• sumber : agiewidyanto.blogspot.com

Pantai Siung – Tempat Ideal untuk Panjat Tebing di Yogyakarta

posted in: Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Pantai Siung. Seperti yang telah disinggung pada artikel sebelumnya mengenai Pantai Jogan yang menjadi tetangga bagi pantai ini, Gunungkidul adalah sudut Jogja yang cukup kentara dengan pesona alam pantai. Pantai Siung adalah satu diantara sekian pantai yang memiliki kekhasan tersendiri. Berkunjung ke pantai ini bisa menjadi opsi terbaik untuk melengkapi petualangan wisata Anda. Apabila berminat, silakan meluncur ke Dusun Wates, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Meskipun masih mengusung tipikal ombak pantai selatan yang cenderung besar, Pantai Siung unik melalui desain alam yang didominasi tebing-tebing karang raksasa. Itulah mengapa pantai ini menjadi tempat ideal bagi para penggila panjat tebing dengan varian jalur pemanjatan mencapai 250 jalur berstandar internasional. Cikal bakal penamaan pantai ini pun bermula dari keberadaan batu karang yang menyerupai siung wanara (gigi kera).

Karang Siung yang menjorok kelaut tersebut masih tetap bertahan dan menjadi saksi kejayaan masa lalu pantai ini meskipun sejak dulu selalu diterjang besarnya ombak. Dalam kesejarahannya, wilayah Pantai Siung menjadi salah satu pusat perdagangan Gunung Kidul di masa para wali. Di wilayah Winangun yang tak jauh dari pantai terdapat sebuah pasar dan ditempat ini pula tinggal Nyai Kami dan Nyai Podi, istri abdi dalem Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta.

Selain tebing-tebing karang, komposisi alam pantai ini juga diwarnai oleh hamparan pasir putih yang terjaga kebersihannya. Kehijauan tetumbuhan tetap menyelimuti sebagian besar perbukitan, sementara semakin molek dengan gradasi birunya laut yang berpadu dengan putihnya riak ombak. Sebelum sampai dilokasi pantai pun, dalam perjalanan setiap pengunjung sudah dimanjakan dengan pesona perbukitan kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati.

Aktivitas di Pantai Siung

Pantai Siung adalah pantai yang eksotik sehingga menjelajah adalah aktivitas menarik untuk dilakukan. Selagi energi masih segar cobalah untuk melebar ke berbagai sudut yang membangun keindahan pantai ini. Pilihlah bukit karang yang paling ideal untuk didaki dan rasakanlah betapa ketika sampai diatas, Anda seolah yang paling beruntung bisa melihat lanskap pemandangan dengan lebih sempurna. Beristirahatlah di ketinggian sembari tak berhenti mengagumi alam.

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi para wisatawan untuk berenang dan bermain air di bibir pantai. Dalam hal ini, tempat ideal untuk lebih dekat dengan air adalah di sekitaran gugusan bukit karang. Anda bisa juga mencobanya, membaur dan merasakan atmosfir bahagia orang-orang yang melakukannya. Selanjutnya, merebahkan diri di keteduhan sembari bermalas-malasan di atas pasir adalah ide bagus. Pantai ini telah lengkap dengan payung-payung pantai yang dapat disewa.

Suka Panjat Tebing? Jangan sia-siakan kesempatan untuk mencoba olahraga menantang itu disini. Pilihlah salah satu dari 250 jalur pemanjatan yang paling ideal untuk kemampuan Anda. Tebing-tebing karang itulah daya tarik utama pantai ini sehingga pantai ini pun semakin populer, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Tidak sedikit pelancong asing yang juga turut mencoba olahraga panjat tebing di pantai ini.

Terlanjur terpikat dengan Pantai Siung? Boleh juga memaksimalkan liburan dengan bermalam di penginapan yang tersedia atau dengan mendirikan tenda. Hanya perlu diperhatikan, apabila berniat mendirikan tenda di sekitaran pantai supaya tetap menjaga kebersihan, terutama tidak menyisakan sisa-sisa kayu bakar setelah sebelumnya membuat api unggun. Untuk mendirikan tenda disini akan dikenakan biaya Rp 10.000 yang dimaksudkan sebagai biaya pemeliharaan obyek wisata.

Fasilitas di Pantai Siung

Seiring popularitas Pantai Siung yang terus meningkat sebagai salah satu obyek wisata populer di Yogyakarta, banyak investor yang menanamkan modal untuk pembangunan pantai ini. Sejauh ini fasilitas sudah sangat memadai, termasuk adanya penginapan, rumah makan, kamar mandi, lahan parkir yang luas, tempat ibadah (mushola), serta pendopo.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung : Biaya masuk pantai ini sudah termasuk biaya retribusi dua pantai lainnya, yakni Pantai Jogan dan Pantai Nglambor. Untuk menikmati ketiga pantai tersebut hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 ditambah biaya parkir di masing-masing pantai yang umumnya berkisar Rp 5.000Rp 10.000.

Rute & Maps Pantai Siung

Dari Kota Jogja berjarak kurang lebih 70 kilometer dengan durasi perjalanan berkisar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Jogja, lanjutkan perjalanan ke Wonosari, Gunung Kidul. Lanjutkan perjalanan ke selatan arah Pantai Baron.

Ketika sampai di pertigaan mulo, ambil arah ke Menthel, Cabean, Bintaos hingga ke Tepus dan pertigaan Pule. Belok ke kiri menuju Desa Tepus dengan melewati Puwodadi dan lanjutkan hingga pertigaan Nagun, belok ke kanan dan sampailah Anda di pos retribusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *