• sumber : malangtoday.net

Pantai Sendangbiru – Salah Satu Pantai Populer di Kabupaten Malang

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Sendangbiru adalah sebuah pantai yang terletak di pesisir selatan Malang. Pantai yang berada di tepi Samudera Indonesia ini tepatnya terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Adalah sebuah sendang (sumber mata air) yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini. Sendang yang airnya berwarna biru itu terletak dibawah bukit sekitar 1 kilometer sebelah barat pantai. Sebenarnya dikawasan pantai ini terletak dua sendang. Selain Sendangbiru ada juga Sendanggambir, hanya saja debit airnya lebih kecil.

Seperti umumnya sebuah pantai, Sendangbiru tetap hadir dengan panorama khasnya pantai. Hamparan pasir pantai dengan gradasi air laut yang semakin biru dan jernih. Sekilas warna-warninya perahu para nelayan yang berjejer dibibirnya, cukup sempurna melengkapi lanskap pemandangan.

Hanya saja, pandangan Anda tidak bisa bebas ke laut lepas karena terhalang oleh pulau sepanjang 4 kilometer. Itulah Pulau Sempu, sebuah surga yang saat ini benar-benar terlarang mengunjunginya. Untuk menjaga kealamiannya, untuk menjaga identitas kesurgaannya.

Disamping itu, Sendangbiru adalah pantai yang sibuk. Selain penuh dengan perahu-perahu, dipantai ini juga ada tempat pelelangan ikan (TPI). Oleh karena kesibukannya sebagai tempat bersandar dan beraktivitasnya para nelayan, keelokan pantai ini pun berkurang, bahkan terjadi abrasi cukup parah di sisi barat pantai.

Aktivitas di Pantai Sendang Biru

Sebagai pantai yang sibuk, Pantai Sendang Biru memiliki banyak cara untuk menyibukkan para pengunjungnya. Wisata naik perahu adalah pilihan sempurna, selain duduk menghabiskan waktu melihat kesibukan nelayan dan menikmati Pulau Sempu dari kejauhan.

Dengan berperahu, pengunjung bisa berkeliling pantai ataupun ke tengah laut untuk menikmati pemandangan bawah laut yang jelas terlihat, tempat dimana ikan-ikan kecil juga beraktivitas disela-sela karang. Selain berperahu, berenang dan memancing pun bisa dilakukan.

Bagi yang ingin berbelanja ikan, pergi ke pasar ikan untuk mendapatkan beragam ikan dengan harga yang jauh lebih murah. Namun tentu saja, harga bergantung pada musim. Umumnya jika ombak sedang tinggi, harga ikan pun ikut tinggi.

Pergi ke Pantai Sendang Biru, usahakan datang diwaktu yang tepat. Setiap tahunnya, masyarakat pesisir disini juga memiliki budaya tersendiri. Pada tanggal 7-8 Syawal, mereka berduyun-duyun mengambil air dari mata air tawar di Pulau Sempu yang dipercaya bisa menyembuhkan. Adapun pada 27 September, disini biasanya diadakan Tradisi Petik Laut.

Tiket & Fasilitas Pantai Sendangbiru

Mengingat kesibukannya, tentu banyak tersedia fasilitas yang disediakan di Pantai Sendang Biru. Diatas juga telah dikatakan bahwa pantai ini memiliki Pasar Ikan serta bisa dimungkinkan wisatawan menyewa perahu untuk berkeliling.

Pengunjung bisa memilih perahu yang ingin digunakan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Untuk perahu bermotor biasanya ditarif dengan harga Rp 100.000, sementara perahu dayung bisa disewa dengan tarif Rp 50.000.

Selain fasilitas diatas, Pantai Sendang Biru juga menyediakan fasilitas umum seperti, kamar mandi, shelter, mushola, menara pandang, pusat informasi serta banyak tersedia warung penjual makanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendangbiru : Umumnya pantai-pantai yang ada di Malang Selatan bisa dinikmati dengan harga tiket yang murah, tidak terkecuali pantai ini. Pengunjung bisa berwisata ke Pantai Sendang Biru dengan hanya membayar Rp 5.000.

Rute & Maps Pantai Sendangbiru

Secara umum, rute perjalanan ke pantai-pantai di selatan Malang bisa ditempuh melalui jalan yang sama. Hal ini dikarenakan semua pantai berada di garis pantai yang sama, melalui Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang.

Jadi, ketika berminat wisata pantai di Malang, bisa berkunjung ke beberapa pantai sekaligus. Mengingat pantai Malang berjumlah puluhan, tentu saja semua selalu bergantung pada durasi liburan Anda.

Dalam hal ini, jarak antara Kota Malang dan Pantai Sendangbiru berkisar 70 km dengan durasi perjalanan kurang lebih 2 jam. Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Turen. Sesampainya di Turen, belok lagi ke selatan ke arah Sumbermanjing Wetan.

Teruskan perjalanan hingga sampai di persimpangan Sendang Biru. Disana telah tersedia papan penunjuk jalan ke pantai-pantai yang ada. Ikuti saja penunjuk ke arah Pantai Sendang Biru karena lokasi pantai sudah sangat dekat. Di bawah ini adalah peta petunjuk jalan dari Kota Malang ke Pantai Sendang Biru :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *