menyambut kekaguman siapa saja.

Bagi yang menyukai wisata pantai, selain ke Pantai Parangtritis, cobalah untuk ke Kabupaten Gunungkidul. Pilihlah satu dua dari puluhan pantai yang tersedia atau langsung menuju ke Pantai Sadranan yang beralamatkan di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sadranan adalah tentang salah satu pantai di antara sekian pantai yang terhampar di selatan Pegunungan Seribu. Ini adalah pantai berpermukaan landai dengan hamparan pasir putih nan lembut yang berpadu dengan kejernihan biru kehijau-hijauan air laut.

Warna alam pantai ini cenderung sumringah yang seolah siap membahagiakan siapa saja. Bukan tentang keeksotikan tebing-tebing karang seperti di Pantai Kesirat. Namun lebih menawarkan kemolekan dari gradasi warna pasir dan lautnya.

Keberadaan bukit karang berselimut hijau di lepas pantainya, seolah menjadi pembatas antara laut dangkal dan laut dalam. Di permukaan laut dangkal itulah keindahan pantai ini terasa. Kejernihan air bak kristal mampu menghadirkan kemolekan terumbu karang yang ada di dasarnya.

Hal ini berarti juga bahwa Pantai Sadranan menyimpan pesona bawah laut yang akan memanjakan setiap pengunjungnya. Selain di Pantai Nglambor, pantai ini adalah surga bagi pecinta aktivitas diving dan snorkeling di Yogyakarta.

Pantai Sadranan Yogyakarta

Perihal namanya, Sadranan mengingatkan kita dengan budaya Nyadran masyarakat Jawa. Tradisi tersebut, salah satunya difungsikan untuk merefleksikan kerukunan dan kebersamaan demi mencapai keharmonisan hidup.

Refleksi keharmonisan cukup kentara di pantai ini. Selain sebagai obyek wisata, Sadranan juga sebagai tempat mencari nafkah penduduknya. Selebihnya, pantai ini juga menjadi tempat kegiatan religi berupa ritual sedekah laut untuk mensyukuri keberlimpahan hasil laut.


Aktivitas Wisata di Pantai Sadranan

Berlibur ke Pantai Sadranan yang paling penting dipersiapkan adalah kegembiraan dan banyak-banyak rasa ketakjuban. Apa yang biasanya dilakukan di pantai-pantai lain, umumnya bisa dilakukan di pantai ini.

Hanya saja sebagai saran awal, masukilah ketenangan dan lupakanlah segala bentuk hiruk-pikuk yang ada di pikiran. Jadilah beruntung untuk selanjutnya bersyukur akan nikmat-Nya hingga Anda diperkenankan hadir dan bermanja dalam nuansa keindahan.

Seperti yang telah disebutkan di awal, pantai ini adalah salah satu surga bagi pecinta aktivitas snorkeling. Jadi sobat tahu yang harus dilakukan. Masukilah kejernihan air itu dan lihatlah betapa sekujur mata Anda dimanjakan oleh kemolekan ragam terumbu karang dan biota laut lainnya.

Sementara itu, tetap perhatikanlah bahwa ikan-ikan cantik juga menari dan berlarian ke sana-kemari. Kelincahan mereka seolah khusus menghibur setiap pandangan yang sadar akan keindahan.

Ingin Berenang? Bermainlah sepuasnya. Tersenyumlah lepas bersama sahabat sembari berlomba menunjukkan siapa yang paling bergembira. Abadikan keceriaan itu, terutama ketika atmosfir kebahagiaan perlahan klimaks dan tetaplah beretika.

Bagi sebuah keluarga, pantai ini juga cukup aman bagi anak-anak kecil untuk bermain air mengingat laut dangkalnya cukup luas. Hanya perlu diperhatikan pasang surutnya air laut adakalanya berubah-ubah.

Berlagak malas di hamparan pasir juga bukan ide yang buruk. Bisa juga bermain dan berkreasi dengan membentuk pasir sesuai imajinasi Anda. Lebih ideal jika berjalan dan menyusuri pesisir sembari menghayati setiap sudut alam yang membangun pantai ini.

Tetaplah teliti terhadap spot-spot tercantik dan abadikanlah. Selebihnya, lakukan apa saja. Setidaknya bertahanlah sampai pada keeksotikan warna alam saat matahari perlahan terbenam. Lagi-lagi, bersyukurlah!

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan
sumber : @siscarosalinda

Fasilitas Wisata di Pantai Sadranan

Meski belum sepopuler dua pantai tetangganya, Pantai Pulang Sawal dan Pantai Krakal, pantai ini telah didukung dengan fasilitas yang sangat lengkap. Mungkin inilah adalah sisi optimis pengelola dengan harapan di kemudian hari bisa menjadi salah satu tujuan utama para pelancong Jogja.

Beragam fasilitas telah tersedia, tidak terkecuali penyewaan alat snorkeling dan perahu kayak atau kano. Di pinggiran pantai juga telah tersedia banyak saung atau gazebo untuk berteduh dan bersantai. Banyak juga tersedia warung makanan dan minuman, termasuk cafe dan restauran.

Selebihnya ada tempat ibadah, lahan parkir yang luas, serta kamar mandi atau toilet berair bersih. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah penginapan dengan harga terjangkau. Untuk beberapa alasan, bisa juga jika lebih menghendaki bermalam dengan camping di pinggir pantai.

Rute Pantai Sadranan Jogja
sumber : @soniseptiyanda

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 10.000
Parkir Roda 2 Rp. 2.000
Parkir Roda 4 Rp. 5.000
Alat Snorkeling ± Rp. 50.000
Sewa Kayak/Kano ± Rp. 50.000
Sewa Gazebo ± Rp. 30.000
Sewa Tenda ± Rp. 50.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Peta Lokasi & Rute Pantai Sadranan

Apabila lalu lintas normal, umumnya dari Yogyakarta ke pantai ini membutuhkan durasi perjalanan berkendara sekitar 2 jam. Dari Jogja, mulailah perjalanan ke arah Wonosari atau melalui Imogiri-Panggang.

Lanjutkan ke selatan yakni ke arah Pantai Baron. Setelah melalui pos retribusi, jika menemukan pertigaan lurus saja menuju ke Pantai Krakal. Pantai Sadranan ada di sebelah timur pantai tersebut.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *