Pantai Suluban Uluwatu Bali – Spot Surfing Dengan Goa dan Tebing Karang

Kawasan Pecatu demikian baik mendefinisikan moleknya alam budaya Bali. Pura Uluwatu, salah satu ikon wisata Bali berada di areanya. Selain itu, perbentengan tebing terjal menjulang yang membatasi laut dengan desa adat ini juga menyimpan jajaran pantai menawan. Salah satunya adalah Pantai Suluban.

Pantai Blue Point atau Blue Point Beach merupakan nama lain Suluban Beach Bali. Kalangan turis mancanegara yang menamainya, karena di atas bukit pantai ini berdiri sebuah hotel bernama Blue Point. Julukan ini menjadi sangat populer lantaran sebagian besar pengunjung pantai adalah wisatawan mancanegara.

Jika ada rencana wisata ke Pulau Bali, adalah ide bagus jika melebar ke Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali. Kunjungi Pantai Suluban yang berjarak dekat dengan Pantai Labuan Sait atau Pantai Padang Padang. Sekitar 10 menit berkendara dari Pura Luhur Uluwatu atau 15 menit dari Pantai Dreamland Bali.

Pantai Suluban Pecatu Bali
credit: flickr/alex hanoko, CC BY-ND 2.0

Daya Tarik Suluban Beach Bali

Pantai di Pecatu Bali semuanya indah, tidak terkecuali Pantai Suluban Uluwatu. Mengusung lanskap yang khas dengan perbentengan tebing karang, pantai ini unik dengan terowongan batu mirip goa namun berlantai pasir. Melalui lorong tersebut merupakan syarat wajib bagi traveler yang ingin mengunjunginya.

Ada yang mengatakan bahwa nama Suluban berasal dari kata “mesulup“. Kata dalam bahasa Bali ini kurang lebih bermakna “lewat di bawah sesuatu“. Nama ini mengisyaratkan bahwa pantai ini menempati dasar tebing dan untuk mencapainya memang harus melalui sela-sela tatanan bebatuan karang yang besar.

Selain unik karena tersembunyi atau tertutupi oleh tebing, daya tarik Pantai Suluban Pecatu adalah ombak. Gelombang laut besar, panjang dan barel yang konsisten seolah menjadi magnet tersendiri yang mampu menarik banyak kunjungan wisatawan mancanegara. Inilah surga tersembunyi para surfer di Bali.

Jika Anda adalah traveler penyuka olahraga selancar, Suluban Beach Uluwatu adalah salah satu destinasi terbaik Bali. Jadi, datang dan lakukanlah kegemaran Anda itu!. Waktu terbaik untuk berselancar adalah pada kisaran bulan April-Agustus, musim ketika ombak mencapai puncak ketinggian dan keindahan.

Aktivitas selain surfing adalah bersantai dan berjemur di hamparan pasir pantainya yang putih bersih. Menikmati panorama pantai dengan bentangan laut yang mempesona. Airnya yang jernis seolah hadir dalam dua warna, cenderung kehijauan pada perairan dangkal dan biru tua pada perairan dalamnya.

Cara terbaik lainnya untuk menikmati pantai ini adalah menjadi tamu dari cafe yang berada di atas tebing. Dengan ditemani sajian kuliner yang tersedia, Anda bisa dengan leluasa menikmati pemandangan laut dari atas ketinggian. Untuk memanjakan tamunya, kafe tersebut juga memiliki kolam renang kecil.

Karena menghadap ke barat, momen matahari terbenam atau sunset juga terlihat indah dari kawasan pantai ini. Selain itu, pemandangan sunset terbaik Bali juga terletak tidak jauh, yakni di Pura Uluwatu. Ide yang sempurna jika menjadikannya satu paket wisata. Jika kurang, kunjungi juga Pantai Padang Padang.

Pantai Suluban Beach Pecatu
credit: flickr/Aleksandr Zykov, CC BY-SA 2.0

Fasilitas Wisata & Akomodasi

Menempati kawasan wisata terkenal di Pulau Dewata Bali, fasilitas wisata Pantai Suluban Uluwatu sangat lengkap dan memadai. Karena surfing merupakan kegiatan favorit, wisatawan dengan mudah mendapatkan alatnya. Banyak toko-toko yang menjual papan surfing, banyak pula yang menyewakannya.

Untuk menikmati kuliner, beragam jenis kafe dan restoran tersedia yang umumnya menawarkan pemandangan laut yang indah. Wisatawan bisa memesan menu sesuai selera, mulai dari makanan khas Indonesia hingga makanan internasional. Tidak sedikit pula tempat makan dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas lainnya adalah toko suvenir dan lahan parkir yang luas. Tiket masuk Pantai Suluban Bali gratis, hanya membayar parkir kendaraan, sekitar 5K untuk sepeda motor dan 15K untuk mobil. Untuk tempat menginap, banyak penginapan atau hotel di Pecatu Bali. Lihat daftarnya melalui tombol berikut ini:

Surfing Pantai Suluban Beach Bali
credit: unsplash/@raychaser

Lokasi Pantai Suluban Pecatu

Pantai ini beralamatkan di Jalan Pantai Suluban, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya mudah dan masih satu rute dengan Labuan Sait – Padang Padang Beach. Anda bisa mencapainya dengan berkendara selama kurang lebih 40 menit dari Bandara Ngurah Rai. Lihat Peta Rute.

Dari Bandara Ngurah Rai, lanjutkan perjalanan ke arah Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK). Melewati tempat wisata tersebut, terus ikuti Jalan Raya Uluwatu untuk kemudian belok ke kanan menuju Jalan Labuan Sait. Di ujung jalan ini ada pertigaan, belok kiri ke arah Pantai Padang Padang, beloklah ke kanan.

Perlu diketahui, berwisata ke Pantai Suluban Bali cukup menguras tenaga. Untuk mencapai bibir pantai, Anda perlu berjalan menuruni anak tangga sejauh 200 m dari area parkir kendaraan. Kemudian ada lagi beberapa anak tangga yang lebih kecil dan sempit, serta melewati lorong bebatuan karang besar berlantai pasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *