• sumber : facebook.com/PantaiTambakAsri/

Pantai Tambak Asri, Malang – Pantai Perawan nan Menawan

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Tambak Asri. Sebagai salah satu surga wisata pantai di Jawa Timur, hampir selalu saja ada pantai baru di Kabupaten Malang. Hanya sebagian kecil saja yang populer, sementara sebagian besarnya masih jarang diketahui. Sebagai misal adalah Pantai Tambak Asri yang dikenal juga sebagai Pantai Perawan Sidoasri. Saking tersembunyinya, bahkan masyarakat Malang sendiri jarang ada yang mengetahuinya. Berminat datang? Kunjungi pantai ini di Desa Sidoasri, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Perihal namanya, disebut Pantai Tambak Asri karena awalnya menjadi bagian dari Desa Tambakasri. Selanjutnya, terjadilah pemekaran wilayah sehingga pantai ini kini berada di Desa Sidoasri. Adapun sebutan Pantai Perawan mewakili kondisi alamnya yang masih alami dan jarang terjamah oleh para pelancong pantai yang umumnya menyerbu Pantai Populer Malang. Selain Pantai Tambakasri, di Desa Sidoari juga ada beberapa pantai, salah satunya adalah Pantai Klatakan.

Perihal keindahannya, bahkan setiap pengunjung akan dimanjakan alam sejak dalam perjalanan. Hamparan perkebunan cengkeh, kopi, coklat dan kelapa terhampar dan berpadu dengan latarbelakang moleknya jajaran pegunungan. Meski kondisi jalan cukup memprihatinkan, namun tidak menanjak sejak satu kilometer sebelum masuk pantai. Dari sini akan terlihat pohon bakau dan pohon kelapa yang berjajar sebagai pintu masuk alam pantainya.

Pantai Tambak Asri memiliki bentuk seperti cekungan yang diapit dua buah teluk. Hamparan pasirnya yang cenderung kecoklatan itu terhampar sejauh kurang lebih dua kilometer, lembut dan bersih jauh dari kesan sampah. Adalah Pulau Yangke, sebagai pulau karang besar yang melengkapi pemandangannya, selain menjadi pelindung pantai dari sapaan keras gelombang laut khas laut selatan.

Warna laut yang membiru, perbukitan yang menghijau, bebatuan karang yang elegan, serta warna pasir kecoklatan yang khas turut mendefinisikan keeksotikan Pantai Perawan. Nuansa menenangkan cukuplah terasa, karena selain kondisi pantai yang sepi, semilir angin beserta harmoni suara alam yang ada mampu membuat siapapun tenang dalam balutan rasa manja. Tidak jarang, para penyu singgah untuk bertelur dan lumba-lumba juga kadang memasukinya.

Rute & Maps Pantai Tambak Asri

Pantai ini terletak kurang lebih 70 kilometer dari pusat Kota Malang dan membutuhkan sekitar 3 jam perjalanan berkendara. Dari Malang lanjutkan perjalanan ke arah Turen dan disini setidaknya ada dua opsi rute yang bisa dipilih. Pertama, mengambil arah ke Pantai Sendangbiru hingga sampai dipertigaan beloklah ke kiri ke arah Klepu hingga menemukan jalan ke Desa Sidoasri.

Rute kedua, dari Turen bisa berlanjut ke arah Dampit dan meneruskan perjalanan ke selatan melalui Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo, teruskan ke selatan menuju Desa Sidoasri. Di desa tersebut, temukanlah petunjuk jalan menuju Pantai Tambak Asri yang terkadang juga ditulis dengan nama Pantai Perawan. Adalah ide bijak jika Anda menyempatkan diri untuk bertanya warga setempat.

Oleh karena jalan menuju pantai ini cukup terjal dan sulit lagi sempit. Usahakan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja setelah sebelumnya dipastikan benar kondisi kendaraannya. Lokasi pantai ini sepi dan jauh dari pemukiman, jadi bawalah bekal makanan karena tidak ada warung atau fasilitas lainnya. Sangat ditekankan untuk sering bertanya ke warga sekitar mengenai jalan ke pantai ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *