Pantai Sumenggung, Malang – Pantai Cantik yang Ideal untuk Rockfishing

Pantai Sumenggung. Oleh karena beberapa alasan, pantai yang namanya jarang terdengar bisa lebih memicu gairah wisata sang petualang. Sebelumnya memang telah di posting perihal Pantai Tersembunyi Malang Selatan, namun itu belumlah mencakup semuanya.

Selain dalam daftar tersebut, masih banyak pantai yang jarang diketahui keberadaannya, satu diantaranya adalah Pantai Sumenggung. Satu dari sekian pantai tersembunyi yang bisa dijumpai di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Tahukah Anda! Sumenggung bertetangga dekat dengan salah satu pantai populer di Malang, yakni Pantai Goa Cina. Saking dekatnya, dari Goa Cina pantai ini bisa dikunjungi hanya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit saja. Atau, jika berkendara cukup memutar sejauh 4 kilometer ke arah timur.

Namun begitulah, Pantai Goa Cina lebih populer karena banyak hal, termasuk sejarahnya. Adapun Pantai Sumenggung cenderung diam dalam kemolekannya. Tentu! Sumenggung tetap mengusung keeksotikan khas Pantai Malang Selatan.

Pasir putih nan lembut terhampar di permukaannya yang tak luas, sementara gelombang ombak cukup labil, kadang tenang kadang menggila. Jika berenang adalah gaya wisata Anda, waspadalah akan kemungkinan-kemungkinan bahaya.

Pantai Sumenggung Malang Selatan
sumber : @ayodolan

Adapun jika suka memancing, Sumenggung adalah semenanjung kecil sebagai surganya aktivitas rockfishing. Kekhasan pantai ini terutama diperkuat oleh pulau kecil di seberangnya.

Melebarlah hingga bisa memastikan benar-benar penghayatan terhadap pantai ini. Ketahuilah bahwa Pantai Sumenggung adalah tempat ideal untuk menikmati saat-saat matahari terbit dan terbenam.

Terserah bagaimana cara terbaik mengatur kedatangan, usahakan bisa menikmati salah satunya, terbit ataupun terbenamnya sang mentari. Hanya saja, jika ingin berkemah dengan fasilitas yang mencukupi bisa di Pantai Goa Cina, kecuali jika Pembaca menyukai malam penuh keterbatasan.

Pantai Sumenggung Malang
sumber : @rifkydoglekk

Lokasi & Rute Pantai Sumenggung

Jika telah mantab pergi ke pantai ini, bersiaplah untuk menempuh perjalanan setidaknya 75 km dari Malang. Perjalanan ini membutuhkan durasi kurang lebih 3 jam berkendara melalui jalan pegunungan yang berliku-liku naik dan turun.

Itu jika Pembaca memilih jalur ke Pantai Sendangbiru melalui Turen. Untuk saat ini, mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan rute Pantai Balekambang melalui Gondanglegi atau Kepanjen.

Apapun rute yang dipilih akan mengantarkan Anda ke Jalan Lintas Selatan. Jika menggunakan rute Sendangbiru, sampai di pertigaan bisa belok ke kanan, sementara jika memilih rute Balekambang, sampai di perempatan pintu masuk pantai, beloklah ke kiri.

Semua rute akan mengantarkan Anda ke Pantai Goa Cina sebagai pintu masuk Pantai Sumenggung. Hal ini juga berarti tiket masuknya juga menjadi satu dengan Pantai Goa Cina.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *