Pantai Sukamade, Banyuwangi – Yang Molek, Rumah Bertelur Para Penyu

Pantai Sukamade. Pantai merupakan tujuan wisata populer di kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi. Beragam pantai indah senantiasa tersaji untuk memanjakan para penikmatnya. Ada Pantai Boom yang terdekat dari pusat kotanya, ada juga Pantai Bangsring yang terkenal keindahan bawah lautnya.

Masih banyak lagi wisata pantai Banyuwangi yang umumnya tersebar di pesisir selatannya. Beberapa pantai terindah bisa ditemukan di Taman Nasional Meru Betiri. Salah satunya adalah Pantai Sukamade yang menghadirkan keunikan alam tersendiri. Pantai molek inilah yang disebut sebagai surga penyu di Banyuwangi.

Berwisata ke Banyuwangi tidaklah lengkap sebelum berkunjung ke Sukamade. Pasalnya, pantai ini bersama dengan Pantai Plengkung dan Gunung Ijen termasuk dari Triangle Diamonds. Istilah tersebut mewakili tiga tujuan wisata utama Banyuwangi yang lokasinya jika ditarik garis lurus akan membentuk segitiga.

Pantai Sukamade
sumber : www.wwf.or.id

Surga Penyu Bertelur di Banyuwangi

Pantai yang ditemukan Belanda tahun 1927 ini merupakan satu dari dua tempat penyu bertelur di Banyuwangi, selain di Pantai Ngagelan. Ada yang menyebutkan di sinilah habitat penyu terbesar di Indonesia. Selama ribuan tahun penyu-penyu raksasa dari Samudera Hindia dan Samudera Pasific bertelur di Sukomade.

Dalam sehari penyu-penyu yang mendarat bisa mencapai 80 ekor. Hanya saja, akhir-akhir ini jumlahnya terus menurun, tinggal belasan ekor saja. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya kapal nelayan yang menggunakan penerangan berlebih. Karena takut cahaya, kebanyakan penyu pun batal mendarat di pantai ini.

Melihat fenomena tersebut akhirnya diberlakukan larangan menyalakan lampu agar pantai tetap gelap gulita. Kondisinya diusahakan sealami mungkin dengan harapan penyu-penyu bersedia mendarat kembali di pantai ini. Di antara empat spesies penyu yang bertelur di Sukomade, Penyu Hijau lah yang paling umum.

Selain Penyu Hijau, ada juga Penyu Sisik, Penyu Slengkrah dan Penyu Belimbing. Spesies penyu yang terakhir disebutkan adalah yang paling unik karena tanpa cangkang (tempurung). Selain itu, Penyu Belimbing merupakan penyu terbesar. Panjangnya bisa mencapai 1,8 meter dengan berat bisa mencapai 700 kg.


Aktivitas di Pantai Sukamade

Oleh karena menjadi rumah bagi keserbajenisan penyu, aktivitas favorit di Pantai Sukamade adalah yang berhubungan dengan penyu. Nikmatilah wisata alam penuh kesan dengan melihat para penyu bertelur di pantai. Bahkan, setiap pengunjung bisa mengikuti kegiatan ranger (petugas) dalam pengelolaan penyu.

Sukamade Beach
sumber : @ngelencerbwi

Sobat traveler bisa mengikuti tur dengan pemandu. Umumnya tur dimulai saat malam hari sekitar pukul 19.30 ketika penyu-penyu mulai naik ke pantai. Dalam kegelapan, berjalan beriringan bersama rombongan yang lain melakukan pencarian penyu bertelur. Di larang menyalakan senter agar tidak mengganggu mereka.

Rombongan wisatawan wajib menunggu, sementara para petugas berkeliling pantai dengan melihat jejak penyu di pasir. Ketika petugas menemukan, rombongan disuruh mendekati untuk melihat penyu betina yang sedang bertelur. Melihat bagaimana mereka berusaha bertelur, menutupinya dengan, hingga kembali ke laut.

Selanjutnya, aktivitas yang tak kalah menariknya adalah mengikuti acara pelepasan tukik (anak penyu) ke laut. Setiap pengunjung bisa ikut dengan memberi donasi secukupnya. Pelepasan tukik bisa kapan saja, pagi hingga sore hari dengan syarat tukik sudah berusia lebih dari 7 hari setelah menetas.

Kegiatan lain di pantai ini adalah menikmati keindahan alam pantainya, menjelajah dan menemukan sudut-sudut terindah untuk diabadikan. Jika durasi liburan kali ini panjang, berkunjung ke Sukomade bisa dijadikan satu paket wisata dengan pantai lain di TN Meru Betiri, yakni Teluk Ijo dan Rajegwesi.


Fasilitas di Pantai Sukamade

Fasilitas yang ada di Pantai Sukomade cukup memadai meskipun tidak bisa dikatakan lengkap. Untuk akomodasi ada dua pilihan penginapan, di desa dan di sekitar pantai. Selain itu ada juga camping ground bagi traveler yang lebih suka menginap dengan mendirikan tenda.

Fasilitas lain berupa tempat ibadah (Mushola), kamar mandi umum dan warung yang umumnya hanya buka di hari-hari libur saja. Karena lokasinya di tengah hutan, listrik sangat terbatas di pantai ini. Tidak ada jaringan listrik, para petugas menggunakan genset untuk kebutuhan listrik.

Biaya Wisata & Harga Tiket Pantai Sukamade :

Keterangan Harga
Tiket Masuk TN Meru Betiri ± Rp. 7.500
Parkir Mobil ± Rp. 15.000
Ranger Pantai (per klmpk) ± Rp. 100.000
Pelepasan Tukik (per klmpk) ± Rp. 50.000
Pengamatan Satwa (per org) ± Rp. 10.000
Penginapan + Sarapan ± Rp. 100.000
Sewa Jeep Bywi + Sukamade PP (5-6 org) ± Rp. 1.500.000
harga bisa berubah sewaktu-waktu
Pantai Sukamade wisata alam Banyuwangi
sumber : banyuwangibagus.com

Lokasi & Rute Pantai Sukamade

Lokasi Pantai Sukamade :Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Dengan mempertimbangkan sulitnya medan yang harus dilalui. Saran terbaik untuk pergi ke pantai ini adalah menyewa mobil double gardan dari Banyuwangi. Jadi, Anda tinggal menikmati perjalanan, sangat berkesan terutama ketika masuk wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

Meski tidak disarankan, bisa juga menggunakan angkutan umum dengan dua jalur yang bisa digunakan. Pertama; dari Banyuwangi naik bis tujuan Terminal Jajag dan turun di Terminal Pesanggaran. Lanjut naik angkutan umum ke Rajegwesi untuk kemudian naik ojek ke Desa Sukamade.

Jalur kedua adalah jika naik kereta dan turun di Stasiun Kalibaru. Teruskan perjalanan dengan menaiki bus jurusan Banyuwangi – Jajag. Dari Kecamatan Jajag naik bus lagi menuju Terminal Pesanggaran. Kemudian bisa naik angkutan ke Rajegwesi dan naik ojek motor ke Desa Sukamade.

Untuk diketahui, lokasi pantai dari pos di Desa Sukomade masih sekitar 5 km. Kondisi jalan dari Rajegwesi ke Sukomade total offroad, bahkan harus menyeberangi sungai. Jika menggunakan motor, perlu naik rakit/gethek dengan biaya Rp 5.000. Oleh karena itu disarankan sewa mobil double gardan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *