Pantai Sobo, Banyuwangi – Indahnya Sunrise Berlatarbelakang Pulau Bali

Pantai Sobo. The Sunrise of Java sangat melekat sebagai julukan Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya yang berada di ujung paling timur Pulau Jawa, sehingga menjadi daerah yang pertama kali terkena sinar matahari terbit (sunrise) di Pulau Jawa.

Pantai merupakan salah satu tempat paling ideal untuk menikmati keindahan matahari terbit. Selain Pantai Boom, di dekat Kota Banyuwangi juga ada Pantai Sobo yang menawarkan kemolekan pagi dengan latar belakang Pulau Bali.

Liburan ke Banyuwangi, sempatkanlah waktu berkunjung ke pantai ini. Lokasinya dari pusat kota juga tidak terlalu jauh, kurang lebih 5 km. Pantai Sobo terletak di Desa Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Ada pemukiman nelayan di sekitar pantai ini. Ada tempat penjemuran hasil laut di dekatnya, sehingga bau amis cukup melekat di beberapa sudut. Meski demikian, secara keseluruhan pantai ini menawarkan citarasa alam tersendiri, indah ketika pagi.

Satu hal yang ikonik dari Pantai Sobo adalah keberadaan bangunan yang menjorok ke laut. Seperti rumah yang memiliki dermaga, mungkin bekas tambak udang yang lama tidak digunakan. Memang pantai ini dekat sekali dengan tambak udang hanya dibatasi jajaran pohon bakau.

Sejauh ini bangunan tersebut menjadi tempat strategis untuk menikmati pantai ini. Terkadang pengunjung menaikinya agar mendapatkan pemandangan laut yang lebih sempurna. Terutama jika datang di saat yang tepat, pagi hari saat mentari perlahan menampakkan diri.

Pantai Sobo
sumber : @local_trip

Fasilitas di Pantai Sobo

Pantai ini cenderung sepi pengunjung, sehingga fasilitas yang ada tidaklah terlalu lengkap. Namun, kalau hanya fasilitas dasar, ada beberapa warung makanan dan minuman di sekitarnya. Ada juga lahan parkir yang luas, kamar mandi, hingga lahan untuk berkemah.

Harga Tiket Masuk Pantai Sobo : Gratis!

Sobo Beach Banyuwangi
sumber : @nugrahacakra

Lokasi & Rute Menuju Pantai Sobo

Dari Kota Banyuwangi, pantai ini bisa dicapai dengan mudah menggunakan mobil atau sepeda motor. Anda bisa menggunakan rute melalui perempatan BNI 46, belok ke timur, ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan, belok ke kanan.

Lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan lagi (tower pemancar) dan belok ke kiri. Ikuti saja jalan itu sampai di sebuah pemukiman. Temukan jalan kecil ke arah timur ke arah pantai. Agar tidak salah masuk gang, tanyakan pada warga setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *