Pantai Samuh Nusa Dua, Bali – Indah Sunrisenya, Menawan Bawah Lautnya

Pantai Samuh. Memilih Kawasan Wisata Nusa Dua ketika berwisata ke Pulau Dewata adalah ide sempurna. Terkhusus bagi sebuah wisata keluarga yang mana anak-anak terlibat di dalamnya. Selain diklaim sebagai kawasan pantai terbersih di Bali, pantai Nusa Dua juga menawarkan alunan ombak yang tenang dengan hamparan pasir putih yang memanjakan.

Nusa Dua memiliki beberapa pantai. Sebagian telah dituliskan sebelumnya, yakni Pantai Mengiat dan Pantai Geger. Masih ada pantai lain yang tak kalah menawan, salah satunya adalah Pantai Samuh atau sering juga disebut Pantai Segara Samuh. Karena berada di kawasan International Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, tidak jarang juga disebut Pantai Nusa Dua.

Secara administratif pantai ini berlokasi di Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Samuh adalah pantai yang indah, tidak hanya lanskap pemandangannya saja, namun juga di kedalaman lautnya. Sangat direkomendasikan untuk mengunjunginya. Sebagai bekal informasi, pastikan tuntas membaca artikel ini untuk mengetahui daya tarik, HTM, serta fasilitas wisatanya.

Pantai Samuh Nusa Dua
sumber: @vitoriasilvaphoto

Aktivitas & Daya Tarik Pantai Samuh

Kawasan Nusa Dua dikenal menawarkan hamparan pasir putih yang bersih dengan gelombang air yang sangat bersahabat. Seperti itu juga gambaran Pantai Samuh yang terletak bersebelahan dengan Pantai Mengiat ini. Berenang dan bersantai di tepi pantai sudah menjadi semacam tradisi wisatawan di sini. Atau, mungkin saja Anda lebih tertarik susur pantai untuk menemukan sudut keindahan yang berbeda.

Terserah bagaimana Anda mengatur kedatangan, namun pastikan saja berada di pantai pagi hari. Matahari terbit di Pantai Segara Samuh sangat menakjubkan, sayang jika terlewatkan. Adapun ketika sore hari, saat air laut surut, Anda bisa menjelajah ke tengah laut. Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang membiarkan anak-anak mereka bermain sepuasnya, menjejaki pasir yang basah hingga ke tengah laut.

Pemandangan pantai ini juga diperkaya dengan keberadaan Pulau Nusa Darma yang bersebelahan dengan Pulau Peninsula yang terkenal dengan spot waterblownya. Ada jogging track yang mengarah ke Pulau Peninsula. Sehingga wisatawan bisa berjalan kaki atau bersepeda dengan nyaman. Selain itu, Pantai Segera Samuh juga bersebelahan dengan Tanjung Benoa yang terkenal sebagai pusat watersport di Bali.

Selebihnya, Samuh adalah pantai yang cantik luar dalam. Selain lanskap pemandangan yang menawan, bawah lautnya juga mengagumkan. Pantai ini juga merupakan tempat pelestarian terumbu karang, eskosistem pesisir, dan biota laut. Spot utamanya bernama Bali Underwater Cultural Park (BUCP) yang berjarak 500 meter dari pinggir pantai dengan kedalaman mencapai 11 meter dari permukaan laut.

Yang menarik dari BUCP, spot snorkeling ini dibangun sebagai konservasi keanekaragaman hayati laut dan budaya. Di dalamnya dihiasi oleh karya seni, salah satunya patung penari, sebagai tempat menanam terumbu karang sehingga bentuk terumbu karang terlihat lebih cantik dan indah. Jika tertarik, di pantai ini sudah ada penyewaan peralatan diving dan snorkeling, lengkap dengan guide dan instrukturnya.

Samuh Beach Nusa Dua Bali
sumber: @cestlavie1306

Fasilitas Wisata & HTM Pantai Samuh

Nusa Dua adalah kawasan pariwisata bertaraf internasional, sehingga setiap objek wisata di Nusa Dua umumnya memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk fasilitas dasar, lahan parkirnya luas serta memiliki sejumlah toilet atau kamar mandi. Untuk konsumsi, banyak tersedia rumah makan, kafe, hingga restoran. Untuk akomodasi, ada beragam jenis penginapan, salah satunya hotel bintang lima tidak jauh dari bibir pantainya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di sekitar pantai juga telah tersedia tempat penyewaan alat snorkeling dan diving. Jika ingin membeli oleh-oleh, banyak juga toko souvenir yang berjajar di sepanjang jalan ke arah pantai. Berwisata ke Pantai Samuh tidak dipungut biaya, tiket masuknya gratis. Biaya mungkin hanya untuk parkir kendaraan dan penyewaan fasilitas penunjang wisatanya saja.


Peta Lokasi & Rute ke Pantai Samuh

Lokasi pantai ini mudah di jangkau. Dari Bandara Ngurah Rai, hanya dibutuhkan waktu berkendara sekitar 20 menit melalui Bali Mandara Toll Road. Ketika sudah berada di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Anda harus melalui security check. Kemudian lanjut melalui bundaran BTDC, melewati Museum Pasifika dan Devdan Show Nusa Dua Theatre dan tiba dilokasi. Manfaatkan peta berikut untuk mempermudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *